Kekuatan menjadi salah satu hal yang penting dalam seri One Piece. Hal ini dikarenakan dunia bajak laut yang keras, dan banyaknya ancaman yang muncul di lautan membuat seseorang perlu memiliki kekuatan dahsyat agar bisa bertahan hidup. Dan selain kekuatan fisik, sumber kekuatan di seri One Piece yang banyak dimiliki oleh para karakter adalah kekuatan dari buah iblis.

Buah iblis memiliki beragam kekuatan, mulai dari yang tidak terlalu berbahaya sampai yang mampu menciptakan kehancuran dunia. Kekuatan inilah yang banyak dicari oleh sebagian besar orang-orang, untuk tujuan mereka masing-masing. Lalu, kira-kira buah iblis apa saja yang bisa menghancurkan seluruh dunia ini?

Zushi Zushi no Mi

Zushi Zushi no Mi merupakan buah iblis bertipe Paramecia dan dikonsumsi oleh salah satu admiral legendaris angkatan laut, Fujitora. Kekuatan buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk mengendalikan gravitasi bumi, dan memilih lokasi mana yang akan ia kendalikan gravitasinya. Berkat kemampuan ini, Fujitora diketahui mampu menjatuhkan meteor ke arah tertentu.

Hal ini sempat terjadi di arc Dressrosa kemarin, di mana Fujitora menjatuhkan meteor besar ke arah wilayah tersebut. Zoro sendiri tidak sanggup untuk menghancurkan meteornya. Beruntung, Mihawk datang tepat waktu dan menghancurkan meteornya. Jika meteor tersebut jatuh di seluruh bagian Grand Line, kehancuran menjadi sesuatu yang bisa dipastikan akan terjadi.

Magu Magu no Mi

Magu Magu no Mi merupakan buah iblis bertipe Logia yang diketahui memiliki kekuatan dahsyat. Buah iblis ini dimiliki oleh kepala markas angkatan laut Sakazuki alias Akainu. Buah iblisnya sendiri mampu membuat penggunanya memanipulasi kekuatan dari magma. Bahkan, buah iblis ini pula yang pada akhirnya membuat Ace harus tewas dalam peristiwa perang puncak di Marineford.

Selain mampu menghabisi Ace, bukti kedahsyatan dari buah iblis Magu Magu adalah bagaimana Sakazuki berhasil mengalahkan Kuzan, yang memiliki buah iblis Hie Hie no Mi. Dengan kekuatan buah iblisnya, Sakazuki juga berhasil menghancurkan kapal musuh atau bahkan membuat laut mendidih. Karena itulah, buah iblis ini tentu bisa memberikan kehancuran besar bagi dunia. Bahkan, Oda Sensei sendiri mengatakan bahwa ini merupakan buah iblis yang mengerikan.

Yami Yami no Mi

Yami Yami no Mi adalah buah iblis bertipe Logia lainnya yang dianggap menjadi buah iblis paling kuat untuk tipe tersebut. Buah iblis ini masih dimiliki oleh Blackbeard, meskipun sebenarnya buah iblis ini terlebih dahulu didapatkan oleh Thatch. Ada alasan khusus mengapa buah iblis ini disebut sebagai buah iblis tipe Logia paling kuat.

Selain mampu menyerap/menghisap apa pun ke dalam lubang hitam yang diciptakan, Yami Yami juga bisa menetralkan pengguna buah iblis lainnya seperti yang dilakukan oleh Blackbeard kepada Ace. Meskipun daya hancur atau daya rusaknya tidak sebesar buah iblis lain, namun dengan kemampuan untuk menghisap apa pun ke dalam lubang hitam yang diciptakan Blackbeard tentu hal tersebut bisa menjadi petaka besar.

Hie Hie no Mi

Aokiji memiliki kekuatan dari buah iblis Hie Hie no Mi, di mana dia mampu untuk membuat, mengendalikan, dan berubah menjadi es. Dalam pertarungan, dia menggunakan kemampuan ini untuk melumpuhkan musuhnya dan menghadang musuh, dengan cara membekukan tubuh mereka hanya dengan menyentuhnya saja.

Dalam pertarungan selama 10 hari dengan Akainu, akibat kekuatannya, sebagian cuaca di Punk Hazard pun berubah menjadi sebuah wilayah es. Hie Hie no Mi bisa menjadi buah iblis yang menciptakan kiamat di dunia, dengan mengubah seluruh wilayah di dunia menjadi es, seperti era zaman es dahulu. Bisa saja Aokiji membekukan seluruh air di lautan, yang membuat semua orang tidak bisa bepergian kemana pun.

Jiki Jiki no Mi

Jiki Jiki no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang dimakan oleh salah satu anggota bajak laut Worst Generation, Eustass Kid. Kekuatan dari Jiki Jiki no Mi pertama kali diperlihatkan saat arc Sabaody bersamaan dengan diperkenalkannya karakter Kid. Di pertarungan melawan Big Mom di arc Wano Country, kita pun melihat bagaimana potensi besar yang dimiliki buah iblis ini.

Buah iblis Jiki Jiki no Mi membuat Kid mampu memanipulasi energi magnet sesuka hatinya. Dia bisa saja menarik atau menghempaskan material besi yang ada di sekitarnya. Dengan membuat tubuhnya menjadi magnet, Kid pun berubah menjadi sosok yang jauh lebih kuat karena bagian tubuhnya “dilapisi” oleh besi. Bisa dibayangkan jika kemudian Kid menarik seluruh besi yang ada di dunia dan kemudian menggunakannya untuk menghancurkan sebuah wilayah atau seluruh lautan.

Gura Gura no Mi

Buah iblis Gura Gura termasuk dalam jenis Paramecia. Gura Gura no Mi dianggap sebagai buah iblis Paramecia spesial dan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Kemampuan dari buah iblis ini adalah penggunannya akan mampu menghasilkan getaran atau menciptakan gempa, membuat wilayah sekitarnya atau seluruh pulau berguncang bahkan sampai terbelah.

Dalam pertempuran Marineford kita melihat bagaimana kemampuan Gura Gura no Mi mampu hasilkan tsunami besar di sekitarnya. Kekuatan buah iblis ini sudah diakui sebagai buah iblis paling mengerikan yang bisa saja digunakan untuk menghancurkan dunia. Buah iblis ini juga dianggap sebagai buah iblis paling kuat diantara jenis Paramecia lainnya. Edward Newgate alias Whitebeard dahulunya merupakan pemilik dari buah iblis ini, namun setelah kematiannya, Blackbeard kemudian mengambil buah iblis tersebut.

Dengan kekuatan dahsyat dari buah iblis, seseorang bisa saja menghancurkan sebuah wilayah atau bahkan menghancurkan dunia. Dan buah iblis di atas adalah contoh bagaimana kekuatan buah iblis tersebut bisa menciptakan kiamat bagi para penduduk di serinya. Namun, tentunya Oda Sensei tidak akan menghadirkan momen mengerikan tersebut dalam ceritanya. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.