Eiichiro Oda sepertinya masih belum akan berhenti memberikan kejutan serta berbagai misteri lainnya kepada para fans One Piece. Sebelumnya, pada chapter 1037 kemarin, diketahui bahwa ada buah iblis spesial yang nama aslinya dihapuskan dari sejarah akibat kekuatan awakening yang sangat luar biasa. Tidak butuh waktu lama bagi para fans untuk menghadirkan berbagai spekulasi dan teori mengenai buah iblis itu.

Di sisi lain, hal tersebut sempat membuat para fans bingung karena berdasarkan dari apa yang dihadirkan di serinya, mereka yang sudah memakan buah iblis pasti akan mengetahui apa nama buah iblis tersebut dan apa kekuatan yang bisa dilakukan buah iblisnya. Hal ini membuat para fans semakin penasaran dengan buah iblis spesial tersebut.

Meskipun ada banyak “kandidat” buah iblis yang dimaksud oleh Gorosei, namun mayoritas mengarah pada buah iblis yang dimakan oleh Luffy, Gomu Gomu no Mi. Di sepanjang arc Wano, sudah ada beberapa karakter yang berkomentar mengenai buah iblis Gomu Gomu, termasuk Who’s Who.

Mengapa kemudian buah iblis Luffy bisa menjadi spesial? Ternyata pada chapter 1044 kemarin, diketahui bahwa buah iblis tersebut memiliki nama asli Hito Hito no Mi, Model: Nika. Buah iblis tersebut memiliki kekuatan awakening yang sangat dahsyat. Buah iblis ini sudah sejak lama diincar oleh pihak Pemerintah Dunia, bahkan sejak 800 tahun yang lalu.

Nika sendiri merupakan sosok “Pejuang Kebebasan” yang diketahui selalu berusaha untuk membebaskan para budak, dan dia juga seiring membantu membebaskan berbagai wilayah yang terkena konflik. Selain itu, kekuatan awakening ini juga bisa membawa kebahagiaan dan tawa terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya.

Meskipun begitu, terdapat sebuah teori yang menarik yang berkembang di kalangan para fans. Teorinya sendiri menyebutkan bahwa sebenarnya buah iblis Luffy tersebut merupakan buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Hanuman. Meskipun mungkin terdengar kurang masuk akal, ada beberapa bukti yang dihadirkan untuk mendukung teori tersebut. Sama seperti buah iblis Mythological Zoan lainnya, cerita tentang Hanuman sang Dewa Kera juga berasal dari mitologi nyata.

Hanuman merupakan sosok mitologi dewa kera dalam kepercayaan Hindu. Dalam kisahnya, ketika Hanuman masih kecil, dia salah paham ketika melihat matahari yang sedang terbit. Hanuman menduga bahwa itu adalah buah, dan kemudian dia pun melompat ke langit untuk mengambilnya dan kemudian memakannya.

Dalam versi cerita yang lain, Indra, sang raja dari para dewa, kemudian mencegah Hanuman melakukan hal tersebut dan menyerangnya dengan petir. Serangan tersebut kemudian membunuh Hanuman dan mengembalikannya ke bumi. Dewa Shiwa melihat apa yang terjadi, dan kemudian membangkitkan kembali Hanuman dari kematian. Setelahnya, Indra justru memberikan Hanuman kekuatan dan kemampuan lain karena kesalahan yang dia lakukan terhadap Hanuman.

Teorinya juga menyebut bagaimana kekuatan yang dimiliki Hanuman memiliki kemiripan dengan kemampuan yang dimiliki Luffy. Misalnya, tubuh Hanuman diberkati oleh Indra agar menjadi tubuh yang kuat seperti senjata yang dia gunakan, Vajra. Hanuman pun menjadi tahan terhadap serangan petir berkat hal tersebut.

Hanuman pun mendapatkan kekuatan untuk merubah berat dan ukuran tubuhnya sesuka hati, serta tahan terhadap api. Monkey D. Luffy pun memiliki kemampuan yang sama sesuai penjelasan teorinya, yang mana cukup mengejutkan mengingat tubuh Luffy terbuat dari karet. Teknik Gears merubah ukuran tubuhnya, bentuknya, dan juga beratnya.

Luffy juga memiliki ketahanan terhadap api, di mana beberapa serangannya bahkan dilapisi oleh api, seperti Red Hawk dan Red Roc. Luffy pun tahan terhadap serangan Boro Breath milik Kaido. Yang juga epik, tubuh Luffy sekarang bukan hanya tahan terhadap api melainkan juga terhadap listrik dan racun. Selain kemampuan fisik, ada juga kemampuan lain yang dianggap mirip dengan kekuatan Hanuman lainnya.

Misalnya, kemampuan Hanuman untuk mengetahui hasrat orang lain mirip dengan kemampuan Observation Haki Luffy, dan kemampuan Luffy untuk membaca isi hati seseorang. Conqueror Haki Luffy pun sangat mirip dengan kekuatan kepemimpinan Hanuman, di mana seluruh makhluk hidup tunduk dan segan terhadap sosok Hanuman.

Juga, ada satu kemampuan Hanuman yang membuatnya bisa pergi kemana pun yang dia inginkan. Hal ini tentu terdengar mirip dengan mimpi dari Luffy yang ingin bebas sehingga dia bisa pergi kemana pun. Selain memiliki kemiripan dengan Hanuman, ada juga teori yang menyebutkan jika buah iblis Luffy tersebut sebenarnya mengadaptasi kekuatan dari Sun Wu Kong.

Dalam teorinya, Sun Wu Kong lahir dari batu mistis di mana batu mistis tersebut menyerap cahaya atau saripati matahari. Kekuatan yang dimiliki oleh Sun Wu Kong kurang lebih mirip dengan kekuatan yang dimiliki Hanuman, yang mana hal tersebut juga mirip dengan apa yang dimiliki oleh Luffy.

Cerita tentang Sun Wu Kong tersebut juga mirip dengan mitologi Dewa Matahari Nika, yang mungkin mendapatkan kekuatan dahsyatnya dari matahari. Sikap yang diperlihatkan oleh Sun Wu Kong, berupa keberanian dan pertemanan, juga diperlihatkan oleh Luffy dalam ceritanya. Luffy diperlihatkan tidak pernah takut melawan siapa pun, seperti saat ini di mana dia tidak takut untuk menghadapi Kaido.

Kemudian, Luffy pun selalu berhasil membuat teman baru atau membuat orang lain mau bertarung bersamanya. Hal ini bahkan diakui oleh Dracule Mihawk sebagai salah satu kekuatan paling mengerikan di lautan. Dan jika Geeks perhatikan, disadari atau tidak, nama depan Luffy, “Monkey,” memberikan petunjuk jelas bahwa kekuatan sempurna Luffy terinspirasi dari dua karakter mitologi tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.