Melawan Kaido adalah sebuah tugas atau hal yang mustahil bagi sebagian orang. Namun, bukan berarti Kaido mustahil untuk orang lain kalahkan. Kaido memang salah satu orang paling kuat dalam cerita One Piece. Dia bahkan sangat sulit untuk dilukai, berkat haki yang dia gunakan sebagai pelindung tubuhnya. Bekerja sama adalah salah satu cara mengalahkan Kaido.

Untuk itulah Luffy kemudian membuat sebuah aliansi atau persekutuan demi mengalahkan salah satu Yonko tersebut. Bajak laut yang bergabung dengan aliansi Luffy adalah bajak laut Law dan juga Kid. Namun, dengan apa yang terjadi pada chapter terbaru di mana Luffy dan aliansinya berhasil mengalahkan Big Mom dan Kaido, apa yang kemudian terjadi kepada aliansi mereka?

Bagaimana Nasib Aliansi Luffy

Aliansi Luffy yang terdiri dari Kid dan Law ini merupakan aliansi yang paling epik dan paling sukses. Meskipun mereka sama-sama memiliki ego sebagai seorang bajak laut generasi baru dan juga Worst Generation, namun pada akhirnya mereka saling percaya. Tidak pernah ada yang mengkhianati atau berkhianat yang mana inilah menjadi salah satu kunci sukses aliansinya.

Seperti yang mungkin Geeks ketahui, Law sebenarnya adalah sosok yang pertama kali mengusulkan aliansi ini. Hal tersebut terlihat pada chapter 667 kemarin, di mana Law mengajak Luffy untuk beraliansi karena mereka memiliki musuh yang sama, yaitu Kaido. Bukan hanya Law dan Luffy, bajak laut lain pun pada akhirnya membentuk aliansi mereka sendiri di New World. Contoh nyatanya adalah Eustass Kid dan juga Apoo serta yang lain.

Namun, banyak fans yang kemudian menyadari bahwa Kaido bukanlah tujuan utama atau tujuan sebenarnya dari terbentuknya aliansi Law dan Luffy. Lalu, apa yang kemudian menjadi misi utama dari Law membentuk aliansi tersebut? Spekulasi yang banyak beredar di kalangan fans menyebutkan bahwa tujuan utama dari Law adalah mencari arti sebenarnya dari tekad D atau Will of D.

Hal ini pun didukung oleh bukti yang muncul di salah satu chapter di mana Law pergi ke sebuah ruangan rahasia milik Kaido. Di sana, Law sempat menghadirkan sebuah narasi tentang pembicaraannya dengan sosok Corazon pada masa lalu tentang tekad D. Setelah kematian dari Corazon, Law pun kemudian memiliki tekad untuk mencari tahu tentang makna sebenarnya dari hal tersebut. Law penasaran tentang semua hal yang sudah Corazon sampaikan.

Law penasaran apakah memang klan D adalah musuh dari para dewa. Apakah klan D memang akan membawa bencana pada masa yang akan datang, dan sebagainya. Rasa penasaran ini sebenarnya wajar karena, Law sendiri merupakan bagian dari klan D. Yang masih menjadi misteri kemudian adalah mengapa Luffy. Mengapa Law memutuskan untuk memilih Luffy sebagai rekannya di aliansi.

Law dan Luffy

Law merupakan sosok yang penuh dengan berbagai perhitungan, di mana dia sudah merencanakan semuanya dengan matang sebelum beraksi. Mengapa kemudian Law memilih Luffy dan mau menyelamatkan Luffy tentu sudah ada dalam perhitungan Law. Pertemuan keduanya memang terjadi di pulau Sabaody. Setelah itu, keduanya kemudian terpisah karena time-skip.

Namun, meskipun pertemuan mereka singkat Law kemungkinan sudah memperhatikan atau tahu bahwa Luffy bukanlah sosok sembarangan. Apalagi, reputasi Luffy juga cukup tinggi sebagai bajak laut pendatang baru. Kemungkinan lainnya juga adalah Law menyadari bahwa Luffy adalah bagian dari klan D, yang mana hal ini tentu sejalan dengan tujuan utamanya. Jadi, kesimpulannya, kecil kemungkinan aliansi Law ini bubar.

BACA JUGA: Para Aktor Korea yang Gabung ke MCU!

Mengapa demikian? Karena, sedari awal misi utama dari Law membentuk aliansi tersebut bersama Luffy – dan Kid – bukanlah untuk sekedar mengalahkan Kaido. Tetapi, untuk mencari tahu apa arti dari tekad D sebenarnya. Arti dari tekad D sendiri kemungkinan ada di Poneglyph yang ditinggalkan di Laugh Tale. Artinya, Law dan aliansi ini akan terus berjalan sampai tujuan utamanya tercapai.

Bagaimana Nasib Aliansi Kaido dan Big Mom?

Berbeda nasib dengan aliansi Law, sepertinya aliansi Kaido dan Big Mom akan bubar pasca pertempuran di Onigashima. Seperti yang Geeks ketahui, aliansi Big Mom dan Kaido terbentuk juga secara tidak sengaja. Tidak ada yang pernah menyangka bahwa dua sosok kuat ini akan saling bekerja sama setelah mereka menjadi bagian dari kelompok bajak laut Rocks. Misi utama dari Kaido dan Big Mom berbeda dari Law dan Luffy.

Kaido dan Big Mom memiliki mimpi untuk menguasai dunia setelah mereka menemukan One Piece. Bahkan, Kaido ingin menciptakan sebuah dunia yang penuh dengan kekacauan dan peperangan di mana-mana. Sayangnya, mimpi mereka berdua kini harus sirna karena keduanya sudah berhasil untuk ditaklukan oleh Worst Generation. Dan melihat apa yang muncul dalam cerita One Piece, kekalahan tersebut merupakan petunjuk nyata tentang hancurnya aliansi ini. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.