Hidden Village atau desa ninja tersembunyi merupakan rumah bagi para shinobi yang ada di franchise Naruto. Sebelum era perdamaian saat ini, para desa ninja tersebut saling berperang satu sama lain. Mereka berusaha saling menghancurkan. Desa Konoha merupakan salah satunya, dan memiliki pengaruh dalam dunia shinobi, mengingat ada banyak shinobi lahir dari desa ini.

Bahkan, Konoha pun menjadi pusat cerita dari seri Naruto maupun Boruto. Meskipun begitu, terdapat desa ninja lainnya yang juga tidak kalah kuat dan dahsyat dibandingkan Konoha. Salah satunya adalah desa Kumogakure atau desa Awan. Desa Kumogakure cukup populer dan juga memiliki banyak shinobi kuat, yang tidak kalah dari Konoha. Kumogakure masih bertahan sampai saat ini. Selain Konohagakure, Kumogakure juga memiliki seorang Jinchuriki yaitu Killer B, yang merupakan Jinchuriki monster ekor delapan.

Desa ini dipimpin oleh Darui, sang Raikage kelima. Tetapi para tetua desa, seperti halnya Ay, selalu muncul untuk memberikan bantuan kepada sang Raikage. Desa Kumogakure juga diketahui sangat maju dalam hal ilmu pengetahuan. Salah satu buktinya adalah dalam film The Last: Naruto the Movie diperlihatkan bahwa desa ini memiliki pertahanan berupa meriam chakra yang mampu menghancurkan bulan.

Berbicara mengenai desa Kumgakure, selain dikenal karena ilmu pengetahuan dan juga menjadi rumah bagi Killer B, desa ini juga dianggap sebagai desa yang paling aman bahkan jika dibandingkan dengan Konoha. Tidak diragukan lagi bahwa Konoha merupakan desa ninja terkuat dalam franchise Naruto. Ada banyak shinobi hebat dan juga kuat yang tinggal di desa Konoha.

Kekuatan dan kemampuan para shinobi Konoha lah yang kemudian membuat desa tersebut dianggap sebagai desa yang teraman. Namun, faktanya, banyak serangan yang mengarah ke Konoha. Bahkan, sejak zaman peperangan antar desa ninja, Konoha menjadi salah satu desa yang banyak diincar dan diserang oleh desa ninja lainnya.

Lalu, mengapa kemudian ada anggapan bahwa desa Kumogakure menjadi desa yang paling aman dibandingkan Konoha? Hal ini ada kaitannya dengan struktur geografis dari desa Kumogakure. Pertama, desa Kumogakure diketahui berada di perbukitan yang sangat curam dan berbahaya. Hanya para penduduk desanya saja yang mengetahui celah atau cara untuk bisa selamat berada di sana.

Dengan keberadaan desanya di perbukitan yang curam dan berbahaya, membuat musuh sangat kesulitan untuk menyerang desa ini. Lain halnya dengan desa Konoha, yang berada di wilayah daratan yang normal. Sehingga, siapa pun bisa lalu lalang masuk ke desa tersebut, termasuk musuh. Kemudian alasan kedua, karena berada di perbukitan, posisi desa ini jauh lebih tinggi dibandingkan desa ninja lain.

Selain itu, sesuai namanya, desa Kumogakure berada sejajar dengan awan dan desa ini selalu tertutup dengan awan. Hal tersebut membuat jarak pandang musuh menjadi sedikit berkurang karena mereka tidak tahu di mana keberadaan desanya, kemudian musuh juga kesulitan untuk bisa mencapai desa tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, memang rasanya wajar jika kemudian desa Kumogakure menjadi desa yang paling aman dari berbagai ancaman yang datang. Terlepas dari posisi geografis mereka, patut untuk diacungi jempol bagaimana semua perkembangan yang terjadi di desa tersebut berjalan dengan baik. Mulai dari teknologi atau pun perkembangan lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.