Pertarungan antara Luffy dan Kaido kembali dimulai dalam chapter terbaru di seri One Piece. Namun, yang berbeda adalah dalam kelanjutan pertarungan kali ini Luffy menggunakan kekuatan terbarunya yaitu Gear 5. Selain itu, kita juga disuguhkan oleh berbagai fakta-fakta menarik lainnya yang selama ini “disembunyikan” oleh Oda Sensei dan baru dihadirkan sekarang.

Misalnya, fakta mengenai buah iblis Luffy yang ternyata nama aslinya berbeda dengan apa yang kita ketahui selama 20 tahun terakhir. Kemudian, kita akhirnya tahu bahwa Pemerintah Dunia ternyata juga mengincar buah iblis Luffy. Karena, mereka tahu bahwa buah iblis Luffy tersebut sangat luar biasa yang bisa kita lihat saat ini ketika awakening. Lalu, apa yang terjadi pada chapter selanjutnya?

Gabungan Kekuatan Buah Iblis

Kaido sempat mengatakan bahwa Luffy sudah tewas setelah dia terkena serangan kanabonya. Namun, ternyata dia kembali dengan kemampuan baru. Kaido sendiri sempat terkejut dengan kemampuan baru Luffy tersebut, dan setelah menganalisa kekuatannya, Kaido sendiri menyimpulkan bahwa buah iblis Luffy memang bukan buah iblis biasa. Kaido bahkan mengakui bahwa dia belum pernah melihat hal itu sebelumnya.

Luffy mampu mengubah sekitarnya, dan dia pun memiliki kemampuan transformasi. Dua kekuatan itu merupakan ciri-ciri dari kekuatan jenis buah iblis Paramecia dan Zoan. Kaido sendiri sebenarnya masih merasa bingung dengan buah iblis tersebut. Apakah Hito Hito no Mi, Model: Nika merupakan varian baru buah iblis? Mungkin juga bahwa seperti halnya Mochi Mochi no Mi, buah iblis Nika adalah buah iblis yang spesial.

Berbagai Kemampuan Baru Gear 5

Dalam chapter ini, kita pun diperkenalkan dengan beberapa kemampuan baru yang ada di Gear 5. Setelah sebelumnya Luffy mampu mengubah sekitarnya menjadi karet, Luffy memiliki teknik Gomu Gomu baru yaitu Escape Rocket. Teknik ini digunakan oleh Luffy kabur dari dalam tubuh Kaido. Luffy akan berubah menjadi besar di dalam tubuh Kaido, dan kemudian dia akan melompat keluar dari mulut Kaido dengan cepat.

Teknik lainnya adalah Gomu Gomu Gigant, di mana teknik ini mirip seperti kemampuan dari Sanjuan Wolf di mana tubuh Luffy benar-benar berubah menjadi raksasa. Bahkan, ukurannya pun melebihi ukuran tubuh Kaido. Terakhir adalah Gomu Gomu no Nawatobi, di mana Luffy mengubah tubuh Kaido seolah-olah menjadi tali dalam permainan lompat tali.

Menjadi Sebuah Pertunjukan

Satu hal yang menarik yang muncul dari kemampuan Gear 5, jika Geeks perhatikan, adalah bagaimana Oda Sensei menghadirkan sosok Luffy dengan karakter yang lucu dan penuh dengan tawa. Dan jika Geeks perhatikan juga di chapter sebelumnya, salah satu hal komedi/lucu yang dihadirkan Luffy dalam Gear 5 miliknya adalah bagaimana matanya yang selalu keluar saat dia merasa kesakitan atau terkejut.

Hal tersebut mirip dengan apa yang dihadirkan dalam gambar komik atau kartun. Dan ternyata Kaido sendiri beranggapan seperti itu. Kaido berpendapat jika kemampuan Luffy mirip cerita komik, dan yang menarik adalah bagaimana “kemampuan” tersebut juga memengaruhi karakter lainnya. Kita bisa melihat bagaimana Law, Tama, Chopper, Nami, dan Kid yang terkejut dengan perubahan Luffy dan matanya keluar seperti karakter kartun.

Kekuatan Luffy Tanpa Batas

Gaya bertarung Luffy benar-benar berubah saat menggunakan Gear 5. Dia benar-benar menggunakan kekuatannya semaunya, dan seolah Luffy tidak memiliki pola bertarung. Hal ini pun diakui oleh Kaido, di mana Luffy memadukan Armament Haki dan Conqueror Haki dan berubah menjadi sosok yang mengerikan. Namun, efek dari hal tersebut adalah energi tubuh Luffy akan terkuras dengan habis.

Yang menarik adalah Luffy memang diperlihatkan kelelahan dan bahkan hampir tewas. Tetapi, dia kemudian kembali bangkit seiring dengan suara detak jantung dan suara genderang kebebasan berbunyi. Luffy sendiri bahkan mengatakan untuk membuat suara genderang kebebasan berbunyi lebih keras. Dan setelah itu, Luffy kembali bangkit dan pulih. Apakah artinya kekuatan dari Gear 5 berasal dari genderang kebebasan?

Gear 5 benar-benar menghadirkan sesuatu yang sangat luar biasa, yang bisa dibilang hampir tidak pernah dihadirkan sebelumnya dalam cerita One Piece. Luffy benar-benar berubah menjadi sesuatu yang baru, sosok yang hampir tidak terkalahkan. Menarik tentunya untuk menantikan apakah dengan form terbaru Luffy ini dia akan mampu mengalahkan Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.