Wano merupakan sebuah wilayah yang penuh dengan misteri dan juga tanda tanya. Salah satu misteri terbesar yang muncul dalam ceritanya adalah alasan mengapa Wano menutup perbatasan mereka. Selain itu, ada juga cerita yang menyebutkan bahwa Wano dahulunya adalah sebuah wilayah yang kaya raya dengan emas yang melimpah. Artinya Wano merupakan tempat penting dan memiliki sejarah panjang di dunia One Piece.

Berbicara mengenai rahasia yang ada di wilayah Wano, ada sebuah hal menarik yang muncul di chapter 1049 kemarin. Setelah pertarungan yang sangat epik dan panjang, pada akhirnya Luffy berhasil untuk menaklukan Kaido. Meskipun Luffy sempat kewalahan dalam menghadapi Kaido, namun dia tidak pernah menyerah. Luffy terus berjuang dan kembali bangkit.

Dan setelah Luffy berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya situasi mulai berbalik. Luffy mampu memberikan perlawanan terhadap Kaido, dan bahkan membuat Kaido terkejut akan kekuatan dahsyat yang Luffy tunjukan. Pada akhirnya, di chapter 1048 kemarin Luffy menghajar Kaido dengan serangan terkuatnya sejauh ini yaitu Gomu Gomu no Bajrang Gun.

Serangan dari Bajrang Gun nyatanya mampu untuk menaklukan Kaido. Bahkan, Kaido sampai masuk ke tanah di Ibu Kota Bunga. Meskipun masih belum ada informasi mengenai kondisi dari Kaido, dan apakah Kaido sudah benar-benar kalah, momen ini bisa dibilang menarik. Mengapa demikian? Ada kemungkinan bahwa Oda mungkin menyimpan “rahasia” di bawah tanah Wano.

Sesuatu di Bawah Wano?

Jika Geeks perhatikan bagaimana cara Kaido kalah ini sangat mirip dengan bagaimana cara Big Mom kalah oleh Kid dan Law. Dengan serangan kombinasi mereka Big Mom berhasil terhempas dari Onigashima, dan bahkan terkubur di bawah tanah Ibu Kota Bunga. Hal ini pun memunculkan pertanyaan besar di kalangan fans. Mengapa Kaido dan Big Mom harus kalah dengan cara terkubur di dalam tanah, khususnya di bawah tanah Ibu Kota Bunga?

Hal inilah yang kemudian memunculkan sebuah spekulasi bahwa kemungkinan ada sebuah “rahasia” di bawah tanah Wano. Seperti yang disebutkan di atas, Wano adalah sebuah wilayah yang sangat berpengaruh dan memiliki sejarah panjang. Dan sejauh ini, Oda Sensei pun masih belum memberikan penjelasan atau informasi yang rinci mengenai wilayah tertutup ini.

Hanya beberapa informasi saja yang sudah Oda hadirkan dalam ceritanya, seperti bagaimana Wano sengaja menutup perbatasan demi mempersiapkan kedatangan Joy Boy. Atau bagaimana Wano dahulunya adalah wilayah yang kaya raya dengan begitu banyak emas. Namun, tentu ada alasan lain mengapa Wano begitu spesial. Sampai-sampai Kaido sengaja datang dan berusaha untuk bisa menaklukan atau menguasai Wano.

Salah satu spekulasi yang menarik mengenai alasan mengapa Kaido dan Big Mom kalah dengan cara terkubur di bawah tanah adalah karena senjata kuno. Seperti yang banyak fans spekulasikan sebelumnya Wano kemungkinan menjadi tempat bagi bersemayamnya salah satu senjata kuno, Uranus. Uranus, seperti yang kita ketahui, masih misterius baik keberadaanya atau pun bentuknya.

Mengapa kemudian spekulasi bahwa salah satu senjata kuno yaitu Uranus ada di Wano bisa muncul? Hal ini ada kaitannya dengan cerita mitologi dari sosok Uranus itu sendiri. Dalam mitologi Yunani sendiri Uranus adalah sosok dewa langit. Artinya, dia bisa mengatur atau mengendalikan cuaca sesuka hatinya. Dan berbicara mengenai langit dan cuaca, hal ini sesuai dengan kondisi di wilayah Wano.

Kondisi Wano di One Piece

Jika Geeks perhatikan, kondisi cuaca di Wano sangatlah misterius. Di berbagai wilayah yang ada di Wano memiliki cuaca yang berbeda dan sangat ekstrem. Misalnya, di wilayah Ringo salju tebal dan cuaca dingin menjadi sesuatu yang sangat menyiksa. Kemudian, di wilayah Udon, kita bisa lihat bagaimana polusi dan juga asap tebal membuat seluruh penduduk di wilayah tersebut menderita.

Selain cuaca ekstrem di berbagai wilayah, kita juga bisa lihat bagaimana kondisi cuaca di laut Wano. Sangat sulit seseorang untuk bisa masuk ke wilayah Wano karena ombak yang besar dan juga petir yang menyambar. Tidak heran jika banyak kapal yang hancur saat berusaha menuju Wano. Hal tersebut tentunya memunculkan pertanyaan apa yang membuat wilayah di Wano bisa seperti itu? Salah satu spekulasinya bisa jadi hal tersebut karena senjata kuno Uranus.

Berdasarkan hal tersebut rasanya wajar jika kemudian Wano menjadi sangat sulit untuk dikunjungi oleh siapa pun. Ada kemungkinan senjata kuno Uranus yang terkubur di Wano tersebut sengaja tetap aktif untuk melindungi para penduduknya. Dan dibutuhkan seseorang untuk kemudian bisa mengendalikan atau mengatur senjata kuno Uranus ini. Apakah sosok tersebut Luffy atau Momonosuke? Masih harus kita nantikan.

Makna Lain

Selain Oda Sensei memberikan petunjuk bahwa ada sesuatu yang sangat luar biasa terkubur di Wano, bisa jadi ada maksud lainnya mengapa Oda menghadirkan dua momen sama tersebut. Lalu, maksud lain apa yang Oda ingin sampaikan? Bisa jadi Oda ingin memberikan petunjuk bahwa sudah waktunya era lama terkubur atau musnah. Seperti yang Geeks ketahui, Kaido dan Big Mom merupakan perwakilan dari era lama.

BACA JUGA: One Piece: Penjelasan Lengkap Transformasi Kaido!

Dan di sepanjang arc Wano pun kita sudah sering melihat bagaimana Oda menghadirkan pesan tentang munculnya era baru yang akan menggantikan era lama. Bahkan, Marco sendiri mengaku bahwa sekarang adalah eranya generasi baru. Buku catatan Kozuki Oden pun mencatat bahwa akan muncul sebuah kekuatan baru yang akan memberikan perubahan besar terhadap Wano dan dunia.

Siapakah kekuatan besar baru tersebut? Tidak lain adalah Luffy dan para Worst Generation yang ada di Wano saat ini. Merekalah yang akan memberikan dan menghadirkan perubahan besar terhadap dunia ini seperti yang sudah diramalkan sebelumnya. Dengan cerita One Piece yang sudah mendekati akhir, Oda sepertinya sudah mulai ingin memperlihatkan tentang pewarisan tekad yang selama ini menjadi salah satu tema utama dari ceritanya.

Dengan “mengubur” Kaido dan Big Mom ke dalam tanah, artinya sudah waktunya era baru mengganti era lama. Dunia pun akan menghadapi sesuatu yang berbeda dengan kemunculan generasi baru ini, yang mana Pemerintah Dunia pastinya akan merasa terancam. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi selanjutnya pada chapter yang akan datang.