Seri One Piece karya Eiichiro Oda sudah berjalan lebih dari 20 tahun lamanya. Selama 20 tahun lebih berjalan, Oda Sensei menghadirkan banyak hal yang menarik, unik, serta luar biasa di dalam ceritanya. Kita bisa melihat bagaimana perubahan dunia terjadi serta perkembangan karakter yang cukup signifikan. Dunia pun kini berada di ambang perubahan besar.

Dalam dunia One Piece, Oda memperkenalkan mengenai kekuatan besar yang mengatur keseimbangan dunia. Mereka adalah angkatan laut, Shichibukai, dan juga para Yonko. Seperti yang sudah kita ketahui, Yonko merupakan istilah untuk menyebutkan empat orang bajak laut penguasa samudera. Mereka adalah penguasa wilayah di New World, dan bajak laut terkuat.

Yonko sendiri memiliki wilayah kekuasaannya masing-masing di New World, dan dengan kekuatan dahsyat yang mereka miliki, wajar jika mereka adalah ancaman terbesar bagi Pemerintah Dunia. Banyak yang berteori bahwa Yonko sendiri adalah sebuah sistem yang dibuat oleh Pemerintah Dunia, yang mana artinya bisa jadi adanya pergantian (rolling) dari titel ini.

Dan hal ini sudah kita lihat dengan adanya pergantian anggota dari Whitebeard ke Blackbeard, setelah Whitebeard tewas di Marineford. Namun, yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apakah sistem Yonko ini akan terus berjalan sampai akhir cerita? Dari apa yang terjadi dalam beberapa chapter terakhir di arc Wano, kemungkinan sistem Yonko ini tidak akan bertahan lama.

Hancurnya Sistem Yonko

Setelah lebih dari puluhan tahun sistem Yonko bertahan di dunia One Piece, saat ini sistem tersebut berada di ujung kehancuran. Dan yang “ironisnya” adalah kehancuran dari sistem Yonko ini bukan terjadi akibat pihak angkatan laut atau Pemerintah Dunia atau oleh Yonko lainnya. Kejatuhan sistem Yonko ini bisa terjadi akibat tiga orang bajak laut.

Tiga orang bajak laut tersebut berasal dari era baru, di mana mereka selalu dipandang sebelah mata karena dianggap belum terlalu kuat atau kurang berpengalaman. Untuk pertama kalinya, bajak laut dari generasi baru mampu memberikan perubahan signifikan terhadap dunia tersebut. Hal ini bisa kita lihat dari kekalahan dua orang Yonko.

Dalam arc Wano Country kita melihat bagaimana makhluk paling kuat di dunia, Kaido, dan sosok kuat lainnya, Big Mom, berhasil untuk mereka kalahkan. Big Mom akhirnya kalah di tangan dua bajak laut muda, Trafalgar Law dan juga Eustass Kid. Sedangkan, Kaido sendiri akhirnya kalah di tangan sang protagonis utama Monkey D. Luffy.

BACA JUGA: One Piece: 9 Misteri Wano yang Masih Gantung!

Kekalahan dari Kaido dan Big Mom oleh generasi baru bajak laut ini akan membuka mata semua pihak. Selain itu, merekalah yang kemudian akan memimpin perubahan besar yang terjadi di dunia. Era Yonko sendiri saat ini sudah mulai hancur. Pasca arc Wano Selesai, dunia tidak akan sama seperti sedia kala.

Nasib Para Yonko di One Piece

Pertanyaan besarnya kemudian adalah bagaimana nasib Yonko lainnya pasca hal ini? Kekalahan Big Mom dan Kaido jelas akan menggemparkan semua orang, termasuk pihak Pemerintah Dunia. Namun, menarik tentunya untuk melihat apa yang kemudian menjadi langkah mereka selanjutnya menanggapi hal tersebut.

Pemerintah Dunia mungkin saja akan mencari pengganti dari Kaido dan Big Mom. Hal ini bukan pertama kali terjadi, di mana mereka mengganti sosok Whitebeard dengan Blackbeard pasca kematiannya. Artinya mungkin ada kandidat lain yang bisa mengisi posisi Big Mom dan Kaido, misalnya adalah Law dan Kid.

Kemungkinan lainnya adalah Pemerintah Dunia mungkin akan membubarkan sistem Yonko, seperti yang mereka lakukan terhadap Shichibukai. Namun, meskipun sistem Yonko ini bubar sepertinya Pemerintah Dunia tetap tidak akan ikut campur untuk mengatasi atau berhadapan dengan para Yonko. Mereka tahu sekuat dan sedahsyat apa level kekuatan Yonko.

Para Yonko ini akan kembali menjadi “bajak laut” seperti para Shichibukai di mana mereka akan menjadi incaran banyak pihak. Selain itu, pertarungan antar Yonko juga rasanya tidak akan terhindarkan. Seperi yang kita ketahui, dengan kekalahan Kaido dan Big Mom maka posisi Yonko hanya tersisa dua orang saja yaitu Shanks dan Blackbeard.

Kedua karakter tersebut merupakan rival, di mana Shanks selalu berusaha untuk menghentikan langkah Blackbeard. Shanks tahu bahwa Blackbeard memiliki niat jahat yang bisa membawa kehancuran bagi dunia ini. Karena itulah pertarungan antara Shanks dan Blackbeard rasanya akan menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan. Jadi, kesimpulannya, sistem Yonko kemungkinan akan hancur dan dua Yonko sisanya akan saling bertarung satu sama lain.

Mereka akan kembali menjadi sosok “bajak laut” yang menjadi incaran banyak pihak. Kemungkinan lainnya adalah kita akan kembali melihat bagaimana para generasi baru ini menghancurkan dua Yonko lain. Hal ini karena mereka memiliki tujuan yang sama yaitu menghancurkan dan mengalahkan semua Yonko. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan nasib para Yonko dalam chapter selanjutnya.