Kenbunshoku Haki atau Haki pengamatan atau Observation Haki merupakan salah satu jenis Haki yang ada dalam cerita One Piece, selain dua Haki lainnya yaitu Busoshoku atau Haki persenjataan dan Haki Haoshoku atau Haki penakluk. Ketiga Haki tersebut sering muncul dalam cerita, tetapi hanya dua jenis Haki yang paling sering digunakan oleh para karakter.

Haki tersebut adalah Haki persenjataan karena dengan mengaktifkan Haki tersebut, serangan dan pertahanan mereka bisa jadi jauh lebih kuat. Selain itu, Haki Pengamatan atau Observation Haki juga menjadi salah satu jenis Haki yang banyak digunakan oleh para karakter dalam seri One Piece. Baik Haki pengamatan atau persenjataan bisa dipelajari oleh semua orang, jika memang mau berlatih secara keras.

Tapi, ada juga karakter yang memang lahir dengan bakat alami untuk bisa menguasai Haki tersebut contohnya adalah Luffy. Seperti yang dijelaskan oleh Rayleigh, Haki observasi mampu memberikan penggunanya kemampuan untuk merasakan keberadaan makhluk hidup yang ada di sekitarnya meskipun keberadaannya tidak ada di depan mata atau tidak dalam pandangan kita.

Ketika kita sudah menguasai jenis Haki tersebut dan kemudian mengembangkannya ke level yang lebih tinggi, penggunanya akan memiliki kedahsyatan yang luar biasa. Dalam hal Observation Haki, ketika seseorang sudah sangat menguasai jenis Haki ini, mereka akan mampu untuk mlihat ke masa yang akan datang.

Kemampuan Melihat Ke Masa Depan

Diperkenalkan dalam ceritanya oleh sosok Charlotte Katakuri, Future Sight Observation Haki atau kemampuan Haki Pengamatan Untuk Melihat Ke Masa Depan merupakan sebuah kemampuan yang sangat luar biasa, yang sesuai namanya, mampu membuat penggunanya untuk melihat ke masa yang akan datang meskipun hanya sekejap.

Kemampuan ini merupakan bentuk tingkat tertinggi dari Observation Haki. Anak paling kuat dari Big Mom, Katakuri, diperlihatkan menjadi sosok pertama yang memperkenalkan kemampuan tersebut. Diketahui, Katakuri benar-benar sangat handal dan tangguh dalam menggunakan kemampuan tersebut.

Dalam arc Whole Cake Island, Luffy juga diketahui berhasil membuka kemampuan tersebut saat dia bertarung melawan Katakuri di Mirror World. Meskipun saat itu penggunaan kemampuannya masih belum sempurna, namun Luffy perlahan mulai mampu meningkatkan kemampuannya tersebut. Dan sejak saat itu pula, Luffy terus menerus menggunakan kemampuannya dalam setiap pertarungan, apalagi saat melawan Kaido.

Dalam arc Wano Country, Luffy sudah menjadi salah satu karakter yang terbiasa menggunakan kemampuannya. Bahkan, ini menjadi salah satu cara Luffy untuk bisa mengimbangi kekuatan Kaido. Dalam salah satu chapter sebelumnya, kemampuan ini bahkan masih belum cukup untuk bisa menghabisi Kaido.

Kaido Juga Miliki Kemampuan Ini?

Sejak awal pertempuran di Onigashima dimulai, Kaido sudah banyak bertarung menghadapi banyak karakter kuat, mulai dari para Red Scabbards sampai Worst Generation. Namun, yang menariknya adalah Kaido tidak diperlihatkan menggunakan kemampuan untuk melihat ke masa depan, sampai kemudian dia bertarung melawan Luffy.

Implikasinya adalah meskipun Kaido banyak menghadapi lawan kuat, namun tidak ada ancaman yang jauh lebih besar dan mengerikan dibandingkan kemampuan Snakeman milik Luffy. Dalam chapter 1042 kemarin, kita melihat bagaimana Kaido harus menghadapi masalah besar saat berhadapan dengan kecepatan dahsyat dari Snakeman milik Luffy.

Akhirnya, karena tidak ada pilihan lain, Kaido pun harus mengandalkan kemampuan untuk melihat ke masa yang akan datang untuk kemudian menghindari serangan-serangan dahsyat dari Luffy. Ini pertama kalinya Kaido diperlihatkan harus tertekan sampai kepada titik di mana, Kaido tidak lagi menerima begitu saja serangan yang mengarah kepadanya.

Kaido lebih memilih untuk melihat ke masa yang akan datang dan kemudian menghindari serangannya. Rayleigh sempat menyatakan bahwa tidak semua orang di dunia One Piece mampu menggunakan kekuatannya, terlepas mereka sangat kuat. Diantara orang-orang yang sangat kuat tersebut, hanya sedikit yang bisa melihat ke masa depan.

Selain Luffy dan Katakuri, Kaido – kini diketahui – menjadi salah satu dari mereka. Namun, mengingat reputasi Kaido, rasanya hal ini bukan lagi sebuah kejutan yang besar. Dari apa yang dihadirkan dalam chapter kemarin, kemampuan Kaido untuk menguasai atau mengendalikan Future Sight tersebut sangat luar biasa.

Luffy sendiri dianggap sebagai salah satu karakter yang handal dalam melihat ke masa yang akan datang. Namun, dia terkejut dengan Kaido yang mampu menghindari semua serangan Snakeman, setelah Kaido melihat ke masa yang akan datang dan kemudian menghindari serangannya. Luffy sendiri saat ini sedang dalam kondisi tidak sadarkan diri. Apakah Luffy akan kembali bangkit dan mengalahkan Kaido? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.