SWORD merupakan organisasi paling rahasia dari markas angkatan laut dalam cerita One Piece. Organisasi rahasia ini dipimpin oleh X-Drake, yang merupakan salah satu bajak laut Worst Generation. Selama ini, Oda Sensei selalu memperlihatkan sosok Drake sebagai mantan angkatan laut yang kemudian memilih menjadi bajak laut. Selain dipimpin oleh Drake ada beberapa hal menarik lainnya dari organisasi ini.

Pertama adalah operasi mereka sangat rahasia, dan operasi yang mereka lakukan sejauh ini diketahui adalah mengawasi aktifitas dari para Yonko. Saking rahasianya, pihak angkatan laut sendiri tidak mengetahui adanya organisasi ini. Bahkan, bukan hanya angkatan laut, Gorosei dan Pemerintah Dunia pun tidak mengetahui adanya SWORD.

Bukti nyata dari hal ini adalah saat di Sabaody, Kizaru menyerang Drake tanpa ragu di mana seolah Kizaru menyangka bahwa Drake memang benar-benar sudah berubah menjadi seorang bajak laut. Yang menarik juga adalah mereka saling berkomunikasi melalui saluran Den Den Mushi yang aman. Mereka menggunakan sandi, agar informasi yang diberikan tidak didengar atau bocor.

Namun, di salah satu chapter kemarin diperlihatkan bahwa bos dari CP-0 mengatakan bahwa dia tahu siapa Drake sebenarnya. Artinya, mungkin aktivitas SWORD sudah mulai terdeteksi oleh Pemerintah Dunia. Selain Drake, Koby diketahui menjadi anggota SWORD yang lainnya. Sejauh ini, baru itu saja informasi yang diberikan oleh Oda Sensei mengenai SWORD.

Namun, meskipun begitu para fans banyak yang mencoba berspekulasi mengenai siapa saja yang memang menjadi bagian dari SWORD. Monkey D. Garp menjadi salah satu diantaranya. Garp adalah salah satu dari sedikit angkatan laut yang tidak setuju dengan sistem yang berjalan saat ini, khususnya di tubuh angkatan laut sendiri.

Garp tidak setuju dengan prinsip keadilan absolut. Garp berpendapat bahwa angkatan laut seharusnya berpegang teguh pada keadilan moral. Artinya angkatan laut bukan berarti menjadi melemah terhadap bajak laut, namun semuanya dilihat dari kacamata moral. Contoh dari hal ini bisa dilihat dari Garp yang setuju untuk mengurus Ace, anak dari Gol D. Roger.

Koby sendiri merupakan salah satu orang yang dilatih langsung oleh Garp, selain Helmeppo, sehingga tidak mungkin Koby dan Helmeppo tidak menyadari adanya organisasi ini. Lagipula, Garp selalu membuat Koby untuk menjadi sosok yang sama seperti Garp, angkatan laut yang baik dan penuh integritas. Dan ini juga mungkin yang menjadi alasan Garp menolak menjadi admiral.

Admiral adalah sosok yang selalu diawasi gerak-geriknya oleh semua orang, termasuk Gorosei. Menjadi wakil admiral membuat Garp pada akhirnya bisa leluasa untuk berada di organisasi SWORD. Selain Garp dan Koby – serta Helmeppo – angkatan laut lainnya yang diduga menjadi bagian dari SWORD adalah Fujitora, Smoker, dan Aokiji/Kuzan.

Luffy sendiri sempat berseteru dengan Smoker ketika arc Alabasta di awal cerita One Piece. Meskipun Smoker seorang angkatan laut, dia secara tidak langsung menaruh hormat kepada Luffy. Dia juga sadar bahwa yang mengalahkan Crocodile adalah Luffy dan bukan dirinya. Sama seperti Garp, Smoker sendiri tidak memiliki prinsip keadilan absolut.

Sedangkan Aokiji, sedari awal dia bergabung dengan angkatan laut, Aokiji selalu mengagumi sosok Garp. Dia kagum dengan semua dedikasinya, dan semua kerja kerasnya. Dan kembali, Aokiji adalah salah satu angkatan laut yang tidak setuju dengan keadilan absolut. Buktinya adalah dia rela bertarung, dan keluar dari angkatan laut, karena dia tidak mau berada di bawah pimpinan Sakazuki.

Kuzan pun tidak pernah setuju dengan apa yang terjadi di Ohara pada puluhan tahun lalu, bahkan dia merasa terkejut dengan apa yang dilakukan Sakazuki saat itu. Melepaskan Nico Robin menjadi salah satu bukti bahwa Kuzan masih memiliki moral dalam dirinya. Sedangkan Fujitora adalah seorang mantan perwira angkatan laut yang merasa berdosa akan masa lalunya. Salah satu sifat yang dimiliki oleh Fujitora adalah dia selalu memegang teguh prinsip keadilan. Buktinya adalah dia sangat hormat terhadap Zoro dan juga Luffy. Selain Garp, bisa jadi Fujitora adalah salah satu petinggi angkatan laut di organisasi ini.

Jadi, kesimpulannya adalah kurang lebih ada 7 orang anggota angkatan laut yang tergabung dalam organisasi SWORD. Mereka adalah Drake, Koby, Helmeppo, Garp, Smoker, Fujitora, dan Kuzan. Sebenarnya, para fans juga masih memiliki beberapa spekulasi lainnya tentang anggota SWORD, seperti sosok Sengoku dan juga Tsuru. Mereka berdua dianggap satu paham dengan Garp karena merupakan angkatan lama.

Menarik tentunya untuk melihat bagaimana peran dan aksi SWORD pada masa yang akan datang, apalagi dengan pihak Pemerintah Dunia yang mungkin sudah mengetahui pergerakan dan keberadaan mereka. Organisasi ini mungkin akan melakukan revolusi di tubuh angkatan laut dan bukan tidak mungkin juga jika mereka akan bergabung dalam pertempuran epik di akhir cerita menghadapi pihak Pemerintah Dunia. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah kalian setuju akan hal ini?