Setelah time skip terjadi di seri One Piece penguasaan Luffy terhadap buah iblis miliknya memang meningkat. Serangan Luffy menjadi lebih stabil dan memiliki daya serang luar biasa. Meskipun begitu, Luffy masih belum mencapai Awakening. Para fans sendiri sempat memprediksi bahwa pertarungan melawan Kaido akan menjadi jalan bagi Luffy untuk membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Dan ternyata prediksi tersebut terbukti. Pada chapter 1044 kemarin, kita melihat Luffy kembali bangkit dengan kekuatan baru buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika. Kebangkitan buah iblis yang kemudian disebut sebagai Gear 5 oleh Luffy tersebut benar-benar sangat luar biasa, seperti diperlihatkan dalam beberapa chapter terakhir. Kita melihat bagaimana Luffy bisa memengaruhi sekitarnya, membuat Kaido nampak kecil dengan ukurannya yang besar, dan sebagainya.

Yang paling epik tentunya adalah bagaimana Luffy nampaknya tidak akan kehabisan kekuatan atau energi, selama dia masih bisa mendengar suara genderang kebebasan. Berbicara mengenai kebangkitan buah iblis, sebelum Luffy bangkit dengan buah iblisnya, sebenarnya Trafalgar Law dan Eustass Kid sudah terlebih dahulu membangkitkan buah iblis milik mereka.

Mereka menggunakan kekuatan buah iblis tersebut untuk mengalahkan Big Mom. Bagaimana sebenarnya sistem awakening bekerja masih belum diketahui secara pasti, meskipun berdasarkan teori dan spekulasinya disebutkan bahwa seberapa lama penggunanya menguasai buah iblis tersebut dan seberapa sering penggunanya melatih kekuatan buah iblisnya menjadi faktor penting untuk membangkitkan buah iblis.

Namun, chapter 1046 kemarin mungkin sudah memberikan kita petunjuk penting mengenai proses awakening. Menurut Kaido, awakening terjadi ketika pikiran dan tubuhnya mampu untuk mengendalikan atau menguasai kemampuannya. Hal ini memunculkan spekulasi bahwa awakening adalah sebuah proses alami, di mana bisa saja proses ini dipaksakan atau distimulasi.

Dalam kondisi yang natural, buah iblis akan bangkit ketika semua hal yang dibutuhkan sudah mendukung, yaitu tubuhnya sudah cukup kuat untuk menyediakan energi dan mengendalikan kebangkitan tersebut. Namun untuk buah iblis tipe Zoan, mungkin ada elemen lainnya untuk bisa bangkit, yaitu tekad dari buah iblis tersebut.

Seperti yang disebutkan oleh Gorosei, bahwa buah iblis, khususnya Zoan, memang memiliki pikiran dan tekad sendiri. Karena itu, bukan hal yang gila atau aneh jika kemudian mereka berpikir buah iblis Luffy selalu “kabur” ketika berusaha untuk ditangkap. Berdasarkan hal tersebut kekuatan tekad ini juga menjadi penting untuk proses awakening.

Tekad dari penggunanya harus sejalan dengan buah iblis tersebut, sebelum bisa dibangkitkan. Ketika Luffy berada di Gear 4, dia sempat menyebutkan ambisi besarnya di mana dia tidak akan berhenti sebelum para penduduk Wano bisa makan dengan kenyang dan semuanya bisa bebas melakukan apa pun. Dia tidak peduli jika harus mengorbankan nyawanya.

Hal tersebut bisa jadi sejalan dengan tekad dari sosok Nika, di mana dia selalu berusaha membebaskan orang-orang atau para budak. Jiwa kebebasan ini pun bahkan disebutkan juga oleh Gorosei, sebagai salah satu kekuatan dari awakening buah iblis Nika. Menurut mereka, setelah dibangkitkan, penggunanya akan bertarung dengan jiwa kebebasan yang sangat tinggi di dalam diri mereka.

Awakening dari buah iblis ini sepertinya masih akan menjadi sebuah misteri besar sampai Oda Sensei sendiri yang menjelaskan mengenai hal ini. Dan apakah masing-masing jenis buah iblis memiliki proses awakening yang berbeda masih belum diketahui. Yang pasti, jika kemudian teorinya terbukti, maka hal ini akan sangat menarik. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.