Universe dari seri manga populer saat ini, Jujutsu Kaisen, semakin besar dan juga menarik dengan dirilisnya setiap episode terbaru animenya atau chapter terbaru dari seri manga orisinalnya. Namun, ternyata film layar lebar perdana dari serinya, Jujutsu Kaisen 0, semakin memperbesar dan memperluas universe dari franchisenya, sistem pertarungan, dan bahkan para karakter.

Bukan hanya kita melihat lebih dalam cerita dari sosok villain Suguru Geto, namun kita juga diperlihatkan lebih dalam lagi mengenai dunia di seri Jujutsu Kaisen secara keseluruhan. Di musim pertama seri animenya kita diperkenalkan bahwa ada dua sekolah sihir Jujutsu yang ada di dunia; SMK Jujutsu Tokyo dan SMK Jujutsu Kyoto.

Tokyo dan Kyoto dianggap sebagai dua lokasi yang penting dan signifikan dalam dunia sihir Jujutsu. Tetapi, dalam salah satu poin di film Jujutsu Kaisen 0, sosok penyihir terkuat di dunia, Gojo Satoru, sempat menyebutkan bahwa ada SMK sihir Jujutsu lainnya di dunia ini selain yang ada di Tokyo dan Kyoto, yaitu Ainu School. Fakta ini tentunya kemungkinan akan memiliki implikasi dalam petualangan besar selanjutnya di franchise ini.

Apa Itu Ainu Society?

Sampai sejauh ini, Jujutsu Kaisen masih belum memberi tahu secara gamblang apa itu Ainu Society. Nama Ainu dalam seri Jujutsu Kaisen merujuk pada suku asli penduduk Jepang, Ainu, yang tinggal dan menghuni wilayah paling utara di Jepang, yaitu Hokkaido. Gege Akutami sepertinya memang sengaja ingin memasukan atau menyelipkan budaya atau unsur Ainu ke dalam ceritanya.

Ainu Society sendiri sempat disinggung dalam seri manganya, terutama dalam arc Cursed Child. Dalam cerita “Night Parade of Hundred Demons” yang merupakan momen mengerikan yang didalangi oleh Suguru Geto, di mana dia melepaskan ribuan monster kutukan untuk menyerang manusia, para penyihir Jujutsu meminta bantuan semua pihak termasuk masyarakat Ainu (Ainu Society).

Masyarakat Ainu sendiri sepertinya memiliki sejarah tersendiri dan juga cerita yang panjang di dunia sihir Jujutsu. Juga, dalam chapter 148 kemarin diketahui bahwa wilayah Hokkaido kemungkinan adalah wilayah yang juga penting bagi dunia Jujutsu. Yang menarik adalah terdapat sebuah teori yang berkembang di kalangan fans, bahwa sebenarnya Yuji Itadori merupakan keturunan dari suku Ainu. Dan nama aslinya adalah Itadori-maru.

Kemunculan Karakter AinuĀ 

Film Jujutsu Kaisen 0 pada intinya memperlihatkan secara lebih luas tentang dunia kutukan yang ada dalam ceritanya, serta eksplorasi yang lebih mendalam mengenai bagaimana kemudian sosok Suguru Geto mendapatkan kekuatan yang sangat dahsyat dan menjadi sosok villain yang mengerikan. Kita juga disuguhkan berbagai monster atau karakter yang menjadi pengikut dari Geto dan bagaimana cara kerja dari sihir Inumaki.

Namun, yang menjadi salah satu perhatian dalam filmnya adalah bagaimana Gojo Satoru sempat menyinggung mengenai sekolah sihir Ainu, sebagai salah satu sekolah sihir yang ada di Jepang selain di Tokyo dan Kyoto. Artinya, sejauh ini, Jepang sendiri memiliki tiga sekolah sihir yang tersebar di tiga region atau wilayah.

Dengan direferensikannya sekolah sihir Ainu ini tentunya semakin menambah besar mitologi karakter dalam franchise Jujutsu Kaisen, dan ini tentu menjanjikan perkembangan yang menarik di masa yang akan datang. Yang paling menarik adalah dua sekolah sihir yang ada merupakan bentuk representasi dari sekolah modern yang ada di Jepang. Mulai dari seragam, sistem kelas, dan bahkan dari segi arsitekturnya.

Semua elemen tersebut menjadi elemen yang sangat dekat dan familiar dengan para fans serinya di Jepang. Namun, perbedaan kontras sepertinya akan dihadirkan untuk sekola sihir Ainu yang mana kemungkinan semua elemen dari sekolah tersebut akan diadaptasi dari budaya tradisional masyarakat Ainu. Bukan hanya elemen yang sudah dihadirkan sebelumnya, elemen lain seperti bagaimana muridnya berbicara dalam bahasa tradisional, teknik sihir mereka, dan sebagainya mungkin akan mengadaptasi budaya-budaya dari suku Ainu.

Seperti yang disebutkan di atas, Ainu adalah penguni asli pulau wilayah Hokkaido. Bahkan, mereka pun menjadi penduduk asli di sebagian wilayah Russia yang berbatasan dengan Hokkaido. Menjadi suku minoritas di era modern Jepang, suku Ainu dalam serinya baru dihadirkan sedikit saja.

Mungkin, mereka masih akan menghadirkan cara yang sama, dengan menghadirkan referensi atau semacamnya sebelum kemudian Gege Akutami akan menghadirkan secara penuh tentang suku Ainu tersebut. Gaya bertarung dan teknik kutukan dari sekolah sihir Ainu mungkin akan terinspirasi dari kepercayaan tradisional Ainu dan kemampuan berburu mereka, baik secara fungsi atau pun dari segi estetikanya. Hal tersebut tentu akan membuat Jujutsu Kaisen menjadi sebuah cerita yang jauh lebih menarik lagi.

Seri Jujutsu Kaisen yang Representasikan Ainu

Di abad ke 21 ini seri anime dan juga manga menjadi medium yang banyak menghadirkan atau merepresentasikan berbagai komunitas atau identitas yang ada di dunia. Dan seri Jujutsu pun bisa mengikuti tren tersebut, jika kemudian serinya memang akan menghadirkan kisah atau cerita tentang sekolah sihir Ainu. Di sisi lain, ini bisa jadi sarana untuk “memperkenalkan” suku Ainu kepada generasi yang jauh lebih muda.

Jujutsu Kaisen mungkin bisa mengikuti jejak seri klasik Shaman King dalam hal ini. Shaman King menghadirkan seorang karakter yang berasal dari suku Ainu, yaitu Horokeru Usui, yang mana penampilan dan gaya bertarungnya merefleksikan warisan dari kebudayaan Ainu. Artinya, jika seri klasik seperti Shaman King mampu melakukan hal tersebut, maka seri populer seperti Jujutsu Kaisen pun dirasa juga bisa mengikuti jejak serinya dengan mengksplor dunia sihir di wilayah utara Hokkaido.

Mungkin, suatu hari, serinya akan mempertemukan Yuji Itadori dan juga teman-temannya dengan para penyihir dari suku Ainu dan akan memperlihatkan kepada mereka bagaimana uniknya dan luar biasanya teknik sihir dari suku Ainu, yang menjadi sebuah dunia baru bagi mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.