Pada tahun 2020 lalu, tepatnya tanggal 12 November 2020, Sony resmi meluncurkan konsol generasi terbaru mereka yaitu PS5. Peluncuran PS5 tidak semulus yang dibayangkan. Pasalnya, PS5 diluncurkan ditengah pandemi, dan berbagai masalah pengiriman yang terjadi. Selain itu, ada masalah lain yang dihadapi yaitu kelangkaan komponen semikondukter (chip) yang membuat produksi PS5 menjadi sangat terhambat. Dampaknya, harga PS5 menjadi meroket.

Hingga saat ini, PS5 masih sangat sulit didapat. Sekalinya ada, harganya naik signifikan. Diprediksi bahwa langkanya PS5 akan berlanjut sepanjang 2022, meskipun restocking rutin dilakukan setiap bulan. Ditengah kelangkaan ini, ada kabar yang menyebut bahwa Sony akan menghadirkan varian baru PS5, yaitu PS5 Pro. Kabar tersebut datang dari channel YouTube RedGamingTech, di mana mereka sering membahas perangkat keras PC dan konsol.

Menurut RedGamingTech, Sony saat ini sedang mengembangkan konsol PS5 Pro, dan mereka memprediksi bahwa Sony akan merilisnya antara tahun 2023 atau 2024. Kabarnya, PS5 Pro akan memiliki sejumlah peningkatan performa, dan menggunakan prosesor 4nm TMSC. Namun yang harus dicatat, semua informasi tersebut masih sebatas rumor dan belum dikonfirmasi oleh pihak Sony.

Ada bukti lainnya yang memperkuat bahwa Sony tengah mengembangkan PS5 Pro. Awal bulan lalu, ada beberapa catatan pengiriman yang ditemukan oleh TweakTown. Catatan tersebut menunjukkan bahwa Sony Interactive Entertainment telah mengirim ribuan kotak kit ke Amerika Serikat, dan pengiriman tersebut dilakukan selama beberapa bulan terakhir. Entah apa yang dilakukan Sony, mudah-mudahan mereka akan segera mengkonfirmasi kebenaran kabar ini.

Munculnya kabar ini tentu saja menimbulkan pro dan kontra. Jika kabar ini benar, banyak penggemar yang menyayangkan keputusan Sony membuat PS5 Pro, ditengah kelangkaan yang terjadi. Masih ada begitu banyak penggemar PlayStation yang belum memiliki PS5. Tetapi sepertinya, Sony melakukan pendekatan yang sama persis seperti yang mereka lakukan pada PS4. Sekedar informasi, PS4 Pro dirilis tiga tahun setelah PS4 diluncurkan. Maka sangat masuk akal jika di tahun 2023, tepatnya di bulan November, Sony akan merilis PS5 Pro.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/