Dikenal sebagai salah satu dari empat penguasa samudra alias Yonko dalam cerita One Piece, Shanks memang dikenal selama ini sebagai salah satu bajak laut terkuat di serinya. Menjadi salah satu Yonko artinya kemampuan Shanks tidaklah sembarangan. Sejauh ini, memang hampir tidak pernah Shanks diperlihatkan bertarung secara penuh dalam ceritanya.

Sosok Shanks memang dikenal sebagai salah satu Yonko yang “unik” karena hanya dia yang tidak memiliki kemampuan buah iblis. Shanks diketahui hanya mengandalkan Haki miliknya yang sangat dahsyat. Meskipun begitu, dia mampu bersaing atau bahkan menyaingi para Yonko lainnya dalam hal kekuatan. Bahkan, banyak orang yang segan dan takut terhadap sosok Shanks padahal dia tidak memiliki buah iblis. Berikut adalah tiga pertarungan terbesar Shanks, yang menjadi bukti kedahsyatan kekuatannya.

Shanks vs Whitebeard

Pertarungan terbesar yang pernah dialami oleh Shanks mungkin adalah ketika dia bertarung melawan manusia paling kuat di dunia, dan juga salah satu Yonko, Whitebeard. Keduanya bertemu setelah arc Ennies Lobby, di mana Shanks pergi menemui Whitebeard untuk memintanya menarik kembali Ace dari misinya mencari keberadaan Blackbeard. Shanks paham bahwa Ace belum cukup kuat untuk menghadapi Blackbeard.

Tetapi, Whitebeard justru beranggapan sebaliknya. Whitebeard merasa bahwa apa yang dilakukan oleh Ace adalah sebuah tindakan yang tepat. Karena dalam pertemuan ini tidak menemukan titik temu, keduanya akhirnya terpaksa harus bertempur. Seperti diperlihatkan dalam cerita, pertempuran keduanya benar-benar sangat dahsyat. Bahkan, sampai membuat langit terbelah dua, seperti ketika Roger melawan Whitebeard.

Shanks vs Blackbeard

Blackbeard dan Shanks cukup memiliki sejarah yang panjang satu sama lainnya. Keduanya sudah saling bertemu sejak mereka sama-sama menjadi kru biasa, baik di kelompok bajak laut Whitebeard ataupun Roger. Setelahnya, mereka juga sering bertarung satu sama lain, dan bahkan Blackbeard memberikan bekas luka yang masih bisa kita lihat di bagian mata kiri Shanks.

Menurut Shanks, dia bukannya menganggap remeh Blackbeard sehingga Blackbeard bisa melukai sosok Shanks. Namun, semua itu terjadi karena Blackbeard memang memiliki kemampuan untuk bisa melukai Shanks. Sayangnya, pertarungan diantara mereka tidak diperlihatkan dalam ceritanya, hanya sekedar direferensikan. Salah satu alasan mengapa kemudian mereka saling bertarung adalah karena Shanks ingin menghentikan ambisi Blackbeard untuk menguasai dunia.

Shanks vs Dracule Mihawk

Shanks dan Dracule Mihawk diketahui adalah rival abadi. Mereka sudah sering bertarung dan saling mengadu kemampuan. Menurut Whitebeard, pertarungan diantara mereka bisa dikatakan sangat legendaris, dan setiap kali pertarungan diantara mereka terjadi maka bisa dipastikan akan “menggema” ke seluruh Grand Line. Berdasarkan informasi yang ada, Mihawk sering kali mencari keberadaan Shanks untuk ditantang bertarung.

Membuktikan siapa yang terbaik bisa jadi adalah motif dari Mihawk untuk selalu menantang Shanks dalam sebuah duel. Sayangnya, sampai saat ini, masih belum diketahui jika ada diantara mereka yang menang atau kalah dan pertarungan mereka pun tidak pernah diperlihatkan. Setelah Shanks kehilangan lengannya, Mihawk kemudian tidak lagi berminat untuk menjadi rival atau bertarung dengan Shanks.

Kurang lebih, sudah lebih dari 20 tahun Shanks menjadi seorang bajak laut di usianya yang sekitar 39 tahun. Dan sudah lebih dari sekitar enam tahun Shanks memegang titel sebagai Yonko. Tentunya sudah ada banyak musuh yang pernah dihadapi oleh Shanks selama karirnya sebagai bajak laut dan tiga contoh di atas adalah beberapa duel terbesar yang dialami oleh Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.