Film terbaru dari seri populer, Jujutsu Kaisen, yaitu Jujutsu Kaisen 0, memperkenalkan kepada para penggemar tentang sosok Yuta Okkotsu yang merupakan protagonis utama dalam cerita di filmnya. Siapa sebenarnya Yuta Okkotsu? Seberapa kuat sosoknya? Dan bagaimana perannya dalam cerita di seri Jujutsu Kaisen? Sosok Yuta Okkotsu memang mungkin masih asing di telinga para fans anime serinya.

Meskipun begitu, sebenarnya nama Yuta Okkotsu sendiri sempat disebut atau direferensikan dalam ceritanya. Hal ini bisa dilihat dalam momen Kyoto Goodwill, di mana dalam ceritanya kita diperkenalkan dengan sosok Aoi Todo dan Mai Zenin yang berasal dari SMK Jujutsu Kyoto. Saat itu, Aoi Todo bertanya mengapa SMK Jujutsu Tokyo tidak mengikutsertakan Yuta.

Aoi justru menyerang Megumi Fushiguro karena dia begitu bernafsu untuk bisa bertarung menghadapi Yuta Okkotsu. Mengapa kemudian Aoi Todo sangat ingin bertarung dengan sosok Yuta? Sepertinya hal ini memang ada kaitannya dengan kekuatan dan kemampuan yang dia miliki. Lalu, seberapa kuat sebenarnya Yuta Okkotsu?

Energi Kutukan yang Dia Miliki

Hal pertama yang disadari oleh rekan-rekannya di SMK Jujutsu saat pertama kali bertemu dengan Yuta adalah jumlah energi kutukan yang dia miliki. Yuta Okkotsu diketahui memiliki jumlah energi kutukan yang sangat luar biasa. Bahkan, disebut-sebut jumlah energi kutukan yang dia miliki hampir tidak terbatas.

Yang juga epik adalah jumlah energi kutukan yang dimiliki oleh Yuta mampu melebihi jumlah energi kutukan yang dimiliki oleh karakter dan penyihir Jujutsu terkuat di serinya, Gojo Satoru. Dengan energi kutukan merupakan sumber kekuatan utama dari semua hal dalam seri Jujutsu Kaisen dan jumlah energi kutukan yang dimiliki Yuta, artinya dia bisa melakukan peningkatan kekuatan, kecepatan, dan semua hal tanpa perlu khawatir kehabisan energi kutukan.

Yuta bahkan mampu melapisi senjata yang dia gunakan dengan energi kutukan, yang mana hal tersebut membuat Yuta mampu menghasilkan daya hancur yang dahsyat. Semua energi kutukan tersebut tentu tidak akan berguna jika Yuta tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Beruntung, Yuta berhasil mengembangkan berbagai cara untuk mamanipulasi energi kutukannya.

Yuta juga diketahui mampu melakukan sebuah teknik kutukan terbalik (reverse cursed technique), sebuah kemampuan yang sangat langka yang membuat Yuta mampu menyembuhkan dirinya sendiri dan juga rekannya, dengan cara merubah energi negatif yang ada dalam dirinya menjadi energi positif.

Hanya sedikit penyihir Jujutsu dan juga monster kutukan yang memiliki kemampuan seperti itu, dan lebih sedikit lagi dari mereka yang mampu memiliki kemampuan untuk menyembuhkan. Kemampuan terbaru yang diketahui tentang sosok Yuta adalah bagaimana dia mampu menirukan kemampuan atau teknik kutukan milik orang lain.

Dalam seri manganya, Yuta pernah mempraktikan hal tersebut dengan menirukan kemampuan Toge Inumaki. Meskipun begitu, masih menjadi sebuah pertanyaan besar seberapa banyak kemampuan yang bisa dia tirukan dan apakah ada batas kemampuan yang membuatnya tidak bisa lagi menirukan kemampuan musuh. Selain kemampuan Toge Inumaki, Yuta juga diperlihatkan pernah menirukan teknik Ten Shadows milik Fushiguro dan Limitless milik Gojo.

Rika

Meskipun kemampuannya sangat dahsyat dan level energi kutukannya sangat melimpah, satu hal yang membuat Yuta Okkotsu menjadi sosok yang diperhitungkan adalah rekannya, monster kutukan bernama Rika. Rika diketahui merupakan monster kutukan yang mampu berpikir dan bergerak sendiri. Dia juga disebut-sebut mampu untuk menghancurkan seluruh kota.

Suguru Geto, seorang penyihir Jujutsu yang gemar mengumpulkan para monster kutukan, bahkan menyebut Rika sebagai “Ratu Kutukan.” Geto bahkan memiliki rencana untuk kemudian menangkap Rika dan membuatnya menjadi salah satu koleksinya. Geto menyebutkan bahwa dengan memiliki Rika, peluangnya untuk menang meningkat tajam dari 20-30% menjadi 99%.

Meskipun Rika adalah monster kutukan yang berbahaya, namun di bawah kendali Yuta, Rika bisa berubah menjadi sebuah “senjata” yang mengerikan. Rika bisa membuat serangan Yuta menjadi semakin dahsyat dengan menambah jarak serangnya, atau menyimpan benda serta energi kutukan di dalam tubuh Rika. Dengan begitu, dalam situasi darurat Yuta masih bisa mengandalkan energi kutukan yang tersimpan di tubuh Rika.

Seperti yang disebutkan di atas, Rika mampu bergerak dan berpikir sendiri. Namun, insting dalam dirinya selalu berusaha melindungi sosok Yuta tanpa perlu mendapatkan perintah. Ini pun menjadi bukti bahwa Yuta memiliki perlindungan tambahan dari sosok Rika. Bagi Yuta, Rika adalah sumber kekuatan yang tidak akan mampu untuk dihentikan oleh siapa pun.

Seberapa Kuat Yuta di Masa Depan?

Meskipun Jujutsu Kaisen 0 hanya memperlihatkan cerita awal dari petualangan seorang Yuta Okkotsu, namun dalam chapter terbaru di seri manganya, kita bisa melihat seberapa dahsyat perkembangan yang sudah dialami oleh Yuta sejauh ini. Bukan hanya dia menjadi jauh lebih percaya diri dengan kekuatan yang dia miliki, Yuta pun kini memiliki kemampuan untuk menggunakan Domain Expansion.

Dengan kemampuannya untuk bisa menirukan teknik orang lain, ada kemungkinan Domain Expansion yang dimiliki oleh Yuta diciptakan untuk menandingi kemampuan atau kekuatan Domain Expansion milik musuhnya. Jika hal ini benar, maka artinya Yuta akan semakin sulit untuk dikalahkan oleh siapa pun.

Dengan memperhatikan semua hal yang dijelaskan di atas, rasanya memang wajar jika kemudian Yuta Okkotsu adalah salah satu dari empat penyihir Jujutsu yang berada pada level spesial. Belum lagi, cerita dari Yuta kemungkinan masih cukup panjang, membuat dia bisa saja menjadi karakter paling kuat di sepanjang serinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.