Marshall D. Teach alias Blackbeard merupakan salah satu antagonis yang diperkenalkan di seri One Piece. Blackbeard merupakan karakter antagonis yang sangat luar biasa, di mana dalam waktu singkat peningkatan kekuatan dan popularitasnya sangat drastis. Berawal dari menjadi kru biasa di kelompok bajak laut Whitebeard, Blackbeard kini sudah menyandang status sebagai salah satu penguasa samudra alias Yonko.

Selain itu, Blackbeard yang awalnya sendiri, kini memiliki kru yang sangat kuat dan memiliki banyak anak buah. Dia bahkan memiliki armadanya sendiri yang semakin menambah kekuatan dan kedahsyatan dari Blackbeard. Belum lagi, Blackbeard pun memiliki dua kekuatan buah iblis di tubuhnya. Yang pertama adalah Yami Yami no Mi dan kemudian Gura Gura no Mi.

Kedua buah iblis tersebut dia dapatkan dengan cara yang licik yaitu mencuri dari pemilik sebelumnya. Jika buah iblis Gura Gura no Mi dicuri dari mantan kaptennya, Whitebeard, maka buah iblis Yami Yami dicuri dari rekannya sesama kru bajak laut Whitebeard, yaitu Thatch. Berbicara mengenai kematian Thatch oleh Blackbeard, ada hal yang cukup menarik.

Terdapat perbedaan bagaimana cara Blackbeard menghabisi Thatch di dua versi seri One Piece. Dalam versi manganya, tidak dijelaskan secara detail bagaimana Blackbeard membunuh Thatch sebelum kemudian mencuri buah iblis Yami Yami. Namun, dalam versi animenya sendiri kita diperlihatkan bagaimana cara Blackbeard membunuh Thatch yaitu dengan cara menusuknya dari belakang.

Blackbeard kemungkinan menipu Thatch untuk menemuinya di tempat yang sepi, sebelum kemudian memulai aksinya dan mencuri buah iblis tersebut. Dan dari apa yang diperlihatkan dalam ceritanya, Blackbeard nampak tidak menyesali hal tersebut. Dia justru senang bahwa akhirnya apa yang dia cari dan nantikan selama ini berhasil dia temukan.

Blackbeard sendiri bergabung dengan kru bajak laut Whitebeard dan menunggu selama 30 tahun untuk menemukan buah iblis Yami Yami. Namun, sayangnya, setelah sangat lama dia menantikan buah iblis tersebut justru rekannya, Thatch, yang kemudian menemukan buah iblis itu terlebih dahulu. Blackbeard pun frustasi, dan Blackbeard pun tidak mau Thatch menghancurkan mimpinya.

Hal inilah yang kemudian membuat Blackbeard melakukan apa yang tidak ada satu kru lain pun berani untuk melakukannya yaitu membunuh rekannya sendiri. Dia melanggar peraturan yang ada di kapal Whitebeard dengan membunuh Thatch. Setelah membunuh Thatch dan memakan buah iblis Yami Yami, Blackbeard kemudian kabur dan membentuk kelompok bajak lautnya sendiri.

Ini menjadi salah satu kejahatan yang dilakukan oleh Blackbeard di sepanjang serinya. Blackbeard sendiri memiliki mimpi untuk bisa menguasai dunia. Namun, apa yang dia lakukan untuk mewujudkan mimpinya tersebut berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan oleh Luffy. Ketika Luffy mewujudkan mimpinya dengan cara membantu orang lain, menghadapi berbagai rintangan lainnya, Blackbeard justru menciptakan kekacauan dan menebarkan teror.

Sebagian fans sendiri berpendapat bahwa apa yang terjadi kepada Blackbeard tersebut merupakan “warisan” dari tekad Rocks D. Xebec, yang diterapkan oleh Blackbeard. Jadi, ketika Luffy mewarisi tekad dari Roger, maka Blackbeard mewarisi tekad dari Rocks. Para fans sendiri sudah sejak lama menantikan pertarungan epik antara Blackbeard dan Luffy. Kita nantikan saja ya Geeks apakah keduanya akan saling bertarung, apalagi sekarang mereka sudah menjadi sangat kuat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.