Senjata kuno memang jadi salah satu ketakutan besar dari Pemerintah Dunia dalam cerita One Piece. Masih belum diketahui apa yang membuat Senjata Kuno begitu ditakuti, namun diketahui bahwa Senjata Kuno sempat digunakan dalam perang besar yang terjadi pada 800 tahun yang lalu. Tiga senjata kuno tersebut adalah Uranus, Poseidon, dan Pluton.

Teka-Teki mengenai Senjata Kuno memang menjadi salah satu teka-teki yang paling besar di serinya. Banyak para fans yang mencoba menelaah tentang hal ini, termasuk siapa sebenarnya pemilik dari Senjata Kuno. Salah satu teori menyebutkan bahwa Senjata Kuno merupakan senjata dahsyat yang dimiliki oleh Kerajaan Kuno (Ancient Kingdom).

Masyarakat dari Kerajaan Kuno tersebut dipercaya sebagai nenek moyang dari klan D, dan pemimpin mereka adalah salah satu dari orang yang mempunyai nama D di tengahnya dan memiliki tekad D. Dia adalah sosok yang paling ditakuti oleh 20 kerajaan yang ada (pada masa itu) karena kekuatan “aneh” yang dia punya. Dia memiliki kekuatan yang bisa menyatukan baik musuh atau sekutu.

Kekuatan tersebut kemudian dikenal sebagai “Uranus” oleh 20 kerajaan-kerajaan itu. Tetapi, tidak ada diantara kerajaan itu yang mengetahui bagaimana cara kerja dari Uranus atau mengapa dia bisa memiliki kekuatan dahsyat tersebut. Sadar jika mereka akan kalah, kerajaan kuno akhirnya memutuskan untuk mewariskan kejayaan mereka ke generasi selanjutnya melalui berbagai cerita di Poneglyph yang tersebar di seluruh dunia.

Selain itu, mereka juga harus menyembunyikan tiga senjata kuno mereka. Tujuannya tentu agar tidak bisa ditemukan oleh sembarangan orang. Khusus untuk Uranus, pemimpin kerajaan kuno sepertinya memiliki rencana khusus yang akan mengelabui, bukan hanya Pemerintah Dunia (alias 20 kerajaan yang menyerang mereka), tetapi juga bisa menipu seluruh dunia ini. Caranya adalah dengan membuat orang lain yakin jika topi jerami yang dia pakai adalah senjata kuno Uranus itu.

Pemimpin klan D tersebut kemudian membuat sebuah tiruan topi jerami itu dalam versi kecil, dan memberikannya kepada anak kecil dari klan D sebelum mereka pergi dari kerajaan itu. Anak kecil yang diberikan topi jerami tersebut berhasil berkeliling dunia dan berhasil mengacak-acak dunia, dan saat usianya sudah beranjak tua dia sadar jika dia harus mewariskan topi jerami itu ke generasi selanjutnya.

Akhirnya lingkaran warisan pun dimulai, dan saat ini topi tersebut ada di tangan Luffy. Topi jerami besar yang menurut Pemerintah Dunia adalah Uranus, kemudian disimpan di Mary Geoise di sebuah ruangan tertutup. Selama puluhan, bahkan ratusan tahun, pihak Pemerintah Dunia merasa bahwa mereka berhasil menyimpan tiga senjata kuno meskipun mereka tidak mengetahui bagaimana cara menggunakannya dan yakin suatu saat mereka akan bisa menggunakannya.

Ironisnya, dibalik Pemerintah Dunia yang merasa jika mereka sudah berhasil memiliki senjata Uranus yang berupa topi jerami besar, semangat atau tekad D yang disimbolkan melalui topi jerami kecil sudah diwariskan dari generasi ke generasi di bawah bayang-bayang topi jerami besar itu. Dan waktu untuk menggulingkan kekuasaan Pemerintah Dunia sudah semakin dekat.

Ada Topi Jerami Lain

Ada alasan khusus tentunya kenapa topi jerami berukuran kecil yang dibuat oleh pemimpin kerajaan kuno dianggap sebagai sebuah simbol, khususnya untuk simbol Uranus. Sama seperti yang berukuran besar, topi jerami berukuran kecil juga sama sekali tidak memiliki kekuatan buah iblis atau kekuatan super apapun di dalamnya. Topi jerami itu hanya sebagai simbol dari tekad D, tekad dari kerajaan kuno, sesuatu yang Pemerintah Dunia tidak pernah sadari.

Pemilik sebelumnya dari topi jerami tersebut kemungkinan selalu gagal untuk memenuhi impian atau tujuan dari generasi pendahulunya, dan baru Roger yang berhasil membuat Pemerintah Dunia mau memperhatikannya. Setelahnya, topi jerami itu kemudian diwariskan ke salah satu krunya yaitu Shanks. Dan Shanks sendiri kemudian mewariskan topi itu kepada Luffy.

Gara-gara topi jerami itu, Shanks dan Roger sering disebut sebagai Topi Jerami Shanks atau Topi Jerami Roger. Lalu, kenapa pemimpin kerajaan kuno membuat topi jerami itu? Sepertinya hal itu sengaja dilakukan sebagai sebuah pesan untuk 20 kerajaan yang menyerang mereka saat itu. Mereka seolah ingin membuat Pemerintah Dunia seakan-akan berhasil menghancurkan seluruh kerajaan kuno dan tekad D. Padahal, tanpa mereka sadari, akan ada kekuatan baru yang akan lahir.

Luffy Adalah Uranus?

Luffy memang bukan Uranus yang pertama, tetapi dia adalah Uranus yang lainnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kekuatan Uranus diketahui bisa menyatukan semua orang. Monkey D. Luffy diketahui juga punya “kekuatan” dahsyat tersebut. Menurut Dracule Mihawk, kekuatan yang dimiliki oleh Luffy tersebut adalah kekuatan yang paling berbahaya di seluruh lautan.

Mihawk juga menjelaskan bahwa kekuatan sebenarnya dari Luffy bukanlah kemampuan buah iblisnya, melainkan kekuatan dahsyat yang bisa membuat orang-orang di sekitarnya mau bekerja sama dengan Luffy meskipun mereka tidak mengenal sosok Luffy atau baru saja bertemu dengan Luffy. Jika dipikir kembali tentang Senjata Kuno, Pluton adalah sebuah kapal besar yang punya kemampuan daya hancur tinggi.

Poseidon adalah seorang putri duyung yang bisa berbicara dan memberikan perintah kepada monster laut dan Sea Kings. Dengan dua Senjata Kuno tersebut, yang dibutuhkan terakhir adalah pasukan dalam jumlah yang sangat besar atau banyak dan tidak ada orang yang bisa melakukan hal tersebut selain sosok Uranus tersebut. Jadi, dengan kata lain, melalui kemampuannya untuk bisa merubah orang menjadi sekutu bisa diasumsikan bahwa Luffy adalah Uranus itu sendiri.

Luffy Adalah Sosok yang Dinantikan?

Seperti yang diungkapkan oleh Whitebeard sebelum kematiannya, Roger nyatanya sedang menunggu seseorang. Dia menunggu sebuah kekuatan baru yang bisa menyempurnakan apa yang ditulis di Poneglyph yang dia temukan di Laugh Tale. Dalam cerita flashback Oden, sempat disebutkan bahwa alasan Wano ditutup oleh keluarga Kozuki adalah untuk menyambut kekuatan baru tersebut.

Berbicara mengenai sosok yang dinantikan oleh Roger, banyak fans yang berteori bahwa Luffy adalah sosok yang dinantikan oleh Roger tersebut. Kenapa Luffy kemudian jadi orang yang ditunggu Roger? Dia berbeda dengan Blackbeard. Luffy menampilkan kecintaannya terhadap petualangan, laut, dan juga dia tidak pernah membuat perbedaan terhadap siapa pun. Idealismenya membuat Luffy jadi sosok yang bebas, dan bebas adalah salah satu ciri dari semangat D.

Berbeda dengan sosok Blackbeard yang dalam hatinya hanya memiliki niat yang jahat. Diketahui bahwa Blackbeard memiliki tujuan untuk menguasai dunia saat dia berhasil menemukan One Piece dan menjadi raja bajak laut. Sosok Blackbeard diyakini adalah bentuk kebalikan atau “sisi lain” dari Luffy, yang memang sengaja dihadirkan oleh sosok Oda Sensei untuk memberikan perbedaan yang kontras.

Pemerintah Dunia Sadar

Selama hampir 1000 tahun, pemerintah dunia selalu yakin jika mereka sudah berhasil menyingkirkan seluruh klan D. Mereka juga yakin jika mereka sudah berhasil menguasai semua senjata Kuno. Semuanya berjalan dengan tenang tanpa kendala, sampai akhirnya suatu saat muncul seorang anak remaja yang berhasil merebut perhatian dunia. Sosok tersebut tidak lain adalah Monkey D. Luffy.

Anak tersebut menggunakan sebuah topi jerami berukuran kecil. Dia membuat kegaduhan di Alabasta dan beberapa pulau lainnya, tetapi pemerintah belum memberikan perhatian apa pun. Bahkan, mereka menganggap Luffy bukanlah sebuah ancaman. Beberapa tahun kemudian, dia kemudian memasuki wilayah New World, pergi ke pulau manusia ikan, dan mengalahkan Doflamingo.

Namun, mereka masih tetap menganggap kalau Luffy bukan sebuah ancaman besar dibanding Kidd atau Blackbeard yang sudah membuat banyak orang terbunuh. Sampai kemudian anak ini membuat sebuah aliansi, sebuah pasukan dalam jumlah besar dalam hanya beberapa hari, berhasil masuk ke wilayah Yonko, menggabungkan diri dengan kerajaan Germa dan kru Geng Bege, membuat salah satu anggota Yonko (Jinbei) masuk jadi anggotanya, dan berbuat kacau di pulaunya dan kemudian pergi tanpa luka sedikit pun.

Sekarang pemerintah baru mau memberikan perhatian kepada luffy, dengan meningkatkan nilai buruannya. Bahkan, bukan hanya meningkatkan nilai buruannya. Luffy bahkan menjadi salah satu target utama untuk dihabisi sang pemimpin utama, Im. Dalam chapter 1040 kemarin, kita melihat bagaimana bos CP-0 mendapatkan perintah langsung untuk dari Gorosei untuk menghabisi Luffy.

Luffy adalah “Senjata Kuno” terakhir yang akhirnya disadari oleh pihak Pemerintah Dunia. Dan bagaimana pihak Pemerintah Dunia akhirnya mulai bergerak untuk menghabisi Luffy, memberikan petunjuk bahwa mereka sudah tidak bisa lagi “menolerir” apa yang dilakukan oleh Luffy. Luffy adalah ancaman besar nyata di depan mata, seperti halnya para karakter lain seperti Vivi dan Blackbeard. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi selanjutnya kepada Luffy, apakah dia akan berhasil memberikan perubahan besar terhadap dunia ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.