Gorosei adalah salah satu kelompok yang ada di Pemerintah Dunia yang terdiri dari lima orang tua yang hingga sekarang masih belum terungkap namanya. Para Gorosei adalah orang-orang penting di Pemerintahan Dunia dan memiliki jabatan yang lebih tinggi dari pada masyarakat biasa. Bahkan, mereka adalah orang-orang yang memiliki akses langsung dengan Im Sama.

Selain sosok Im, Gorosei juga menjadi misteri besar sampai saat ini. Kita tidak tahu seberapa besar kekuatannya, dan bagaimana asal-usulnya. Bagaimana mereka bisa berada di posisi saat ini pun masih menjadi pertanyaan besar para fans. Meskipun begitu, ada beberapa petunjuk mengenai sosok Gorosei ini berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya.

Gorosei 1

Gorosei 1 ini memiliki bekas luka di bagian kiri wajahnya. Dia diperlihatkan menggunakan topi serta alat bantu tongkat untuk berjalan. Gorosei 1 ini juga sepertinya memiliki banyak pengetahuan, terlihat dari sosoknya yang lebih banyak berbicara saat Gorosei diperkenalkan. Dia juga sempat membahas mengenai koneksi Luffy dengan Garp dan pergerakan Blackbeard pasca perang Marineford.

Gorosei 1 ini juga yang mengungkapkan bahwa ada buah iblis legendaris yang selama ini masih misterius, dan diketahui belum ada orang yang berhasil membangkitkannya dalam 800 tahun terakhir. Dia juga yang meminta agar Luffy dihabisi, dengan memerintahkan CP-0 untuk menyerang Luffy saat pertarungan melawan Kaido.

Gorosei 2

Gorosei 2 nampak memiliki penampilan seperti tetua dalam cerita fiksi, di mana dia sangat tinggi dan memiliki janggut berwarna putih. Rambut panjangnya pun berwarna putih. Dalam peristiwa Ohara puluhan tahun lalu, dialah yang berbicara dengan Professor Clover melalui Denden Mushi. Dan tidak lama kemudian, dia juga yang mengaktifkan mode Buster Call.

Gorosei 2 ini sempat mempertanyakan mengenai koneksi antara Silvers Rayleigh dan Luffy, serta dia mengetahui bahwa Blackbeard tahu banyak tentang wilayah kekuasaan dari Whitebeard. Dan saat chapter 1044 kemarin, Gorosei 2 yang mengatakan bahwa buah iblis Zoan memiliki pikiran atau “jiwanya” sendiri.

Gorosei 3

Gorosei yang diketahui penampilannya diadaptasi dari sosok penting era Uni Soviet, Michael Gorbachev, ini merupakan Gorosei yang muncul dalam momen kilas balik Ohara. Gorosei ini yang kemudian memerintahkan Spandine untuk menembak Professor Clover karena hendak mengungkapkan nama asli dari Kerajaan Kuno. Gorosei ini sempat mengomentari tentang pengkhianatan yang dilakukan oleh Crocodile, serta bagaimana mereka tidak bisa membiarkan Luffy bebas.

Gorosei 3 ini adalah sosok yang mengingatkan Kuzan tentang kebiasaan uniknya yang senang untuk berkeliaran. Dan pasca perang besar menghadapi kelompok Whitebeard di Marineford, Gorosei ini juga yang kemudian membiarkan Blackbeard untuk bisa mengisi posisi Whitebeard sebagai Yonko.

Gorosei 4

Gorosei 4 merupakan salah satu karakter yang memiliki penampilan menarik, dibandingkan Gorosei lain. Dia tidak mengenakan setelan jas berwarna hitam, namun justru mengenakan pakaian berwarna putih. Dia juga menjadi satu-satunya Gorosei yang selalu membawa pedang besar di sampingnya. Pedang besar ini juga sebenarnya masih misterius, namun banyak spekulasi menyebutkan bahwa pedang tersebut adalah Shodai Kitetsu, yang menjadi salah satu pedang kualitas terbaik seperti halnya Murakumogiri milik Whitebeard.

Berdasarkan hal tersebut, artinya Gorosei 4 memiliki kemampuan berpedang yang sangat dahsyat, yang mungkin melebihi Mihawk. Dibandingkan Gorosei lain, Gorosei 4 cenderung tidak terlalu banyak dimunculkan dan tidak terlalu banyak berkomunikasi. Gorosei 4 adalah sosok yang menyebutkan tentang upaya Pemerintah Dunia yang sudah mencoba mendapatkan buah iblis Nika selama 800 tahun terakhir, namun gagal.

Gorosei 5

Gorosei 5 adalah Gorosei yang paling muda diantara yang lain. Rambut serta janggutnya berwarna pirang, berbeda dengan Gorosei lain yang berwarna putih. Dia juga memiliki bekas luka di dadanya. Gorosei 5 sempat menjadi Gorosei yang membahas tentang mengisi kekosongan Shichibukai dengan para bajak laut yang berpengaruh. Selain itu, dia juga yang kemudian mempertanyakan apakah Marco dan sisa-sisa kelompok Whitebeard serta tiga Yonko lainnya akan mampu menghentikan Blackbeard.

Gorosei 5 juga adalah sosok yang menyebutkan bahwa Pemerintah Dunia menghapus atau menghilangkan jejak tentang identitas asli buah iblis Nika. Dan dia juga yang kemudian menyebutkan bahwa nama asli buah iblis tersebut adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika serta berbagai kemampuan dan keunikannya.

Sampai waktu yang belum diketahui, sepertinya Gorosei masih akan tetap menjadi sebuah misteri besar. Meskipun banyak yang berharap bahwa sosok Gorosei ini akan terungkap juga di arc Wano, namun sepertinya kecil kemungkinan hal tersebut terjadi. Bisa jadi Oda akan mulai memberikan penjelasan mengenai para Gorosei ini pada arc selanjutnya, sekaligus menjadi petunjuk mengenai akhir dari cerita One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.