Sebagai sosok dewa petir, Thor tentunya memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang mengalir di dalam tubuhnya. Dengan kekuatan dahsyat tersebut sudah banyak musuh yang berhasil dia taklukan. Selain itu, kekuatan yang dia miliki pun sering kali digunakan untuk melindungi bumi dari berbagai serangan yang mengancam. Selain kekuatan fisik dan sihir, Thor juga identik dengan palu Mjolnir.

Tidak jarang Mjolnir menjadi faktor kemenangan atau kekalahan darinya saat bertarung. Berbicara mengenai hal tersebut, dalam cerita di Marvel Comics tidak jarang Thor harus merasakan kekalahan dalam pertarungan yang dia alami. Kekalahan tersebut bahkan diakibatkan oleh sesama pahlawan. Berikut adalah para pahlawan super yang pernah mengalahkan Thor.

Hulk

Thor dan Hulk sudah sangat sering bertarung di sepanjang kemunculannya di Marvel Comics. Pertarungan pertama Hulk dan Thor sendiri terjadi pada 1963 dalam komik The Avengers #3. Meskipun pertarungan mereka biasanya berakhir dengan imbang atau salah satu dari mereka pergi/kabur, namun sempat ada yang dinyatakan menjadi pemenangnya.

Advertisements

Hal ini muncul dalam cerita Hulk: Let the Battle Begin pada 2010 lalu. Ketika keduanya saling bertarung, Hulk biasanya mencoba untuk berada di posisi yang menguntungkan dengan menjauhkan Thor dan Mjolnir. Namun, hal tersebut adalah sesuatu yang hampir mustahil untuk Hulk lakukan. Namun, dalam pertarungan tersebut Hulk meremukan pergelangan tangan Thor sehingga Mjolnir menyerang pemiliknya sendiri. Efeknya, ia pun kemudian tidak sadarkan diri.

Phoenix Five

Dalam cerita Avengers vs. X-Men yang muncul pada 2012 silam, sesuatu yang aneh harus menimpa tim mutan X-Men. Salah satu kekuatan kosmik terbesar di universe Marvel, Phoenix, dengan cepat mendekati bumi. Para Avengers dan X-Men pun berdiskusi untuk menangani situasi tersebut. Sayangnya, tidak ada kesepakatan yang muncul dari kedua belah pihak.

Avengers ingin kekuatan tersebut musnah, sedangkan para mutan ingin mengendalikannya. Pada akhirnya, Iron Man berhasil untuk menghancurkan Phoenix dan para mutan pun menyerap kekuatannya. Dalam cerita tersebut, Thor harus kalah beberapa kali oleh pengguna kekuatan Phoenix seperti Cyclops, Colossus, Emma Frost, dan Magik. Terbukti kekuatan kosmik Phoenix terlalu kuat untuk Thor.

Black Bolt

Symbiote adalah salah satu kekuatan yang kuat sekaligus mengerikan. Bukan hanya mereka mampu mengendalikan inangnya, namun juga mereka bisa melakukan sesuatu yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Hal ini terjadi dalam seri What If…? Vol.2 #4. Dalam ceritanya, Symbiote diperlihatkan menyatu dengan Spider-Man. Hal tersebut membuat para Avengers berusaha untuk menyelamatkan Spidey.

Advertisements

Sayangnya, tidak mudah untuk melakukan hal tersebut di mana Hulk sendiri gagal melakukannya dan justru menjadi inang selanjutnya. Ketika Thor muncul dia justru menjadi bulan-bulanan bagi Spidey dan Hulk. Black Bolt pun kemudian menggunakan kekuatannya untuk meredakan situasi tersebut. Dengan teriakannya, Black Bolt ternyata membuat sekitarnya kalah termasuk Thor.

BACA JUGA: Mengenal “Kembaran” Gorr di Marvel Universe!

Hercules

Sebagai putra dari Zeus sang dewa Yunani, Hercules memiliki banyak kesamaan terutama dalam hal kekuatan. Mulai dari stamina, daya tahan, sampai kecepatan pun sama-sama mereka miliki. Hercules dan Thor pernah saling bertarung sebelumnya dalam komik Journey Into Mystery Annual #1. Dalam komiknya Hercules muncul sebagai sosok yang mencoba menghalangi Thor yang hendak menyebrangi sebuah jembatan.

Keduanya kemudian saling ejek sampai pertarungan fisik pun akhirnya tidak terhindarkan. Pertarungan tersebut berakhir dengan Zeus yang memisahkan mereka berdua. Namun, pertarungan mereka kembali berlanjut dalam komik The Mighty Thor #126 di mana Hercules memukul teman wanita dari Thor. Hercules sendiri kemudian memenangkan pertarungan tersebut. Yang perlu menjadi catatan adalah saat itu Thor sebenarnya tidak dalam kekuatan penuh setelah Odin mengambil beberapa kekuatannya.

Scarlet Witch

Dalam komik Uncanny Avengers Vol. 1 #4 Red Skull diceritakan berhasil untuk mengambil otak dari Professor X. Dia kemudian mengganti otak miliknya dengan otak milik Professor X. Red Skull kemudian mencoba untuk merekrut Captain America untuk bergabung dengan kampanye anti pahlawan yang dia buat. Tidak hanya itu, Red Skull pun menggunakan kekuatan Professor X untuk mengendalikan Thor.

Akibat hal tersebut New York pun berada dalam kondisi siaga penuh. Thor benar-benar menghancurkan rekan-rekannya seperti Wolverine dan juga Havok. Scarlet Witch kemudian muncul untuk menyelamatkan Thor, di mana dia bekerja sama dengan Havok. Scarlet Witch kemudian menggunakan mantra mematikan miliknya untuk menyadarkan Thor. Meskipun awalnya hal tersebut tidak berhasil, Scarlet Witch kemudian mendapatkan tambahan kekuatan yang membuatnya mampu menerbangkan Thor sampai ke atmosfer. Hal itu memberikan waktu kepada para pahlawan lain untuk berkumpul.

The Ultimates

Cerita kedua dari seri Ultimates berfokus pada para Avengers seperti Thor, Captain America, Giant Man, the Wasp, Iron Man dan Hulk, yang bekerja sama dengan para karakter lain. Contohnya adalah Quicksilver, Scarlet Witch, dan juga Hawkeye. Tujuan mereka adalah mengalahkan Loki yang menggunakan kekuatan sihirnya untuk memanipulasi tim tersebut.

Loki membuat semua orang berpikir bahwa Thor sebenarnya bukanlah dewa. Terpaksa berada dalam posisi sulit, Thor pun mau tidak mau harus bertarung melawan rekan-rekannya sendiri. Dia tidak mau melakukan hal tersebut, sehingga dia tidak melakukan apa pun. Meskipun begitu, Thor menyadari bahwa dia tidak bisa hanya diam. Loki pun memanipulasi realita tersebut membuat Thor tidak berdaya. Akhirnya, dia pun berhasil ditaklukan dan ditangkap oleh the Ultimates.

Ghost Rider

Sosok Ghost Rider memang dikenal memiliki kekuatan yang dahsyat. Karena itulah, wajar jika kemudian dia menjadi salah satu karakter terkuat di jagat Marvel. Salah satu bukti nyata dari hal tersebut muncul di komik The Avengers Vol. 1 #214. Dalam komiknya kita melihat bagaimana Ghost Rider yang berada lepas kendali menyerang Angel dan juga kekasihnya di sebuah gurun pasir. Mengetahui hal tersebut, para Avengers pun mencari keberadaan Ghost Rider.

Di sisi lain, Ghost Rider sendiri berhasil menjebak Captain America dan Tigra menuju sebuah gua. Di dalam gua tersebut mereka kemudian mendapatkan serangan dari Ghost Rider. Iron Man muncul untuk membantu, namun dia dan Thor tidak mampu menghadapi kekuatan dahsyat dari Ghost Rider. Bahkan, Ghost Rider menggunakan Mjolnir untuk melumpuhkannya. Namun, pada akhirnya, Angel berhasil menenangkan Ghost Rider dan kembali ke sosok Johnny Blaze.

Superman

Dalam cerita komik hasil kolaborasi antara Marvel Comics dengan DC Comics, JLA/Avengers, yang dirilis pada 2003 lalu para fans melihat sesuatu yang sangat epik. Dua kelompok pahlawan, Avengers dan Justice League, saling baku hantam. Meskipun dapat dikatakan seimbang, namun Mjolnir sempat memberikan keunggulan bagi Avengers. Bahkan, Thor mampu unggul dari Superman.

Meskipun begitu, kemenangan Thor atas Superman tidak berlangsung lama. Ketika dia hendak menggunakan petir untuk mengalahkan heat vision milik Superman upayanya tersebut gagal. Superman berhasil melayangkan pukulan terbaiknya. Baik Superman dan Thor sendiri kemudian nampak kelelahan dalam pertarungan itu, dan keduanya memutuskan untuk menghentikan pertarungannya. Sampai saat ini, pertarungan tersebut masih menjadi kontroversi besar di kalangan fans.

Doctor Strange

Dalam komik New Avengers #34 kita melihat karakter Daniel Drumm berusaha untuk membalas dendam kematian dari Brother Voodoo. Brother Voodoo sendiri merupakan adik dari Daniel Drumm, yang mengorbankan dirinya demi menyelamatkan bumi. Drumm benar-benar marah terhadap para Avengers dan berusaha memusnahkan mereka semua.

Daniel diperlihatkan berhasil mengalahkan para karakter seperti Red Hulk, The Thing, Luke Cage, dan bahkan Thor. Dengan kekuatan yang dia miliki, Drumm membuat semua pahlawan bertarung menghadapi Doctor Strange. Pada awalnya, Strange berusaha untuk menghabisi mereka sekaligus. Namun, pada akhirnya, Strange berhasil mengalahkan para Avengers tersebut satu persatu termasuk Thor.

Odinson adalah salah satu karakter terkuat di jagat Marvel, dan rasanya semua orang sepakat akan hal tersebut. Namun, meskipun Thor memiliki kekuatan yang dahsyat pada kenyataanya tidak selamanya dia berhasil meraih kemenangan. Ada beberapa momen dan juga faktor yang membuat dia harus mengalami kekalahan.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/