Zoan merupakan salah satu jenis buah iblis yang ada di seri One piece dan menjadi jenis buah iblis yang dianggap paling kuat. Hal ini dikarenakan pengguna buah iblis akan mendapatkan berbagai peningkatan kekuatan, khususnya peningkatan fisik, selain mereka akan berubah menjadi form hewan dan memiliki beberapa transformasi. Pengguna buah iblis Zoan juga akan memiliki healing factor yang luar biasa.

Dalam serinya sendiri, buah iblis Zoan adalah salah satu buah iblis yang cukup banyak muncul dalam ceritanya selain buah iblis berjenis Paramecia. Dan juga, buah iblis ini menjadi buah iblis yang memiliki banyak sub jenisnya dibandingkan buah iblis lain. Selain Zoan biasa, kita kemudian mengenal Mythical Zoan yaitu di mana penggunanya akan berubah menjadi berbagai hewan mitologi seperti Marco the Phoenix.

Kemudian kita juga mengenal buah iblis Ancient Zoan, di mana penggunanya akan berubah menjadi hewan kuno seperti dinosaurus. Contohnya adalah X Drake yang memiliki kekuatan buah iblis Ryu Ryu no Mi. Dan terakhir adalah ada juga buah iblis Zoan buatan atau Artificial Zoan, yang mana buah iblis ini dibuat oleh sosok cerdas seperti Caesar Clown dan juga Vegapunk. Misalnya buah iblis SMILEs yang dimakan kru bajak laut Beast.

Berbicara mengenai kelompok bajak laut Beast dan juga buah iblis Zoan, seperti yang mungkin sudah Geeks ketahui bahwa kelompok bajak laut yang dipimpin oleh Kaido ini menjadi kelompok bajak laut yang semua krunya merupakan pengguna buah iblis Zoan. Dan ternyata, di seri One Piece ini mereka adalah kelompok bajak laut dengan pengguna buah iblis Zoan terbanyak.

Kelompok bajak laut Beast memiliki sembilan buah iblis Zoan alami. Lima buah iblis Zoan dimiliki oleh kelompok Flying Six, tiga buah iblis Zoan lainnya dimiliki oleh All-Stars, dan terakhir adalah buah ibliz Zoan Kaido. Kelompok Flying Six dan All-Stars semuanya merupakan pengguna buah iblis Ancient Zoan, di mana mereka akan berubah ke hewan pra sejarah yaitu dinosaurus.

Sementara, hanya Kaido saja yang merupakan pengguna buah iblis Mythical Zoan. Sebenarnya, total pengguna buah iblis Zoan alaminya sendiri bisa saja berjumlah 11, jika X Drake dan Yamato juga dihitung. Yamato sendiri merupakan pengguna buah iblis Mythical Zoan. Sedangkan, buah iblis Zoan buah yang dimiliki oleh kelompok bajak laut ini mencapai 500 orang yang dilihat dari jumlah Gifters.

Jadi, kurang lebih total ada 509 buah iblis Zoan yang dimiliki oleh kelompok bajak laut Beast. Berdasarkan hal tersebut, rasanya wajar jika kemudian kelompok bajak laut Beast menjadi kelompok bajak laut dengan pengguna buah iblis Zoan terbanyak. Yang menarik adalah kelompok bajak laut ini tidak memiliki pengguna buah iblis biasa atau normal.

Mereka justru lebih memilih untuk menggunakan buah iblis buatan Caesar Clown untuk diberikan kepada kru mereka. Mungkin, hal ini dikarenakan Kaido sadar bahwa jumlah buah iblis Zoan tidaklah banyak. Rasanya jumlah buah iblis Zoan di dunia One Piece tidak mencapai 500 buah. Selain itu, bagaimana Kaido yang berada di Wano yang dikenal tertutup dan sulit mendapatkan akses menjadi faktor lainnya mengapa Kaido memutuskan untuk menggunakan buah iblis buatan untuk para krunya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.