Selain menjadi sosok yang paling cerdas, Amado juga merupakan sosok yang paling misterius di seri Boruto: Naruto Next Generation. Hal ini dibuktikan dengan sampai saat ini, kita masih belum tahu banyak hal tentang sosok Amado. Kita tidak tahu siapa dia sebenarnya, kekuatannya, atau asal-usulnya. Amado hanya diceritakan bergabung dengan Inner Kara dan membantu Jigen dengan berbagai rencananya.

Bukti kecerdasan yang diperlihatkan oleh Amado disepanjang seri Boruto bisa dilihat dari semua hal yang berkaitan dengan Kara. Contohnya adalah terciptanya cyborg seperti Delta atau Boro. Keduanya dianggap sebagai cyborg terkuat yang dimiliki oleh Kara. Belum lagi, bagaimana Amado menciptakan berbagai kekuatan atau teknologi epik.

Contoh nyatanya adalah kekuatan laser yang ditembakan dari mata, yang menjadi kekuatan dahsyat dari Amado. Terlepas dari sisi misterius dan juga bagaimana Amado dicurigai memiliki niat jahat, memang harus diakui bahwa Amado adalah sosok yang sangat cerdas. Dari sekian banyak ciptaan yang berhasil Amado hasilkan, Geeks tentunya penasaran siapa ciptaan terkuat yang dimiliki oleh Amado.

Jawaban paling potensial untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah Kawaki. Mengapa Kawaki? Satu hal yang mungkin bisa menjelaskan alasan mengapa Kawaki menjadi ciptaan Amado yang terkuat, yaitu segel Karma. Seperti yang kita ketahui, Kawaki merupakan wadah sempurna yang hendak digunakan oleh Jigen sebelum kemudian Kawaki berhasil kabur dari Kara.

Kawaki memang pada awalnya merupakan sosok anak kecil biasa, yang ternyata tanpa diduga cocok dengan segel Karma yang dimiliki oleh Isshiki Otsutsuki. Kekuatan Karma dari Isshiki itu pada awalnya sangat jarang digunakan oleh Kawaki, karena dia merasa kekuatan itu justru bisa menyakiti orang lain.

Inilah alasan mengapa Kawaki merasa takut dan tidak yakin ketika Amado berusaha untuk mengaktifkan kembali Karma Isshiki di tubuhnya. Namun, memang pada akhirnya Amado secara diam-diam mengaktifkan kembali Karma tersebut seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya. Dan karena kekuatan Karma Isshiki tersebut sudah berubah menjadi senjata, efeknya pun sangat dahsyat.

Amado pun sepertinya menyadari potensi yang dimiliki oleh Kawaki, yang mana banyak muncul teori yang menyebutkan bahwa Kawaki dimanfaatkan untuk tujuan jahat dari Amado. Apa sebenarnya tujuan jahat Amado memang masih belum diketahui, namun yang pasti tujuan jahat tersebut sangat besar karena sampai-sampai harus memanfaatkan Kawaki untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Apakah ada sosok lainnya? Selain Kawaki, yang paling masuk akal untuk menjadi ciptaan terkuat Amado selanjutnya adalah Code. Kita sudah lihat bagaimana kemampuan dari Code pada beberapa chapter sebelumnya. Meskipun dia hanya memiliki Karma putih atau Karma yang tidak sempurna, namun Code sudah mampu menguasai dan mengendalikan secara luar biasa Karma tersebut.

Selain itu, saat Code pertama kali diperkenalkan dalam cerita, kita melihat bagaimana Amado dan juga bahkan Kawaki menyebutkan bahwa Code bukanlah sosok sembarangan. Dia adalah salah satu ciptaan Amado yang sangat kuat, yang bahkan Amado sendiri meminta Konoha dan desa lain untuk waspada dengan kekuatan dari Code.

Belum lagi, kita tahu bahwa kekuatan Code yang diperlihatkan sampai sejauh ini masih belum 100% alias masih belum sepenuhnya Code perlihatkan. Kekuatan penuh Code tidak bisa digunakan karena ada limiter dalam dirinya yang sengaja dipasang oleh Amado. Dan ini juga yang kemudian menjadi alasan mengapa Code berusaha untuk menculik Amado, yaitu dia ingin Amado melepaskan limiter tersebut.

Masih belum diketahui seberapa dahsyat kekuatan Code ketika limiter tersebut dilepas. Namun, logikanya, dengan Amado memasangkan limiter di tubuh Code, kekuatannya pasti sangat luar biasa yang mana kemudian mungkin akan sangat wajar jika kemudian dia menjadi rival dari Kawaki dalam hal kekuatan. Dan tidak heran juga jika kemudian setelah limiternya dilepas, dia akan menjadi ancaman besar bagi Konoha dan yang lain.

Bagaimana dengan Daemon dan Eida? Harus diakui bahwa mereka pun adalah sosok yang sangat luar biasa. Eida yang memiliki Senrigan mampu untuk melihat ke masa depan atau masa lalu, kemudian Daemon yang memiliki teknik Reflection, yang bisa membalikan semua serangan dengan mudah.

Memang, keduanya diperlihatkan sangat luar biasa dengan semua kekuatan tersebut. Tetapi, kembali, kita masih belum melihat bagaimana kekuatan dari Code secara penuh. Eida dan Daemon pun kemungkinan masih belum memperlihatkan kekuatan penuhnya, yang mana mungkin juga tidak kalah dahsyat. Tetapi, bagaimana Amado dan Kawaki “mengonfirmasi” bahwa Code bukan sosok sembarangan menjadi petunjuk jelas bahwa Code – dan Kawaki – adalah kreasi terhebat yang dimiliki oleh Amado. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.