Kaido saat ini sedang menjadi sorotan utama dalam seri One Piece, karena menjadi villain utama dalam arc Wano Country bersama dengan Yonko lainnya yaitu Big Mom. Kaido sendiri sebelumnya diperlihatkan sedang bertarung melawan Luffy, sedangkan Big Mom pada akhirnya diperlihatkan kalah oleh Trafalgar Law dan juga Eustass Kid dalam chapter sebelumnya.

Tentu tidak mudah bagi Luffy, Law, dan Kid untuk menghadapi seorang Yonko karena mereka bukanlah bajak laut biasa. Apalagi, Luffy harus menghadapi Kaido seorang diri. Kaido sendiri dikenal sebagai “makhluk paling kuat di seluruh dunia” dan memiliki nilai buruan yang sangat fantastis, yaitu 4,611,100,000 Belly.

Nilai buruan tersebut membuatnya saat ini menjadi buronan Pemerintah Dunia paling mahal setelah Gol D. Roger dan juga Whitebeard. Mengalahkan Yonko memang bukanlah sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan, namun mengalahkan Kaido yang merupakan Yonko merupakan sesuatu yang hampir mustahil untuk dilakukan meskipun faktanya Kaido sempat berhasil dikalahkan sebanyak tujuh kali. Masih belum diketahui bagaimana kemudian Kaido bisa kalah saat itu.

Dengan kedahsyatan Kaido tersebut dalam sebuah wawancara pada 2016 lalu, Oda Sensei pernah mengatakan bahwa dia belum tahu atau belum menemukan cara bagaimana Luffy mengalahkan Kaido. Menurut Oda, mungkin akan banyak dari para fans One Piece yang tidak akan puas dengan bagaimana cara Luffy mengalahkan Kaido, yang hanya mengandalkan kekuatan pukulan.

Meskipun begitu, Oda Sensei tetap bertekad untuk mencari solusi demi memecahkan permasalahan tersebut. Dalam kolom SBS Volume 98 kemarin, Oda Sensei sempat memberikan petunjuk mengenai kemunculan Gear 5 yang mungkin dipersiapkan untuk menghadapi Kaido. Salah seorang fan bertanya kepada Oda Sensei mengenai kemungkinan Luffy akan menggunakan Gear 5.

Oda sensei sendiri tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas. Namun, Oda Sensei seolah memberikan sinyal melalui jawabannya tersebut. Menurut Oda Sensei, saat ini musuh yang sedang Luffy hadapi adalah sosok yang paling kuat di dunia. “Karena itulah dunia membutuhkan sebuah transisi dari “4G” ke “5G.” “G” artinya ‘Gear,’ bukan?”

Dilihat dari jawabannya Oda sepertinya sedang menghadirkan guyonan dengan permainan kata antara ‘5G’ yang merupakan jaringan koneksi internet dan juga Gear 5. Namun, berdasarkan hal tersebut artinya bukan tidak mungkin dalam pertarungan melawan Kaido ini nantinya Oda akan memperkenalkan Gear 5 dari Luffy. Selain itu terdapat juga kata kunci lain dari jawaban Oda.

Pernyataan Oda tentang “… dunia membutuhkan sebuah transisi …” yang mana artinya Oda sendiri menyadari bahwa harus ada perubahan yang nyata atau transisi untuk menghadapi makhluk paling kuat di dunia. Dan berbicara mengenai kemunculan Gear 5 sepertinya Oda Sensei kembali menghadirkan petunjuk mengenai hal tersebut dalam chapter 1042 kemarin.

Tidak berapa lama setelah chapter 1042 rilis, chapter tersebut langsung menjadi bahan perbincangan di kalangan para penggemar serinya di Jepang. Media sosial Twitter sendiri ramai oleh berbagai spekulasi dahsyat yang mengindikasikan kemunculan dari Gear 5 oleh Oda Sensei, seperti yang dihadirkan dalam salah satu panel di chapternya.

Namun, terdapat sebuah spekulasi lainnya terkait hal tersebut. Dalam chapter 1042, Luffy mengatakan bahwa dia sudah mengerahkan semua sisa-sisa kekuatan yang dia miliki terutama yang berkaitan dengan Gear 4. Luffy benar-benar berada dalam batas kekuatannya. Meskipun Kaido terluka parah, namun dia masih lebih baik dibandingkan Luffy. Kaido bahkan diperlihatkan masih belum mencapai batas level kekuatan maksimalnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, meskipun sebagian fans menyatakan bahwa Luffy mungkin akan menghadirkan Gear 5, namun sebagian fans lainnya tidak setuju akan hal tersebut. Kemampuan Gear yang dimiliki Luffy merupakan sesuatu yang Luffy ciptakan sendiri. Hal ini diperjelas oleh perkataan Luffy dalam pertarungannya melawan Blueno.

Saat itu, Luffy mengatakan bahwa dia sudah menciptakan Gear 2 dan Gear 3 sebelum pertarungannya melawan Blueno dan Rob Lucci. Hal ini pun terjadi pada Gear 4, di mana Luffy mengembangkan sendiri kemampuannya saat time-skip terjadi, jauh sebelum dia bertarung melawan Doflamingo. Jadi, apa intinya?

Gear 5 mungkin akan mirip seperti Gear 4 dan Gear sebelumnya, di mana Luffy mungkin sudah mempersiapkannya atau mengembangkannya sendiri dibandingkan Luffy berhasil menciptakannya saat itu juga, terutama ketika dia sudah kehabisan stamina atau tenaga. Gear 5 mungkin bisa menjadi solusi untuk mengalahkan Kaido, namun melihat situasi dan kondisi Luffy saat ini sebagian fans lainnya beranggapan bahwa Gear 5 mungkin tidak akan pernah terjadi.

Terlepas dari hal tersebut, ada dua “solusi” untuk mengalahkan Kaido. Pertama, dengan membangkitkan kemampuan buah iblis milik Luffy. Gomu Gomu no Mi tidak melulu mengenai Gear, puncak dari kemampuan atau penguasaan buah iblis Luffy bisa jadi adalah membangkitkan kemampuannya secara maksimal, seperti yang dilakukan oleh Law dan Kid.

Solusi kedua, mungkin kita akan melihat bagaimana ramalan dari Toki bekerja. Seperti yang diketahui, sebelum Toki menghilang, dia sempat meramalkan akan ada bayangan dan juga kebangkitan yang membawa fajar baru bagi Wano. Banyak spekulasi menyebutkan bahwa bayangan itu adalah Red Scabbards. Namun, tentunya, masih harus kita nantikan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.