Menjadi raja bajak laut dan menemukan One Piece merupakan impian dari setiap bajak laut di seri One Piece. Namun, tidak mudah tentunya bagi seorang bajak laut untuk bisa menemukan lokasi dari pulau terakhir tersebut. Mereka membutuhkan petunjuk yang bisa mengarahkan mereka ke sana. Inilah alasan mengapa kemudian para bajak laut membutuhkan Road Poneglyph.

Jumlah Road Poneglyph sendiri ada empat buah. Masing-masing Road Poneglyph yang ada di cerita One Piece menghadirkan secara detail lokasi spesifik dari pulau terakhir, Laugh Tale. Setelah semuanya terkumpul, maka seorang bajak laut bisa mendapatkan petunjuk menuju pulau terakhir. Sejauh ini, kelompok Topi Jerami sudah memiliki dua Road Poneglyph.

Di akhir arc Wano, para fans meyakini bahwa Luffy akan menemukan Road Poneglyph yang ketiga. Banyak fans yang meyakini bahwa Road Poneglyph ketiga tersimpan di wilayah Wano secara misterius. Kaido yang menyembunyikan Road Poneglyph tersebut. Namun, di mana pastinya Kaido menyembunyikan Road Poneglyph miliknya tersebut?

Sebelum kemudian membahas mengenai lokasi dari Road Poneglyph, perlu Geeks ketahui juga alasan mengapa kemudian Pemerintah Dunia mengincar wilayah Wano. Di pulau langit, diketahui bahwa batu laut dan juga pulau langit, tercipta karena adanya sebuah zat atau benda bernama “Pryobloin.” Zat ini sendiri sengaja terlempar ke udara oleh gunung berapi.

Dan berdasarkan fakta yang muncul dalam ceritanya, Wano adalah negara asal dari batu laut. Mengapa hal itu bisa terjadi? Alasannya sederhana. Yaitu karena Wano memiliki satu gunung berapi aktif yang ada di tengah-tengah wilayahnya. Nama gunungnya sendiri adalah gunung Fuji. Oda mungkin memang sengaja menghadirkan referensi nama gunungnya dari nama gunung asli yang ada di Jepang.

Poneglyph dan Pyrobloin

Fakta lainnya juga menyebutkan bahwa Poneglyph tercipta di wilayah Wano. Meskipun belum ada konfirmasi resmi, namun ada kemungkinan bahwa Poneglyph juga terbuat dari bahan yang sama yaitu Pryrobloin. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu penduduk pulau langit, ketika Pyrobloin menyatu dengan air yang ada di udara pulau langit pun akhirnya terbentuk.

Pyrobloin sendiri diyakini merupakan sebuah material yang lembut. Namun, ketika kemudian bahan tersebut tercampur dengan material lainnya, yang jauh lebih keras, maka kita akan melihat teknologi batu laut. Pada intinya, Pryobloin merupakan material yang biasa digunakan untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa, kuat, dan kokoh seperti Poneglyph.

BACA JUGA: One Piece: Ini Status Buah Iblis Roger!

Di Mana Road Poneglyph Kaido?

Banyak teori yang kemudian mencoba menjelaskan di mana Kaido menyembunyikan Road Poneglyph miliknya. Dalam artikel sebelumnya, sempat disebutkan bahwa ada kemungkinan jika Kaido menyembunyikannya di salah satu ruangan rahasia di istananya. Ruangan tersebut masih belum tereksplor dalam ceritanya.

Ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa Kaido menyembunyikan Road Poneglyph tersebut di sebuah tempat di luar pulau Onigashima. Spekulasi ini muncul karena Oden mampu mendapatkan salinan informasi Road Poneglyphnya tanpa ada kendala, saat dia sempat kembali ke Wano. Padahal, saat itu kaido dan Orochi sedang berkuasa di Wano. Artinya Oden mengetahui lokasi pastinya dan bukan berada di Onigashima.

Road Poneglyph bisa jadi sudah ada di tempat yang sama sejak 800 tahun terakhir, di lokasi di mana Road Poneglyph tersebut tercipta. Di wilayah Zou, Road Poneglyph tersimpan di atas tubuh seekor gajah raksasa. Sementara, di Wano sendiri kemungkinan Road Poneglyph ada atau tersimpan di dalam sebuah gunung berapi raksasa.

Mengapa kemudian Road Poneglyphnya berada di dalam gunung berapi? Karena, seperti yang ada di poin sebelumnya, Road Poneglyph terbuat dari Pyrobloin yang merupakan material yang berasal dari gunung berapi. Inilah mungkin alasan mengapa Road Poneglyph yang ada di Wano sulit untuk ditemukan.

Bagaimana kemudian Kozuki Oden bisa mendapatkan salinan informasinya, serta bagaimana Luffy akan melakukan hal yang sama memang masih menjadi sebuah misteri. Namun, mungkin ada sebuah jalan atau petunjuk yang membuat mereka bisa pergi ke lokasi ketiga Road Poneglyph tersebut tanpa terluka akibat panasnya gunung berapi. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.