Buah iblis kembali menjadi perbincangan hangat di kalangan fans One Piece setelah fakta mengejutkan muncul di chapter 1044 kemarin yang berkaitan dengan sosok Luffy. Berdasarkan chapternya, ternyata Luffy selama ini bukan mengonsumsi buah iblis Gomu Gomu. Melainkan Hito Hito no Mi, Model: Nika yang ternyata merupakan Mythical Zoan.

Zoan sendiri merupakan salah satu jenis buah iblis yang diperkenalkan dalam cerita One Piece. Namun, yang menariknya adalah Zoan ternyata memiliki berbagai sub jenis salah satunya adalah Mythical zoan. Sebagian Geeks mungkin masih ada yang bingung untuk membedakan antara Mythical Zoan dan Ancient Zoan. Lalu, apa perbedaan dari dua sub jenis Zoan tersebut?

Apa Itu Buah Iblis Zoan

Buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang memberikan kekuatan binatang kepada mereka yang memakannya. Buah iblis ini akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung. Selain mendapatkan kemampuan binatang, mereka juga akan mendapatkan peningkatan dalam hal masa penyembuhan di mana waktu penyembuhan mereka menjadi lebih singkat.

Dan satu hal yang menjadi ciri khas buah iblis ini adalah bagaimana penggunanya memiliki kemampuan untuk bertransformasi. Seperti halnya Kaido, ada kurang lebih tiga bentuk transformasi yang dimiliki pengguna Zoan; form manusia, form hybrid, dan form perubahan penuh. Tidak kalah dengan jenis buah iblis lainnya, buah iblis berjenis Zoan juga memiliki banyak keunikan dan hal yang luar biasa. Salah satunya adalah daya tahan fisik yang sangat luar biasa. Dan selain itu, seperti yang disebutkan di atas, buah iblis Zoan pun memiliki sub jenis yaitu Mythical Zoan dan Ancient Zoan.

Perbedaan Ancient Zoan dan Mythical Zoan

Keduanya masih merupakan bagian dari Zoan, yang mana secara simpelnya Ancient Zoan dan Mythical Zoan adalah sub jenis dari tipe Zoan. Meskipun efeknya sama, yaitu berubah menjadi binatang, bedanya adalah pemakan buah iblis Ancient Zoan akan berubah menjadi binatang purba, misalnya dinosaurus. Buah iblis ini sangat langka dan dianggap spesial diantara para pengguna Zoan lainnya.

Seperti yang sudah diduga dari pengguna buah iblis Ancient Zoan, mereka memiliki kekuatan yang luar biasa dan juga daya tahan yang tinggi. Apa pun yang bisa dilakukan oleh Zoan biasa, maka pengguna dari kekuatan Ancient Zoan dapat melakukannya 2-3 kali lipat lebih baik dari pemilik kekuatan Zoan biasa. Karena itulah, wajar jika kemudian Flying Six dan All-Stars memiliki posisi yang cukup tinggi dan kemampuan bertarung luar biasa dibandingkan dengan dengan sosok Chopper.

Lalu, apa itu Mythical Zoan? Mythical Zoan adalah sub jenis Zoan yang paling langka. Bahkan, sub jenis ini jauh lebih langka dari Ancient Zoan. Selain itu, kelangkaan buah iblis jenis ini bahkan mengalahkan langkanya buah iblis Logia. Seperti namanya, mereka yang memakan atau memiliki kekuatan buah iblis ini akan berubah menjadi makhluk mitologi.

Contoh nyata dari buah iblis ini bisa dilihat dari kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Sengoku, Marco, atau bahkan buah iblis yang dikonsumsi oleh Kaido. Dan tentunya yang paling baru adalah buah iblis yang dikonsumsi oleh Luffy. Selain mampu membuat penggunanya untuk berubah menjadi makhluk-makhluk mitologi, buah iblis Mythical Zoan juga memberikan sesuatu yang lain kepada para penggunanya. Misalnya buah iblis Marco the Phoenix, di mana api biru Marco bisa memberikan efek penyembuhan dan bukan membakar seperti api pada umumnya.

Kesimpulannya

Berdasarkan penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa ada kurang lebih tiga perbedaan besar antara Ancient Zoan dan Mythical Zoan. Pertama, buah iblis Mythical Zoan jauh lebih langka dari buah iblis Ancient Zoan, yang mana wajar jika kemudian pemilik buah iblis Mythical Zoan menjadi sangat spesial. Kemudian, yang kedua adalah penggunanya bisa berubah menjadi sosok mitologi.

Perbedaan paling menonjol dari dua sub jenis Zoan ini adalah perubahan/transformasi yang dialami oleh penggunanya. Jika pengguna Ancient Zoan berubah menjadi makhluk purba seperti dinosaurus, maka pemilik Mythical Zoan akan berubah menjadi makhluk mitologi seperti naga, buru phoenix, atau bahkan sosok dewa. Terakhir, perbedaan dari kedua sub jenis Zoan tersebut adalah adanya kemampuan “eksklusif” yang tidak dimiliki Zoan jenis lain.

Seperti yang disebutkan di atas, Tori Tori no Mi, Model: Phoenix milik Marco mampu memberikan efek penyembuhan dan juga membuat dia bisa tahan terhadap berbagai serangan. Buah iblis Kaido membuat dia mampu menggunakan teknik yang berkaitan dengan elemen alam. Dan buah iblis Luffy membuat dia mampu menggunakan kekuatan dari sosok “Dewa.” Kemampuan ini tidak akan pernah bisa ditemukan di Ancient Zoan atau buah iblis jenis Paramecia atau Logia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.