Salah satu perdebatan terbesar dalam universe Naruto adalah siapa sosok Uchiha yang paling kuat. Sebagian beranggapan bahwa Madara Uchiha adalah yang terkuat. Ada juga yang yang menyebutkan bahwa Uchiha Sasuke yang merupakan Uchiha terkuat, apalagi setelah dia memiliki Rinnegan. Ada juga yang beranggapan bahwa yang terkuat adalah Itachi Uchiha.

Berbicara mengenai Itachi Uchiha, sebenarnya ada pendapat juga yang mengatakan bahwa level kekuatan Itachi Uchiha masih berada di bawah rekannya yaitu Shisui. Sosok Shisui Uchiha merupakan salah satu karakter dari klan Uchiha yang tidak kalah populer, meskipun kemunculannya hanya sebentar di ceritanya. Shisui juga merupakan salah seorang Jonin Konoha dengan talenta dan skill yang luar biasa.

Itachi sendiri melihat sosok Shisui seperti saudara atau kakaknya sendiri, yang mana saat itu Shisui sudah bertransformasi menjadi seorang shinobi mematikan yang bergabung dengan tim ANBU. Shisui merupakan salah satu pelindung Konoha. Dia melindungi desanya dari berbagai musuh yang ada dengan kemampuan dahsyat yang dia miliki seperti teknik Body Flicker, yang mirip layaknya sebuah teleportasi.

Kemampuan bertarung dan juga kemampuan taktikal yang dia miliki membuat Shisui menjadi sosok yang legendaris, meskipun usianya masih sangat muda. Semua hal tersebut terjadi berkat Mangekyou Sharingan yang bangkit dalam dirinya. Pada suatu saat ketika perang besar shinobi ketiga, Shisui menyaksikan seseorang yang dekat dengannya tewas.

Hal tersebut yang kemudian menjadi faktor bangkitnya Mangekyou Sharingan dalam dirinya. Dengan menggunakan Mangekyou Sharingan, Shisui bisa memanipulasi orang-orang dan musuhnya dalam sebuah mimpi atau ilusi berkat teknik Genjutsu. Kedahsyatan dari Genjutsu Shisui ini pun diakui oleh Hiruzen Sarutobi. Dan bahkan, dia pun meminta Shisui untuk menggunakan Genjutsu miliknya demi menghentikan rasa haus mereka akan kekuasaan akan peperangan.

Sayangnya, kekuatan Shisui yang sangat luar biasa ini pun mengundang niat jahat dari sosok lainnya, Danzo. Danzo, yang sangat haus akan kekuasaan dan kekuatan, selalu berusaha untuk mendapatkan kekuatan Mangekyou Sharingan milik Shisui. Tujuannya tidak lain adalah untuk menguasai Konoha.

Momen menyedihkan pun kemudian muncul di mana Shisui memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara melompat ke sungai Naka. Sebelum memutuskan untuk mengakhiri hidupnya, Shisui sempat memberikan mata terakhir yang dia miliki kepada Itachi, setelah mata Shisui yang lain berhasil dicuri oleh Danzo.

Peristiwa ini tidak pelak membuat Itachi sedih dan terpukul, yang mana ini juga yang kemudian membangkitkan Mangekyou Sharingan Itachi. Itachi pun kemudian memutuskan untuk berpura-pura membunuh Shisui, agar Sasuke bisa membalas dendam atas semua perbuatan yang dialami dan dilakukan oleh Danzo.

Shisui Masih Hidup?

Kematian dari Shisui tidak diragukan lagi merupakan kisah yang tragis. Namun, kematian Shisui ini pun memunculkan perdebatan di kalangan para fans. Sebagian besar fans berspekulasi bahwa Shisui sebenarnya masih hidup. Bagaimana kemudian Shisui bisa masih hidup ketika dia diperlihatkan melompat dari air terjun? Dalam kehidupan nyata, mereka yang melompat dari air terjun sering kali diperlihatkan tidak akan selamat.

Terdapat sebuah teori yang menyebutkan bahwa alasan mengapa kemudian Shisui dianggap masih hidup adalah karena tidak pernah ditemukan mayat atau jenazah dari Shisui. Hal tersebut pun memunculkan spekulasi seperti di atas, yang mana memang bisa saja terjadi. Apalagi, sebagai seorang Uchiha, mungkin daya tahan tubuh Shisui sangatlah luar biasa.

Di sisi lain, upaya menghabisi dirinya sendiri pun bisa jadi adalah salah satu trik seperti yang dilakukan oleh Itachi, dengan berpura-pura menjadi pembunuh dari Shisui. Meskipun begitu, sampai saat ini, Masashi Kishimoto sendiri belum memberikan petunjuk apa pun tentang kemungkinan Shisui masih hidup. Yang mana artinya pertanyaan mengenai apakah Shisui masih hidup, maka jawaban pastinya adalah tidak. Shisui sudah dipastikan tewas.

Namun, seperti disebutkan di atas, dengan tidak adanya bukti berupa jenazah Shisui mungkin saja sebenarnya dia masih hidup. Kemudian, seperti yang dilakukan oleh Amado terhadap Jiraiya dengan membuat kloning Kashin Koji, bukan hal mustahil juga jika kemudian ada kloning dari Shisui yang kemudian muncul dalam ceritanya.

Jika hal tersebut memang terbukti, tentunya akan sangat luar biasa dan akan menjadi topik pembahasan di kalangan fans. Tetapi, yang pasti, untuk sekarang bisa dipastikan bahwa Shisui sudah tewas setelah melompat dari air terjun. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.