Mendekati akhir cerita di arc Chimera Ant dalam seri Hunter X Hunter, Gon akhirnya berhadapan dengan sosok Neferpitou. Setelah mengetahui bahwa sosok teman dan juga figur ayah bagi Gon, yaitu Kite, harus tewas Gon benar-benar kehilangan kendali. Amarah dalam diri Gon benar-benar sulit untuk terkendali, yang mana dia kemudian membuat keputusan yang serampangan.

Gon kemudian membuat kontrak kerja sama Nen yang membuatnya kemudian mampu untuk mengalahkan Pitou. Sayangnya, ada harga yang sangat mahal yang harus Gon bayar untuk kekuatan dahsyat tersebut. Gon harus menyerahkan seluruh masa depannya, yang membuat kecil kemungkinannya untuk bisa terus bertahan hidup. Energi Gon benar-benar terkuras pada momen terakhirnya.

Para ahli Nen sendiri bahkan tidak mampu untuk melepas efek dari perjanjian yang Gon buat sebelumnya. Hanya Nanika, makhluk dari Dark Continent yang bersemayam di tubuh adik Killua, Aluka, yang mampu menyelamatkan Gon. Meskipun Gon rela mengorbankan masa depannya, namun seri ini banyak menghadirkan keajaiban. Hal ini pun memunculkan sebuah pertanyaan besar: Apakah Gon benar-benar sudah kehilangan Nen miliknya?

Penyebab Gon Kehilangan Nen di Hunter X Hunter

Seperti yang ada di poin sebelumnya, Gon sebelumnya membuat sebuah kontrak kesepakatan dengan Nen untuk bisa memiliki kekuatan yang cukup untuk mengalahkan Neferpitou. Yang membedakan antara kontrak milik Kurapika dan Gon adalah apa yang kemudian Gon pertaruhkan demi kontrak tersebut.

Dalam kesepakatannya, Gon bukan hanya mempertaruhkan nyawanya saja melainkan juga Gon rela menyerahkan semua Nen yang dia miliki. Gon benar-benar mengalami peningkatan kekuatan yang sangat drastis dalam waktu singkat karena kesalahan tersebut. Bisa dikatakan itu bukanlah kesepakatan atau kontrak, yang membuat Gon menerima potensi hukuman.

Yang terjadi adalah Gon menukar semua yang dia miliki untuk kekuatan tersebut. Dengan Gon yang sangat marah dan tidak terkendali, dia memang sempat melontarkan perkataan di mana dia sudah tidak perduli lagi mengenai Nen atau nyawa miliknya. Yang hanya dia butuhkan saat itu adalah kekuatan yang sangat dahsyat untuk bisa bisa mengalahkan Pitou.

Ahli eksorsis Nen sekali pun bahkan tidak mampu untuk menghilangkan efek dari kontraknya. Secara teknis, dengan adanya kontrak yang sudah Gon buat dan sepakati artinya Gon kemungkian akan tewas dan ceritanya sendiri mungkin akan menghadirkan sebuah plot twist yang tidak banyak orang duga. Cerita di seri animenya sendiri pun berakhir sebelum kemudian Alluka mengembalikan Gon, dan tidak ada informasi mengenai situasi Nen dari Gon.

BACA JUGA: One Piece: Inikah 5 Arc Baru Setelah Wano?

Namun, dengan kabar kembalinya sang mangaka dan juga berlanjutnya cerita dalam versi manganya membuat situasi ini sedikit membingungkan dan sulit. Setelah berhasil pulih dalam arc Election, Gon kemudian berpisah dengan Gin dan yang lain. Gon kemudian kembali ke Whale Island. Meskipun Gon tetap berkomunikasi dengan sang ayah, nampaknya Gon sama sekali tidak bisa mendekati level kekuatan dari sang ayah.

Apakah Gon Mendapatkan Nen Miliknya Kembali?

Gon kemudian menghubungi Ging setelah dia tidak mampu lagi merasakan auranya. Gon menyatakan bagaimana dia khawatir akan hal tersebut. Dia pun menyakini bahwa Nen miliknya sudah hilang. Namun, hal mengejutkan kemudian terucap cari sosok Ging di mana dia mengatakan bahwa Gon masih belum benar-benar kehilangan Nen miliknya.

Menurut Ging, Nen ada di seluruh unsur makhluk hidup. Hanya saja, yang terjadi kepada Gon adalah dia sudah kehilangan kemampuan untuk mengendalikan dan memanpulasi Nen tersebut. Ging pun kemudian memberikan sedikit saran kepada Gon untuk bisa berbahagia atas hal tersebut.

Menurut Ging, Gon harus berbahagia karena pada akhirnya dia kembali menjadi sosok “normal” dan bisa menentukan apa yang terbaik untuk hidupnya. Ging tidak memberikan saran atau petunjuk apa pun terkait hal tersebut, dan meminta Gon untuk mencari tahu hal tersebut sendiri. Jadi, berdasarkan penjelasannya Gon mungkin sudah kehilangan kemampuan Nen miliknya tetapi tidak sepenuhnya.

Gon hanya kehilangan kemampuan untuk mengendalikan dan memanipulasi Nen tersebut. Sebagian fans berpendapat bahwa dengan Gon kehilangan kemampuan Nen maka artinya ceritanya pun selesai. Namun, kehilangan Gon artinya kehilangan juga inti dari cerita di serinya. Gon hanya benar-benar peduli terhadap orang lain yang membuatnya melakukan tindakan di luar nalar.

Universe dari Hunter X Hunter mungkin memang kejam terkait hal ini, dan memang bisa dipahami mengapa Gon harus menghadapi banyak sekali tantangan terakit hal ini. Ketika ceritanya kembali nanti mungkin kita akan melihat bagaimana usaha lain dari Gon untuk bisa kembali menjadi sosoknya yang seperti dahulu. Dan kali ini, Gon akan benar-benar berubah menjadi sosok yang kuat melalui kerja kerasnya, bukan melalui sebuah kesepakatan Nen.