Momen Monkey D. Luffy terkena kanabo milik Kaido menjadi salah satu momen yang mengejutkan yang terjadi di pertempuran Onigashima ini. Pasalnya, meskipun dalam chapter sebelumnya pun kita diperlihatkan bagaimana Luffy berhasil dikalahkan oleh Kaido, namun hal tersebut terjadi sebelum Luffy mengalami peningkatan kekuatan yang sangat drastis yang membuat Luffy mampu menandingi kekuatan Kaido.

Dalam pertempuran di Onigashima, Luffy sempat kurang lebih kalah selama tiga kali, dengan kekalahan yang ketiga membuat Luffy akhirnya harus terjatuh ke laut. Namun, beruntung tidak butuh waktu lama bagi Luffy untuk kemudian kembali tersadar dan bersama Momonosuke dia pun kembali ke atap istana. Selain momen tersebut, momen di mana Luffy tentang Advanced Conqueror Haki juga menjadi sesuatu yang epik.

Luffy akhirnya menyadari bahwa selama ini Kaido menjadi sosok yang sulit untuk dibunuh atau bahkan dilukai adalah karena dia menggunakan kemampuan Advanced Conqueror Haki, yang dia lapisi di tubuhnya atau pun di senjatanya. Luffy pun kemudian mengaplikasikan hal yang sama terhadap dirinya, yang mana kemudian hal tersebut membuat Luffy akhirnya berada di level kekuatan yang sama dengan Kaido – atau setidaknya mampu mengimbangi Kaido.

Sejak saat itu, pertarungan antara Kaido dan Luffy berubah menjadi sangat epik. Meskipun harus diakui bahwa daya tahan Luffy masih belum berada di level Kaido, Luffy mampu mengimbangi sang Yonko. Semua berjalan sangat seru dan epik, sampai kemudian bos dari CP-0 muncul dan mengalihkan perhatian dari Luffy di tengah-tengah pertarungan tersebut.

Luffy pun akhirnya terkena serangan dahsyat Kaido tepat di badannya. Momen tersebut membuat Kaido kembali merasakan hal yang sama pada 20 tahun yang lalu, ketika pertarungannya dengan Oden juga diganggu oleh Kurozumi Higurashi. Dari salah satu panel yang diperlihatkan di akhir chapter 1042, kita melihat bagaimana mata Kaido memperlihatkan “kengerian” atas apa yang terjadi.

Kaido mungkin akhirnya merasa bahwa dia sudah menemukan lawan yang seimbang, lawan yang membuat dia kembali bersemangat untuk bertarung, lawan yang membuat dia mengerahkan semua kekuatannya. Namun, sayangnya, lagi-lagi pertarungan tersebut harus terganggu. Karena itulah, wajar jika kita kemudian melihat reaksi mengerikan di mata Kaido.

Pertanyaanya kemudian apakah Luffy akan selamat? Dengan serangan epik dari Kaido dari jarak dekat dan bagaimana Luffy tidak siap menghadapi serangan tersebut, Luffy bisa dipastikan kalah dan kembali tidak sadarkan diri. Rasanya tidak mungkin ada karakter yang berhasil selamat atau masih sadar setelah terkena serangan epik dan dahsyat dari Kaido tersebut.

Ini tentu menjadi sebuah skenario terburuk yang mungkin terjadi dalam pertempuran di Onigashima, bahwa dengan kalahnya Luffy kali ini membuat semua pertempuran yang terjadi sebelumnya akhirnya harus “sia-sia.” Penyerbuan ke Onigashima kali ini pun mungkin akan gagal lagi, seperti yang terjadi pada 20 tahun yang lalu sebelum kru Topi Jerami tiba di wilayah Wano.

Namun, yang perlu dicatat adalah ini merupakan cerita One Piece. Eiichiro Oda selalu memberikan kejutan dalam ceritanya. Luffy mungkin memang tidak akan sadarkan diri setelah terkena serangan dahsyat dari Kaido di akhir chapter 1042. Meskipun begitu, seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya ketika Luffy tenggelam, Luffy mungkin akan kembali bangkit dalam beberapa waktu. Saat Luffy tersadar, dia memang tidak memiliki tenaga atau motivasi lagi karena semua kekuatan dan tenaga yang dia miliki sudah habis.

Tetapi, dalam salah satu panel di awal chapter 1042 kita melihat para penduduk di ibu kota Bunga – salah satunya adalah Toko – menaruh harapan di dalam lampion yang mereka ciptakan. Lampion tersebut kemudian akan diterbangkan dengan harapan semua keinginan di dalamnya akan terwujud. Terdapat sebuah asumsi bahwa salah satu lampion – yang kemungkinan milik Toko – akan diambil/ditemukan oleh Luffy.

Luffy kemudian akan membaca isi dari keinginan dan harapan Toko tersebut, yang mana hal itu kemudian menjadi pemicu semangat bagi Luffy untuk kembali bangkit. Seperti yang disebutkan oleh Luffy sebelumnya, bahwa dia akan melakukan apa pun untuk bisa mengusir Kaido dari Wano. Dia rela melakukan apa pun agar penduduk Wano bisa kembali bahagia dan bebas.

Seperti halnya Zoro, Luffy mungkin akan memakan obat yang dibuat oleh Dr. Miyagi yang bisa memulihkan kekuatan dan kemampuan dalam waktu singkat. Tetapi, tentu ada efek samping akan yang dirasakan oleh Luffy. Zoro sendiri diketahui tidak mampu untuk bergerak pasca menggunakan obat tersebut. Dengan Luffy memaksakan kembali untuk meningkatkan tenaga yang dia miliki, bisa juga berakibat fatal bagi tubuhnya.

Seperti halnya efek suntikan hormon dari Ivankov, apa yang dialami oleh Luffy mungkin akan memperpendek usianya. Inilah yang kemudian dianggap sebagai skenario terburuk, di mana Luffy akan kembali “mengorbankan nyawanya” untuk bisa mengalahkan Kaido setelah dia tidak sadarkan diri akibat serangan Kaido. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi kepada Luffy pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.