Seperti halnya di dunia shinobi dalam franchise Naruto, di dunia yang penuh dengan kutukan dan sihir seperti Jujutsu Kaisen ada banyak hal yang menarik dan luar biasa yang diperkenalkan dalam ceritanya. Salah satunya adalah teknik kutukan yang biasa digunakan oleh para monster kutukan atau penyihir Jujutsu saat mereka saling bertarung.

Gege Akutami sudah memperkenalkan banyak teknik kutukan (cursed technique) dalam ceritanya, contohnya adalah Black Flash milik Yuuji Itadori. Namun, ada satu teknik kutukan yang bisa dibilang sangat luar biasa yang hanya bisa dilakukan oleh para penyihir dengan level tinggi yaitu Reversed Cursed Technique atau Teknik Kutukan Terbalik.

Apa Itu Reversed Cursed Technique?

Untuk bisa memahami mengapa kemudian teknik ini dianggap sangat luar biasa dan hanya bisa digunakan oleh para penyihir hebat, kita sebelumnya perlu tahu terlebih dahulu apa sebenarya Reverse Cursed Technique. Menurut apa yang dihadirkan dalam ceritanya, Reversed Cursed Technique merupakan proses yang membutuhkan dua sumber energi kutukan.

Dua energi kutukan tersebut kemudian dikalikan, yang mana hasil yang muncul adalah positif. Simpelnya, seperti halnya rumus dalam matematika, jika negatif dikalikan dengan negatif maka hasilnya adalah positif. Energi kutukan menghasilkan energi negatif, yang mana jika kemudian dua energi kutukan bertemu makan akan muncul energi positif yang kemudian disebut sebagai Reversed Cursed Technique.

Meskipun secara teori terdengar mudah, dalam prosesnya seseorang yang hendak menggunakan teknik luar biasa ini membutuhkan kendali yang sensitif dan juga ketepatan terhadap energi kutukan. Karena prosesnya yang sulit, tidak semua penyihir Jujutsu atau pun monster kutukan mampu menggunakan teknik ini. Teknik ini biasanya digunakan selain untuk membunuh monster kutukan, juga untuk menyembuhkan manusia.

Ketika monster kutukan level tinggi bisa menyembuhkan dirinya sendiri karena mereka terbuat dari energi negatif, maka untuk bisa menyembuhkan luka yang diderita oleh manusia, seorang penyihir Jujutsu harus mengkonversikan atau merubah energi negatif yang ada menjadi energi positif sebelum kemudian diaplikasikan kepada mereka yang terluka.

Mereka Yang Memiliki Teknik Ini

Gojo Satoru: Gojo Satoru adalah penyihir Jujutsu terkuat saat ini. Gojo diketahui berhasil membangkitkan potensi terbesar dalam dirinya, dan dia pun memiliki berbagai teknik kutukan level tinggi seperti Limitless. Gojo pun diketahui memiliki kemampuan untuk bisa menyembuhkan dirinya sendiri dengan memanfaatkan Reverse Cursed Technique setelah dia terluka parah akibat diserang oleh Fushiguro Toji dalam arc Star Plasma Vessel.

Ieri Shoko: Ieri Shoko mungkin adalah karakter yang tidak terlalu sering muncul dalam ceritanya. Dia adalah dokter di SMK Jujutsu Tokyo dan merupakan rekan satu tim dari Gojo saat masih masih menjadi murid. Kekuatan terbesar dari Ieri Shoko terletak pada kemampuan Reversed Cursed Technique yang dia gunakan untuk menyembuhkan orang-orang. Karena kemampuan ini sangat jarang dimiliki oleh penyihir Jujutsu Lain, Ieri Shoko pun menjadi karakter yang sangat berharga di sekolah tersebut, di mana dia selalu siap siaga untuk mengobati para penyihir Jujutsu yang terluka saat misi berlangsung.

Ryomen Sukuna: Sang Dewa Kutukan di seri Jujutsu Kaisen, Ryomen Sukuna, adalah karakter yang kekuatannya sudah melampaui berbagai monster kutukan lainnya yang masuk dalam kategori “spesial.” Cadangan energi kutukan dalam dirinya benar-benar sangat epik, dan kemampuan manipulasi energi kutukan dari Ryomen Sukuna hanya bisa ditandingi oleh Gojo Satoru. Jadi, rasanya tidak heran jika kemudian Sukuna bukan hanya bisa mengobati atau menyembuhkan dirinya sendiri dengan teknik Reversed Cursed Technique, tetapi dia juga bisa mengobati orang lain, seperti yang dia lakukan terhadap Megumi Fushiguro di arc Shibuya.

Uraume: Uraume merupakan karakter yang hanya muncul sekilas di awal seri Jujutsu Kaisen, sebelum kemudian dia mendapatkan lebih banyak sorotan di arc Shibuya. Meskipun masih ada banyak hal yang misterius dari sosoknya, satu hal yang diketahui tentang Uraume adalah dia memiliki teknik Reversed Cursed Technique untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Meskipun Uraume tidak bisa menetralisir racun dari teknik Piercing Blood milik Choso, namun Uraume mampu menyembuhkan luka fisik dengan sangat baik.

Yuta Okkotsu: Disebut-sebut sebagai penyihir Jujutsu terhebat selanjutnya setelah Gojo Satoru, Yuta Okkotsu memang diketahui memiliki banyak kemampuan yang luar biasa. Dan Reversed Cursed Technique adalah salah satu diantaranya. Kemampuan Yuta dalam teknik kutukan spesial tersebut diperlihatkan di akhir arc Shibuya, di mana dia berhasil menyelamatkan Itadori dengan membunuhnya dan kembali menyelamatkan nyawanya. Kemampuan Yuta untuk menggunakan teknik ini pun sangat luar biasa, di mana dia mampu menyembuhkan orang lain. Bahkan, bukan hanya satu orang saja, melainkan beberapa orang sekaligus.

Dengan fakta bahwa Reversed Cursed Technique adalah kemampuan yang luar biasa, karena prosesnya yang rumit, bisa dipahami bahwa untuk menguasai teknik ini dibutuhkan keahlian tertentu. Mereka yang bisa menggunakan teknik ini memang rasanya patut dianggap spesial dan luar biasa. Mungkin, masih akan ada karakter luar biasa lainnya yang mampu menggunakan teknik ini dan kedepannya bisa jadi teknik luar biasa ini memegang peranan penting dalam ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.