Momen di mana Kawaki kembali mengaktifkan Karma Isshiki saat dia bertarung melawan Code di seri manga Boruto: Naruto Next Generation mengejutkan banyak orang. Bukan hanya para fans, mereka yang ada dalam ceritanya pun terkejut dengan apa yang terjadi dan mereka lihat saat itu. Tidak ada yang menyangka jika Karma yang sudah lenyap bisa kembali muncul.

Seperti yang diketahui, bahwa segel Karma Isshiki Otsutsuki yang ada di tubuh Kawaki sudah menghilang semenjak Isshiki menggunakannya untuk bereinkarnasi. Meskipun begitu, karma milik Isshiki sendiri tidak menghilang sepenuhnya dari tubuh Kawaki seperti yang dijelaskan oleh Momoshiki. Amado juga sempat mengatakan bahwa Karma Isshiki dalam diri Kawaki masih bisa dimanfaatkan untuk kepentingannya.

Tetapi, saat itu, Kawaki menolak untuk mengaktifkan kembali segel Karma tersebut. Kawaki beranggapan bahwa jika kemudian dia mengaktifkan kembali segel Karma Isshiki, maka dia akan berada di bawah pengaruh Isshiki lagi dan dia tidak menginginkan hal tersebut. Sayangnya, pada kenyataanya, tanpa kekuatan dari karma sosok Kawaki tidak berdaya.

Sepertinya Amado menyadari itu dan kemudian diam-diam mengaktifkan kembali Karma Isshiki di tubuh Kawaki, yang kemudian aktif secara tidak disengaja saat pertarungan melawan Code. Bagaimana semua itu bisa terjadi masih menjadi sebuah misteri, meskipun Amado sendiri mengatakan bahwa Karma diibaratkan sebuah Rumah. Hanya perlu pintu untuk kemudian bisa masuk ke rumah tersebut.

Ada beberapa kemungkinan yang mungkin bisa menjadi alasan mengapa Karma bisa aktif lagi. Pertama, Amado mengubahnya bukan menjadi sumber kekuatan, melainkan senjata. Hal ini sempat Amado jelaskan juga sebelumnya, bahwa jika Kawaki mau, segel Karma bisa dirubah menjadi sebuah senjata yang mematikan.

Karma adalah data-data dari pribadi seorang Otsutsuki, dan juga dalam data tersebut terdapat hal mengenai kemampuan bertarung atau pengalaman bertarung. Karena proses Otsutsukifikasinya sudah berhenti, Amado mungkin memanfaatkan celah tersebut – berupa pengalaman bertarung dan kekuatannya – untuk kemudian dirubah menjadi senjata. Hal ini berbeda ketika Karma tersebut masih aktif, di mana Karma itu menjadi sumber kekuatan dari Kawaki.

Juga, seperti halnya sebuah senjata dalam kehidupan normal, pengguna atau pemiliknya yang kemudian mengatur senjata tersebut. Sehingga, wajar jika kemudian Kawaki mampu menggunakan kekuatan Karma Isshiki jauh lebih baik ketika Karmanya menjadi senjata. Kemudian yang kedua adalah Karma dalam tubuh Kawaki saat ini tidak lagi memiliki jiwa dari Isshiki.

Seperti yang kita ketahui, Karma adalah proses reinkarnasi dari seorang Otsutsuki dengan memindahkan data mereka ke tubuh yang lain. Artinya, masih ada jiwa yang tersimpan di dalam Karma tersebut yang siap untuk kembali muncul setelah proses Otsutsukifikasi selesai. Namun, situasi yang terjadi dengan sosok Kawaki berbeda.

Dengan Isshiki yang sudah diketahui tewas, artinya tidak ada lagi jiwa Isshiki dalam Karma tersebut yang mana hal itu membuat Kawaki bisa dengan mudah dan leluasa untuk mengendalikannya. Kawaki tidak perlu lagi khawatir bahwa Isshiki akan kembali dan mencoba untuk mengendalikan tubuhnya karena dia sudah tewas, dan Karma dalam tubuh Kawaki sudah dirubah menjadi senjata.

Dua kemungkinan di atas masih berupa spekulasi yang mungkin bisa menjelaskan apa terjadi kepada Kawaki dan mengapa dia bisa mengaktifkan kembali Karma Isshiki. Amado menjadi kunci dari misteri besar ini, karena dia yang lebih paham mengenai semua ini. Mungkin ada proses atau sesuatu yang belum dijelaskan dalam ceritanya, yang membuat sebuah Karma dialihfungsikan sebagai senjata.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.