Seri Naruto benar-benar ditutup dengan sebuah momen yang sangat luar biasa dari Sasuke dan Naruto. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, setelah perang besar shinobi keempat selesai dan Kaguya Otsutsuki berhasil dikalahkan, Naruto dan Sasuke kembali saling bertarung satu sama lainnya. Mereka bertarung untuk membuktikan siapa yang lebih kuat diantara mereka berdua.

Pertarungan terakhir antara Sasuke dan Naruto benar-benar sangat epik, bahkan dianggap sebagai salah satu pertarungan paling seru dan luar biasa di sepanjang franchisenya. Namun, yang paling menyita perhatian adalah bagaimana Naruto dan Sasuke sama-sama harus kehilangan sebagian lengan mereka. Naruto harus kehilangan lengannya karena menggunakan teknik Rasengan, dan Sasuke kehilangan lengannya karena menggunakan teknik Chidori.

Saat kedua teknik ini beradu, ledakan dahsyat pun muncul dan mereka harus kehilangan sebagian lengan akibat dari hal tersebut. Berbeda dengan Naruto, Sasuke tidak pernah menggunakan lengan buatan untuk mengganti lengannya yang hancur. Sebagai pengganti, Sasuke mulai menggunakan katana miliknya untuk menyempurnakan teknik yang lain.

Hal berbeda diperlihatkan oleh Naruto di mana dia mendapatkan lengan buatan dengan menggunakan sel Hashirama. Lengan buatan tersebut diciptakan oleh ilmuwan Konoha, Katasuke. Katasuke mengatakan bahwa lengan buatan tersebut bisa menyatu dengan baik bersama chakra Naruto. Naruto sendiri sangat senang dengan hal ini, di mana dengan adanya lengan buatan dia bisa kembali seperti dahulu.

Dengan lengan buatan ini, Naruto pun akhirnya bisa bertarung dengan normal. Selain itu, Katasuke juga sempat membuatkan lengan buatan lainnya untuk Kawaki, dan Naruto pun kemudian meminjamkan chakra miliknya agar dia bisa tetap sehat dan agar lengannya bisa menyatu dengan sempurna. Dan berbicara mengenai lengan Naruto, banyak fans yang penasaran mengenai lengan Naruto.

Lengan dari Naruto dianggap penuh dengan misteri karena dia diperlihatkan selalu menggunakan perban. Hal tersebut pun sempat membuat para fans penasaran menganai alasan dari hal itu. Ada beberapa spekulasi yang kemudian muncul terkait dengan alasan mengapa Naruto menggunakan perban dan misteri di dalamnya.

Pertama, dari segi estetika, dengan Naruto menutupi lengannya menggunakan perban hal tersebut nampak lebih baik dan tidak mengerikan. Tanpa menggunakan perban, dengan adanya lengan buatan tersebut akan membuat Naruto mungkin nampak aneh di mana penampilannya mirip seperti White Zetsu. Karena itulah, dengan menutup lengannya menggunakan perban semua menjadi lebih baik.

Kemungkinan kedua, sebenarnya Naruto menyimpan kekuatan besar di balik lengan tersebut. Contoh dari hal ini adalah Danzo Shimura. Saat karakternya muncul dan diperlihatkan dalam cerita di seri Naruto, terlihat bagaimana sebagian besar tubuhnya, terutama lengan, ditutupi oleh perban. Sebagian fans mungkin menyangka bahwa di balik perban tersebut merupakan bekas luka dari masa lalu.

Namun, ternyata di balik perban yang ada di lengannya merupakan Sharingan dalam jumlah yang banyak. Hal ini juga yang kemungkinan terjadi kepada Naruto. Naruto mungkin sengaja menyimpan chakra terakhir atau kekuatan terakhir miliknya di balik perban tersebut. Dengan pembuatan lengan palsu yang kompleks, tentu bisa jadi ada “efek samping” yang muncul dalam diri Naruto.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa lengan palsu yang dibuat Katasuke berasal dari sel Hashirama, yang mungkin bisa memengaruhi kemampuan dan kekuatan Naruto. Seperti yang kita ketahui, bahwa kemampuan dari sel Hashirama bisa meningkatkan kekuatan dari seseorang. Inilah alasan mengapa kemudian sel Hashirama banyak diincar oleh shinobi lain – termasuk Orochimaru.

Bagaimana kemampuan Six Path Sage Mode milik Naruto bisa meningkat drastis juga kemungkinan adalah efek dari kekuatan tersembunyi itu. Saat Naruto mencari Boruto, dia menggunakan Six Path Sage Mode untuk melacak chakra Boruto dan Kawaki. Shikamaru pun kemudian sempat khawatir dengan kekuatan Naruto yang berkurang drastis tanpa Kurama.

Namun, Naruto kemudian meyakinkan Shikamaru bahwa semuanya baik-baik saja dan bahkan berkat “age wise” atau usia yang bertambah kekuatannya meningkat. Tetapi, ada kemungkinan bahwa Naruto sebenarnya mengalami peningkatan kekuatan berkat adanya sel Hashirama dalam lengan buatannya tersebut, yang mana hal ini menjadi senjata pamungkas dari Naruto saat menghadapi situasi pelik.

Naruto tidak akan menggunakan kekuatan tersebut, jika memang masih ada cara lainnya. Bagaimana kemudian Naruto tidak menggunakan kekuatan dahsyat tersebut saat berhadapan dengan Isshiki? Sasuke sempat mengatakan mengenai Jyuubi kepada Naruto, yang mana bisa jadi Naruto mengurungkan niatnya menggunakan kekuatan terakhirnya tersebut.

Naruto sengaja tidak menggunakannya untuk pertarungan yang akan datang, menghadapi Jyuubi atau ancaman besar lainnya. Masashi Kishimoto sepertinya masih belum akan memberikan informasi apa pun terkait dengan lengan Naruto tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks informasi lainnya mengenai lengan Naruto tersebut pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.