Seri terbaru Disney Plus produksi Marvel Studios, Moon Knight, saat ini menjadi buah bibir di kalangan para fans karena menghadirkan nuansa yang baru terhadap dunia adaptasi buku komik. Serinya yang dibintangi oleh Oscar Isaac ini berkisah tentang sosok pahlawan yang berbeda dari kebanyakan, di mana sosok Marc Spector adalah karakter di balik topeng Moon Knight.

Marc Spector adalah sosok yang “spesial” karena dalam dirinya ada banyak kepribadian yang bisa berubah-ubah setiap saat. Moon Knight sendiri mendapatkan kekuatan supernya dari sosok dewa bulan dalam kepercayaan penduduk Mesir yaitu Khonsu. Dan di dua episode awalnya kita sudah melihat bagaimana kedahsyatan dari Moon Knight.

Pertanyaan yang kemudian banyak muncul adalah apakah Moon Knight bisa mati? Sama seperti kebanyakan karakter pahlawan di universe Marvel, Moon Knight juga pernah merasakan luka parah dan bahkan kematian. Namun, yang membedakan adalah kematian bukan akhir bagi cerita Moon Knight.

Moon Knight mampu menghindari kematian berkat kekuatan yang diberikan oleh Khonsu. Sudah sangat sering Marc terwas dalam pertarungan, namun kemudian dia kembali dihidupkan oleh sang dewa Mesir tersebut. Di komiknya, salah satu kematian Moon Knight yang cukup populer adalah ketika dia tewas di tangan Seth Phalkon, di mana Marc dibunuh dengan menggunakan virus komputer.

Marc dikurung bersama dengan para pegawai Spectorcorps lainnya dengan virus tersebut yang menyebar ke seluruh bangunan. Marc sendiri kemudian tewas di mana seluruh bangunan perusahaan miliknya meleleh. Namun, Khonsu membangkitkan kembali Marc untuk menghentikan niat jahat Seth dan Bushman.

Di serinya sendiri di episode ketiga ini, kita melihat bagaimana Marc nampaknya kebal terhadap berbagai serangan yang mengarah kepada tubuhnya. Hal ini bisa dilihat ketika Marc melindungi Layla dari berbagai tembakan yang mengarah kepadanya. Kemudian, Marc juga tahan terhadap berbagai tusukan yang mana orang biasa pasti sudah tewas akibat serangan tersebut.

Dalam serinya pun dijelaskan bahwa semua kekuatan healing factor tersebut dikarenakan kekuatan dari Khonsu, di mana Khonsu menyebut kekuatan tersebut sebagai ‘Healing Armor.’

Apakah Moon Knight Bisa Tewas?

Meskipun Khonsu mampu membangkitkan kembali Moon Knight dari kematian, masih belum diketahui mengapa dia melakukan hal tersebut. Apa yang menjadi kriteria dari Khonsu sehingga Marc mampu dan layak untuk dibangkitkan kembali pun masih belum diketahui.

Marvel sendiri masih belum menjelaskan apakah ada batasan ketika Khonsu membangkitkan Marc Spector dari kematiannya. Namun, jawaban untuk pertanyaan di atas mungkin terjawab di episode ketiga ini. Ketika Khonsu menyinggung mengenai hilangnya kemampuan ‘Healing Armor’ jika kemudian Khonsu menghilang atau dipenjara, dia sempat menyebutkan bahwa Marc tidak akan bisa selamat tanpa kekuatannya.

Jadi, apakah Marc Spector atau Moon Knight bisa tewas? berdasarkan dari cerita di serinya jawabannya adalah ya. Namun, ada catatan penting dari hal ini. Untuk bisa membunuh Marc atau Moon Knight maka seseorang harus terlebih dahulu “memusnahkan” Khonsu yang menjadi sumber kekuatannya. Selama Khonsu masih ada di samping Marc, maka selama itu pula kekuatannya masih akan menyertai dan Marc pun tidak akan tewas.

Saat ini, Marc sudah kehilangan kekuatan Khonsu karena dia dihukum oleh para Council of Gods. Dengan Khonsu yang dihukum dengan menjadi batu, maka Hearow memiliki kesempatan untuk bisa mengalahkan atau membunuh Marc. Apakah Hearow akan melakukannya? Apakah Marc akan mendapatkan kekuatannya kembali?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.