Arc Granolah dalam seri manga Dragon Ball Super sudah mulai mendekati akhir ceritanya. Namun, masih ada satu misteri besar yang sampai saat ini masih belum terjawab yaitu siapa sebenarnya sosok misterius yang sempat disinggung oleh Oracle Fish di chapter 68 kemarin. Banyak fans yang berpendapat bahwa sosok yang dimaksud adalah Granolah.

Ada juga yang kemudian berspekulasi bahwa sosok tersebut merupakan Gas, setelah melihat apa yang terjadi di chapter sebelumnya. Namun, faktanya, tidak ada dari kedua karakter tersebut yang dianggap memenuhi kriteria untuk menjadi ancaman yang disebut oleh Oracle Fish. Lalu, siapa sebenarnya ancaman besar yang bisa membuat keseimbangan Universe 7 hancur?

Frieza

Para fans masih menunggu kemunculan salah satu villain klasik di franchise Dragon Ball ini di arc Granolah. Bukan tanpa alasan memang, karena di arc Granolah sendiri nama Frieza sudah beberapa kali disebut atau direferensikan. Namun, sampai chapter terbaru kemarin, karakter Frieza masih belum muncul dalam ceritanya. Apakah Toriyama sengaja menyimpan Frieza untuk muncul di akhir ceritanya?

Ada kemungkinan hal tersebut terjadi. Setelah urusannya di planet Cereal selesai, Elec dan juga Gas beserta kelompok Heeters akan menyerang target utama mereka yaitu Frieza dan pasukannya. Dalam ceritanya pun memang diketahui bahwa kelompok Heeters sangat ingin menghabisi Frieza dan mengambil alih pasukannya untuk kemudian menguasai dunia.

Mengapa Frieza? Kita tidak pernah tahu apa yang dia lakukan sejak kemunculan terakhir di arc Moro kemarin. Dia nampak berada di kapal luar angkasa miliknya mencari planet lain untuk ditaklukan. Bagaimana jika Frieza sudah mengalami peningkatan kekuatan yang pesat? Bagaimana jika Frieza akan memiliki kemampuan baru seperti Platinum Frieza?

Elec

Setelah apa yang terjadi pada chapter 82, Gas mungkin akan mencari tahu apa sebenarnya rencana Elec. Dalam artikel sebelumnya pun sempat juga dibahas bahwa ada kemungkinan jika Elec menyembunyikan sesuatu, yang juga diperlihatkan dari sikapnya saat kembali muncul setelah bertemu dengan Toronbo. Bagaimana jika keinginan Elec sebenarnya bukanlah membuat Gas menjadi sosok terkuat di alam raya?

Elec bisa saja meminta beberapa hal kepada Toronbo. Misalnya dia meminta kendali penuh atas pasukan Frieza. Kedua, membuat para pasukan Frieza menjadi jauh lebih kuat dari sang pemimpin mereka, yang mana hal tersebut menjadi jalan bagi Elec untuk memanfaatkan pasukan Frieza untuk menggulingkan kekuasaannya.

Elec kemudian akan memanfaatkan mereka untuk berbagai bisnis yang ada, membuat Elec secara tidak langsung menjadi sosok yang berpengaruh di seluruh alam raya. Jika hal tersebut terjadi, tentu akan ada ketidakseimbangan yang muncul seperti yang diprediksi oleh Oracle Fish. Jadi, Elec akan mengambil ambil dunia dengan caranya sendiri.

Seven-Three dan Moro

Elec tahu bahwa robot Seven-Three penuh dengan data informasi yang akan sangat berguna bagi mereka. Mungkin Elec akan memerintahkan Macki dan Oil untuk bertanya kepada Zuno mengenai kekuatan Seven-Three. Bagaimana Seven-Three masih hidup pasca arc Moro tentunya memiliki alasan khusus. Bisa jadi Three-Seven masih menyimpan data kekuatan Vegeta, Merus, dan Goku.

Bagaimana jika kemudian Elec meminta berbagai informasi yang dia ketahui dalam data Three-Seven untuk kemudian dipindahkan ke dalam otak Elec, sedangkan kekuatan Three-Seven dipindahkan kepada Gas? Moro sendiri diperlihatkan belum tewas pasca apa yang terjadi sebelumnya. Bukan hal mustahil jika kemudian Moro muncul menjadi jauh lebih kuat dan bahkan sanggup untuk mengguncang seluruh alam raya.

Vegeta

Kehidupan Vegeta benar-benar berubah drastis ketika Beerus menerimanya menjadi muridnya. Vegeta sendiri sebenarnya sempat mempelajari teknik Ultra Instinct seperti halnya Goku, sebelum kemudian dia “ditolak” oleh Whis karena teknik tersebut dianggap tidak cocok dengan Vegeta. Dan vegeta pun kemudian membuktikan sendiri hal tersebut.

Vegeta kemudian menemukan cara lain ketika dia bertemu dengan Beerus, di mana Beerus memperlihatkan bahwa Ultra Instinct memiliki beberapa “jenis” lainnya. Setelah berlatih bersama Beerus, Vegeta sendiri akhirnya berhasil mengembangkan dan menciptakan teknik miliknya sendiri yaitu Ultra Ego. Sejauh ini, Ultra Ego menjadi teknik yang mampu menandingi Ultra Instinct.

Seperti halnya Goku, saat ini Vegeta masih perlu melakukan beberapa penyesuaian dan juga pengembangan lagi teknik tersebut. Karena itulah, jika kemudian Vegeta dianggap berhasil menguasai teknik yang dia kembangkan sendiri tersebut bukan hal yang mustahil jika dia menjadi ancaman besar di alam raya ini.

Dari semua karakter yang berpotensi menjadi ancaman besar, mungkin ada beberapa karakter yang memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi ancaman tersebut. Dan juga menarik untuk melihat bagaimana ancaman besar tersebut muncul dan seberapa kuat ancaman besar itu, sehingga Oracle Fish menyebutkan bahwa ada gangguan yang terjadi saat sosok tersebut muncul.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.