One Piece merupakan salah satu seri manga dan anime juga cerita bergenre shonen terbaik sepanjang masa. Sejak pertama kali kemunculannya pada 1997 silam, sampai saat ini, cerita One Piece masih terus eksis. Dengan banyaknya hal yang terjadi di cerita One Piece, mungkin orang perlahan melupakan tentang harta karun yang selama ini menjadi incaran yaitu One Piece.

Sudah sejak lama pertanyaan “apa sebenarnya One Piece?” atau “harta karun misterius apa yang sosok Gol D. Roger tinggalkan untuk mereka yang menemukannya?” terdengar di kalangan para fans seri ini. Karena harta karun ini masih sangat misterius (bahkan kita belum tahu bentuknya seperti apa), banyak orang yang kemudian berspekulasi tentang hal tersebut.

Banyak orang yang percaya bahwa harta karun yang selama ini dicari sebenarnya tidak ada. Roger sengaja membuat-buat kisah tentang One Piece sebelum eksekusinya dimulai, demi meningkatkan atau terus “melestarikan” bajak laut. Ketika orang sudah menemukan harta tersebut, otomatis dia atau mereka akan menjadi bajak laut terhebat di dunia.

Teori lainnya tentang One Piece adalah sesuai dengan terjemahannya yaitu “sebuah potongan”. Lalu, potongan apa yang dimaksud? Potongan tersebut adalah Poneglyph. Poneglyph tersebut akan mengungkapkan tentang rahasia besar yang menjadi kebusukan dari Pemerintan Dunia, yang selama ini selalu disembunyikan dan sudah ratusan tahun rahasia besar tersebut tidak terungkap.

Terlepas dari semua teori dan juga spekulasi yang ada di kalangan fans, Oda Sensei sendiri meyakinkan bahwa akan ada harta besar yang diterima oleh Luffy dan yang lain saat mereka berhasil menemukan Laugh Tale dan juga One Piece. Sehingga, artinya harta karun One Piece bukan hanya sekedar pertemanan atau potongan sejarah.

Berbicara mengenai harta karun One Piece, banyak fans yang mungkin berpikir bahwa semua yang ada di Laugh Tale merupakan peninggalan Gol D. Roger, sosok yang berhasil menemukan pulau tersebut dalam 800 tahun terakhir. Hal ini dikarenakan ucapan dari Roger sebelum dia dieksekusi, yang mengatakan bahwa semua hartanya ada di pulau Laugh Tale.

Namun, meskipun hal itu mungkin ada benarnya, apakah memang semua harta karun yang ada di Laugh Tale merupakan peninggalan Roger? Tentu jawabannya adalah tidak. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, Laugh Tale merupakan sebuah wilayah atau pulau yang masih penuh dengan misteri. Salah satu misterinya adalah bagaimana semua harta karun One Piece bisa ada di sana.

Sosok Gol D. Roger memang disebut-sebut sebagai sosok yang berhasil menemukan pulau Laugh Tale dalam 800 tahun terakhir. Namun, dalam ceritanya kita juga tahu bahwa jauh sebelum Roger, ada banyak petualang lainnya yang cukup populer. Misalnya sosok Rocks D. Xebec yang merupakan bajak laut yang ditakuti semua orang.

Meskipun begitu, kemungkinan besar yang menaruh semua harta karun One Piece – termasuk Poneglyph yang menceritakan tentang abad yang hilang – tidak lain adalah sosok Joy Boy. Mengapa kemudian Joy Boy menaruh harta karun tersebut di Laugh Tale? Dan mengapa tidak di pulau lain?

Pertama, seperti yang yang kita ketahui, untuk mengakses menuju pulau Laugh Tale sangatlah sulit yang mana artinya Joy Boy bisa dengan tenang menyimpan harta karun dan semua sejarah di sana karena tidak semua orang bisa pergi ke situ. Kedua, dengan disimpan di pulau yang sulit dijangkau Joy Boy berharap bahwa Poneglpyh yang dia simpan bisa ditemukan suatu hari nanti.

Dan semua Poneglyph tersebut akan menjadi bukti seberapa mengerikannya 20 kerajaan yang sudah bekerja sama untuk menghancurkan Kerajaan Kuno. Dalam Poneglyph tersebut juga mungkin Joy Boy memberi tahu bagaimana cara menghancurkan 20 kerajaan yang ada kepada generasi selanjutnya. Dia gagal untuk melakukan hal tersebut, tetapi dia memberi tahu bagaimana caranya.

Kemungkinan lainnya yang mungkin logis adalah bagaimana Joy Boy memang dengan sengaja menyimpan semua hartanya di pulau Laugh Tale, karena itu menjadi satu-satunya tempat yang sulit ditembus atau ditemukan oleh 20 kerajaan pada saat itu. Jadi, selain harapan generasi datang bisa mengetahui fakta sebenarnya, alasan lainnya Joy Boy menaruh semua harta karunnya di Laugh Tale adalah karena tempat tersebut yang paling aman dan juga sulit untuk ditemukan oleh musuh. Sampai kemudian Roger berhasil menemukannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.