Wano Country jadi jalan cerita yang paling panjang dan paling lama di sepanjang seri One Piece saat ini. Bahkan, arc Wano mengalahkan Dressrosa yang sebelumnya menjadi arc terpanjang di serinya. Alur ceritanya sendiri sudah berjalan lebih dari dua tahun, di mana ceritanya sendiri bermula pada pertengahan 2018. Sudah ada 200 lebih chapter yang muncul dari arc ini.

Salah satu bukti bahwa arc Wano adalah arc panjang, Oda Sensei membagi ceritanya menjadi tiga babak. Dan saat ini kita sedang berada di babak ketiga. Masih belum informasi apakah babak ketiga merupakan babak terakhir, atau ada babak lainnya yang muncul. Dengan ceritanya yang sangat epik dan panjang, tentunya ada banyak hal yang dihadirkan di arc ini. Sebagian dari ceritanya masih menjadi misteri. Berikut adalah berbagai misteri Wano yang belum terjawab.

Lokasi Road Poneglyph Kaido

Road Poneglyph adalah kunci bagi bajak laut yang ingin pergi atau berpetualang menuju Laugh Tale. Tanpa mengetahui apa isi dari Road Poneglyph, besar kemungkinan mereka tidak akan pernah sampai dan menemukan Laugh Tale. Hal ini karena Road Poneglyph berisi petunjuk mengenai bagaimana cara menuju Laugh Tale. Sejauh ini sudah ada tiga Road Poneglyph yang dihadirkan.

Berdasarkan info yang ada salah satu dari empat Road Poneglyph tersebut ada di Wano – tepatnya di Onigashima. Tetapi, kita masih belum mengetahui di mana letak Road Poneglyph tersebut. Law sempat menemukan sebuah Poneglyph di sebuah ruangan di istana Kaido, tetapi ternyata itu bukanlah Road Poneglyph. Kemungkinan Road Poneglyph tersimpan di ruang rahasia di istana Kaido atau tersimpan di suatu tempat di Wano.

Alasan Kaido Berada di Wano

Ini menjadi salah satu teka-teki terbesar yang ada di sepanjang arc Wano. Para fans sendiri masih menebak-nebak apa alasan Kaido sejak awal berada di Wano. Seperti yang Geeks ketahui, sejak 20 tahun yang lalu Kaido sudah menduduki wilayah tersebut. Namun, alasan mengapa Kaido kemudian mengincar Wano sampai saat ini masih menjadi misteri. Dalam kilas balik di chapter 1049 kemarin, terungkap bahwa Higurashi kemungkinan yang mengundang Kaido ke Wano.

Namun, tidak ada penjelasan sama sekali mengenai alasan mengapa kemudian dia tinggal di Wano. Berdasarkan dari percakapan Kaido dengan Yamato, ada sesuatu yang sangat signifikan tentang negara Wano. Meskipun belum ada konfirmasi terkait hal ini, namun bisa jadi alasan mengapa Kaido berada dan tinggal di Wano ada kaitannya dengan cerita legendaris Joy Boy.

Harta Karun Besar Wano

Wano memang merupakan sebuah wilayah yang penuh dengan misteri. Contohnya adalah negara ini menjadi satu-satunya wilayah yang terisolir dari dunia luar. Mereka pun memutuskan untuk menutup perbatasan wilayahnya demi sebuah alasan tertentu. Namun, yang juga sempat menjadi bahan perbincangan adalah bagaimana Wano dahulunya merupakan sebuah tempat yang penuh dengan emas.

Hal ini pun sepertinya terkonfirmasi oleh Big Mom. Sebelum dia masuk ke lubang yang ada di bawah tanah, Big Mom sempat teringat akan harta karun milik Roger. Menurut Big Mom, sebagian harta karun tersebut ada di negara Wano. Para fans sendiri kemudian menyimpulkan bahwa harta karun Roger tidak hanya tersimpan di Laugh Tale, tetapi juga tersebar di mana-mana. Mengingat Luffy mungkin tidak akan kembali ke Wano, rasanya sekarang adalah waktu yang pas untuk mengungkapkan misteri besar tersebut.

BACA JUGA: One Piece: Para Pemilik Kekuatan Rokushiki!

Ruangan Rahasia Boneka Kokeshi

Pada chapter 934 kemarin, Brook sempat menggunakan kekuatan buah iblis miliknya untuk kemudian menyusup ke ruang bawah tanah di istana Orochi. Terdapat sebuah Poneglyph misterius yang tersimpan di ruangan tersebut, dan dikelilingi oleh banyak boneka kayu. Boneka kayu tradisional Jepang tersebut bernama “kokeshi.” Dengan Orochi yang sekarang sudah tewas, artinya kelompok Topi Jerami bisa pergi ke ruangan tersebut dan mencari tahu Poneglyph apa yang tersimpan di sana. Mungkin saja isi dari Poneglyph tersebut ada kaitannya dengan rahasia besar negara Wano atau mungkin itu adalah Road Poneglyph yang selama ini mereka cari.

Nasib Kedua Kelompok Bajak Laut di One Piece

Setelah kekalahan dua kapten mereka, Big Mom dan Kaido, nasib dari dua kelompok bajak laut Yonko tersebut masih menjadi tanya besar. Dengan pengecualian sosok Perospero, mayoritas dari kelompok bajak laut masih tertinggal di air terjun perbatasan Wano. Setelah King yang sebelumnya menjatuhkan kapal Big Mom tersebut, Marco kembali melakukannya saat dia tiba di Wano.

Tentunya menarik untuk melihat apa yang akan terjadi kepada kelompok Big Mom. Dengan kalahkanya Big Mom, apakah Katakuri yang kemudian akan mengambil alih kelompok ini? Bagaimana dengan kelompok bajak laut Beast. Ada puluhan ribu kru yang kemudian menantikan nasib dari sang kapten. Meskipun begitu, kecil kemungkinan kelompok Beast akan bubar. Mungkin saja Yamato yang kemudian akan mengambil alih posisi sang ayah.

Sosok Misterius Yang Membantu Red Scabbards

Ketika nyawa dari para Red Scabbards hampir saja melayang dalam pertarungan melawan Kaido, mereka semua kemudian berhasil dipindahkan oleh teknik Shambles milik Law. Mereka kemudian bersembunyi di sebuah ruangan. Kita pun kemudian dikejutkan dengan kemunculan sosok misterius dalam siluet yang kemudian membantu merawat luka para Red Scabbards.

Yang masih menjadi misteri adalah siapa sebenarnya sosok misterius tersebut? Apakah memang merupakan Kozuki Toki? Apakah Kozuki Hiyori? Atau justru kita diperkenalkan dengan karakter baru lainnya? Banyak para fans yang mencoba menebak siapa sosok tersebut berdasarkan siluet yang dihadirkan. Sebagian fans sendiri berpendapat bahwa sosok misterius itu adalah Hiyori. Namun, tentunya perlu ada konfirmasi jelas terkait hal ini.

Nasib Kozuki Toki di One Piece

Kozuki Toki merupakan istri dari Kozuki Oden, di mana diketahui dia berasal dari 800 tahun yang lalu atau pada saat abad yang hilang. Toki memiliki kemampuan buah iblis Toki Toki no Mi di mana dia bisa pergi ke masa depan. Inilah yang membuat Toki bertemu dengan Kozuki Oden. Tetapi, setelah Oden tewas, Kozuki Toki pun menghilang.

Dia diketahui menggunakan kekuatan buah iblisnya di saat terakhir. Apakah Toki memang sudah tewas? Apakah dia pergi ke masa yang akan datang? Apa sebenarnya tujuan kemunculan Toki? Mengapa dia sangat ingin pergi ke Wano? Apakah dia sosok yang menyelamatkan para Red Scabbards? Menarik tentunya untuk menggali lebih dalam tentang Toki.

Zoro dan Malaikat Maut 

Setelah bertarung menghadapi King dalam sebuah petarungan epik, Zoro pun kemudian tidak sadarkan diri. Namun, setelahnya, Zoro kemudia melihat sosok malaikat mau di hadapannya. Hal inilah yang masih menjadi misteri besar, apakah itu semua merupakan ilusi atau benar-benar terjadi. Zoro sendiri saat itu masih berada di bawah pengaruh obat yang Miyagi berikan untuk memulihkan kekuatannya.

Mungkin, apa yang Zoro lihat tersebut merupakan efek samping yang muncul ketika dia menggunakan obat tersebut. Selain halusinasi, mungkin efek sampingnya adalah bagaimana dia akan merasakan sakit berkali-kalilipat setelahnya. Dalam chapter 1050 kemarin kita melihat bagaimana Franky membawa Zoro dalam keadaan tidak sadarkan diri.

Nasib Big Mom dan Kaido di One Piece

Ini adalah salah satu hal yang perlu untuk segera terungkap dalam ceritanya. Sosok Luffy pada akhirnya berhasil untuk mengalahkan makhluk paling kuat di dunia, Kaido. Bukan hanya berhasil mengalahkannya, Luffy juga berhasil “menguburnya” jauh di bawah tanah wilayah Wano. Dan pada chapter 1050 nampak Kaido tenggelam dan terbawa arus magma bawah tanah yang kemudian memunculkan erupsi di Wano.

Bukan hanya Kaido, ternyata yang juga tenggal di lautan magma tersebut adalah Big Mom. Big Mom harus terjerembab ke bawah tanah Wano setelah berhasil dikalahkan oleh Law dan Kid. Meskipun sudah dinyatakan kalah, para fans sendiri masih penasaran mengenai bagaimana nasib dari keduanya. Hal ini mengingat mereka harus tenggelam di lautan magma, yang mana secara logika seharusnya mereka sudah tewas.

Cerita yang besar dan luas di arc Wano memang sangat menarik dan juga epik. Hal ini menjadi bukti bahwa memang arc Wano menjadi arc penting di serinya, sekaligus menjadi arc paling besar dibandingkan arc sebelumnya. Tetapi, sayangnya, ada banyak misteri yang juga muncul berbarengan dengan cerita tersebut. Mudah-mudahan saja Oda Sensei akan membeberkan hal tersebut di akhir ceritanya.