Buah iblis Gomu Gomu milik Luffy ternyata tidak seperti yang kita pikirkan selama dua dekade terakhir ini, seperti diperlihatkan dalam chapter 1044. Sejak awal seri One Piece diperkenalkan pada akhir 1990an, para fans diberi tahu bahwa Luffy adalah pemakan buah iblis Gomu Gomu, buah iblis berjenis Paramecia yang memberikan Luffy kemampuan di mana tubuhnya bisa menjadi elastis seperti karet.

Luffy tidak sengaja memakan buah iblis Gomu Gomu yang didapatkan oleh kelompok bajak laut Rambut Merah saat mereka tiba di desa Fusha. Setelah Luffy memakan buah iblis tersebut, dia pun mulai melatih kemampuannya sejak saat itu. Kemampuan ini menjadi andalan Luffy dalam petualangannya sebagai bajak laut.

Berbagai musuh-musuh kuat berhasil Luffy kalahkan dan taklukan dengan memanfaatkan kekuatan Gomu Gomu. Luffy pun bahkan berhasil mengembangkan kemampuan dan kekuatan buah iblisnya ke tahap yang lebih tinggi. Misalnya, saat dia berhasil menyelesaikan latihannya selama dua tahun di Rusukaina. Luffy pun pada akhirnya berhasil membangkitkan Gear 4 yang dahsyat.

Tetapi, fakta baru kemudian muncul di chapter 1044 ini di mana semua hal yang kita ketahui selama ini ternyata salah. Ternyata, buah iblis Gomu Gomu bukanlah nama asli dari buah iblis yang Luffy konsumsi. Nama asli dari buah iblisnya sendiri adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika. Jenis dari buah iblisnya pun berbeda dari yang kita ketahui.

Buah iblis tersebut bukanlah berjenis Paramecia, melainkan Zoan, tepatnya Zoan mitologi. Sebenarnya, petunjuk mengenai hal ini sempat diperlihatkan oleh Oda Sensei di chapter sebelumnya, di mana para Gorosei sempat mendiskusikan mengenai buah iblis legendaris. Buah iblis tersebut diketahui belum pernah bangkit selama ratusan tahun.

Selain itu, yang juga menarik adalah para Gorosei mengatakan bahwa nama asli dari buah iblisnya sendiri memang sengaja disembunyikan, dengan cara merubah nama aslinya. Dan pada chapter 1044 ini diketahui bahwa pihak Pemerintah Dunia ternyata sudah 800 tahun mencoba untuk mendapatkan buah iblis tersebut, namun upaya mereka tersebut selalu gagal.

Yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian adalah mengapa pihak Pemerintah Dunia berusaha untuk menutupi jejak buah iblis tersebut dengan memalsukan namanya? Salah satu alasan yang paling logis adalah karena mereka berusaha untuk “menutupi” kemampuan dan potensi dari buah iblisnya. Dalam informasi yang diperlihatkan mengenai awakening Luffy di chapter 1044, rasanya memang bisa dipahami seberapa dahsyat buah iblis tersebut.

Pertama, Luffy akhirnya mampu merubah tubuhnya menjadi karet. Kedua, kekuatannya meningkat drastis dan juga kecepatannya. Luffy menjadi mampu melompat dengan lebih tinggi. Ketiga, Luffy mampu mengakses Gear 4 dengan mudah tanpa perlu lagi khawatir dengan kekuatan Hakinya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa awakening atau Gear 5 Luffy ini benar-benar sangat luar biasa.

Dengan potensi yang sangat dahsyat tersebut rasanya wajar jika Pemerintah Dunia berusaha untuk menyembunyikan keberadaan buah iblisnya, salah satunya dengan cara memalsukan nama buah iblis tersebut. Mereka ingin kekuatan buah iblis tersebut tidak jatuh ke tangan orang lain, melainkan ke tangan mereka sendiri. Dengan begitu, Pemerintah Dunia atau Gorosei akan semakin berkuasa.

Kemungkinan lainnya adalah mereka tidak ingin ada orang lain yang mengetahui buah iblis tersebut. Seperti yang disebutkan di atas, pihak Pemerintah Dunia tentunya tidak ingin buah iblis ini jatuh ke pihak yang “salah.” Karena, jika kemudian buah iblisnya jatuh ke tangan yang “salah” resikonya adalah mereka akan hancur oleh buah iblis tersebut.

Dan inilah yang kemudian dikhawatirkan oleh Gorosei dan Im dari sosok Luffy. Mereka tahu bahwa Luffy adalah pemilik dari buah iblis tersebut, dan karena itulah pihak Pemerintah Dunia memberikan perintah untuk menghabisi sosok Luffy dengan segera. Mereka tidak ingin Luffy berhasil membangkitkan buah iblisnya, yang mana hal tersebut sudah terlambat.

Luffy sekarang sudah berhasil membangkitkan buah iblis tersebut seperti yang diperlihatkan dalam chapternya. Artinya, hanya tinggal masalah waktu bagi Luffy untuk kemudian datang dan menghancurkan pihak Pemerintah Dunia dengan buah iblis yang selama ini mereka incar. Apakah misi Luffy tersebut akan berhasil? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.