Selain Pemerintah Dunia, angkatan laut menjadi pihak yang sangat menentang keberadaan bajak laut dalam cerita One Piece. Sudah sejak puluhan tahun – atau mungkin ratusan tahun – angkatan laut bertarung melawan berbagai kelompok bajak laut. Sesuatu pekerjaan yang tidak mudah, karena setiap tahunnya ada banyak sekali generasi baru bajak laut yang muncul.

Bukti ketangguhan mereka adalah sampai saat ini angkatan laut masih tetap berdiri, dan terus berusaha untuk menghancurkan para bajak laut yang ada. Meskipun ada bajak laut generasi baru yang memiliki potensi, seperti Coby dan Helmeppo, tetapi para bajak laut generasi lama pun tidak kalah kuat. Salah satunya adalah Kong.

Kong adalah pemimpin atau panglima (Commander-in-Chief) dari seluruh pasukan angkatan laut serta organisasi yang berada di bawah naungan Pemerintah Dunia. Sebelum mengisi posisinya tersebut, Kong sempat mengisi jabatan sebagai Fleet Admiral. Kong menjadi Fleet Admiral saat pedang Edd terjadi 27 tahun lalu, dan juga saat Gol D. Roger dieksekusi pada 24 tahun yang lalu.

Kong merupakan salah satu karakter yang dinantikan kemunculannya, karena sejauh ini dia baru muncul secara sekilas. Selain itu, para fans juga sangat menantikan informasi lengkap mengenai sosok Kong karena Oda Sensei masih belum memberikan informasi apa pun terkait sosok ini. Kita juga tidak pernah tahu sekuat apa sosok Kong, apakah dia memiliki kekuatan buah iblis.

Namun,Meskipun begitu, sebagian fans sendiri beranggapan bahwa sosok Kong adalah angkatan laut yang kuat. Hal ini dilihat dari bagaimana posisinya di Pemerintah Dunia, dan juga melihat bagaimana bekas luka di badannya. Juga, bisa jadi Kong adalah sosok yang sangat berpengalaman di mana sudah banyak bajak laut legendaris yang pernah dia hadapi, seperti sosok Rocks.

Kong juga mungkin memiliki kekuatan Haki yang dahsyat, karena menurut informasi yang ada para perwira tinggi angkatan laut biasanya memiliki kekuatan Haki, termasuk Kong. Dengan banyaknya pengalaman bertempur melawan bajak laut tangguh, ditambah dengan posisinya saat ini, Kong dianggap bisa menandingi kekuatan dari Yonko.

Diketahui bahwa Kong memiliki hubungan yang baik dengan Garp dan Sengoku. Kong diketahui begitu menghormati sosok Garp dan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Garp ditawari promosi jabatan menjadi admiral. Namun, tawaran tersebut selalu ditolak oleh Garp. Hal ini sempat membuat Kong frustasi.

Meskipun begitu, Kong selalu menghormati keputusan Garp termasuk ketika Garp memutuskan untuk pensiun dari angkatan laut. Kong menawarkan Garp posisi untuk melatih para angkatan laut muda sambil juga menjaga koneksi diantara mereka. Selain Garp, Kong juga memiliki relasi yang baik dengan Sengoku. Kong bahkan memilih Sengoku untuk menjadi penerusnya sebagai Fleet Admiral.

Hubungan mereka bisa dibilang sangat baik, yang bisa dilihat dari momen percakapan di Mary Geoise saat Sengoku memutuskan untuk pensiun pasca pertempuran puncak di Marineford. Untuk saat ini, Kong masih menjadi sebuah misteri besar seperti beberapa karakter lainnya di angkatan laut, contohnya admiral Ryokugyu. Namun, mungkin, dengan cerita One Piece yang akan segera berakhir Oda Sensei akan menghadirkan informasi lengkap mengenai sosoknya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!