Dalam cerita One Piece, ada tiga jenis buah iblis yang memberikan kekuatan luar biasa bagi penggunanya. Mereka adalah Paramecia, Logia, dan juga Zoan. Masing-masing jenis buah iblis tersebut memiliki kekuatan dan keunikan tersendiri. Masing-masing buah iblis juga terdapat satu buah iblis yang dianggap sebagai yang terkuat. Misalnya, untuk jenis Logia diketahui buah iblis Yami Yami dan Magu Magu dianggap sebagai buah iblis yang terkuat.

Kemudian untuk jenis Zoan, kita mengenal buah iblis Kaido Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu sebagai yang paling kuat. Bagaimana untuk tipe Paramecia? Buah iblis yang dianggap paling kuat dari jenis Paramecia adalah Gura Gura no Mi, yang awalnya digunakan oleh Whitebeard tetapi sekarang sudah berpindah ke tangan Blackbeard. Buah iblis Gura Gura no Mi dikenal sebagai buah iblis berjenis Paramecia terkuat di dunia.

Hal ini bukan tanpa sebab. Kekuatannya yang sangat dahsyat dikhawatirkan bisa menyebabkan kehancuran dari seluruh dunia ini. Pengakuan tersebut diucapkan langsung oleh Sengoku, yang saat perang Marineford menjabat sebagai kepala markas pusat angkatan laut. Admiral Tsuru juga menyebutkan bahwa tidak ada tempat yang aman di dunia ini untuk dia tuju jika harus berhadapan dengan buah iblis Gura Gura.

Lalu, apa yang membuat buah iblis Gura Gura begitu terkenal? Bukankah ada buah iblis lainnya yang jauh lebih mengerikan dari Gura Gura? Ada beberapa contoh untuk hal ini. Pertama, buah iblis Zushi Zushi no MI milik Fujitora. Buah iblis tersebut mampu memanipulasi gravitasi, dan yang lebih mengerikan adalah dia bisa menurunkan meteor besar di mana pun yang dia inginkan.

Kemudian Pika Pika no Mi milik Kizaru. Jika dia merubah spektrum cahaya miliknya atau menjadi sumber cahaya layaknya matahari, bukan tidak mungkin dia akan menyebabkan kekacauan di dunia. Atau contoh yang paling nyata adalah Yami Yami no Mi milik Blackbeard yang bisa menghisap apa pun ke dalamnya. Dia bahkan bisa menetralkan pengguna buah iblis seperti yang pernah dia lakukan saat mengalahkan Ace.

Jika memang buah iblis yang disebutkan di atas bisa menimbulkan potensi kehancuran dunia, mengapa Gura Gura no Mi yang menjadi buah iblis paling kuat dan berbahaya dan begitu ditakuti? Bisa jadi alasannya bukan dalam hal kekuatan, melainkan ketakutan yang ditimbulkan. Dengan kata lain ada efek psikologis yang muncul di dalamnya. Geeks tentu menyadari bahwa Pemerintah Dunia sangat takut dan mereferensikan Gura Gura no Mi sebagai akhir dari dunia ini.

Ada beberapa hal yang diketahui mampu dilakukan oleh buah iblis Gura Gura sampai sejauh ini. Yang paling kuat dan jelas serta ditakuti adalah kemampuannya untuk menciptakan tsunami atau gelombang besar. Dalam sebuah dunia di mana laut adalah bagian yang dominan, tsunami tentu adalah hal yang paling menakutkan. Dan pemilik Gura Gura no Mi bisa mengguncang udara serta atmosfer dan lautan yang kemudian menimbulkan tsunami besar, yang bisa saja menenggelamkan banyak pulau yang ada di dunia tersebut dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Gura Gura no Mi juga bisa menghasilkan gelombang kejut yang sangat dahsyat, di mana siapa pun – bahkan John Giant – harus takluk dari serangan ini. Pertanyaannya kemudian adalah apakah artinya buah iblisnya yang luar biasa atau justru penggunanya? Selain dari kekuatannya, salah satu alasan mengapa Gura Gura no Mi menjadi hal yang menakutkan para penguasa dunia adalah karena buah iblis ini berada di tangan salah satu Yonko, Edward Newgate alias Whitebeard.

Whitebeard sudah terbukti mampu menguasai dan menggunakan buah iblis ini dengan sangat baik. Namun, setelah kematiannya, buah iblis tersebut kemudian jatuh ke tangan Blackbeard. Jika Usopp yang memakan buah iblis tersebut, mungkin Gura Gura no Mi akan sedikit lebih lemah. Tetapi, apa jadinya jika Gura Gura no Mi memiliki pemilik yang jauh lebih kuat sebelum dimiliki oleh Whitebeard dan Blackbeard?

Bagaimana jika Gura Gura no Mi masuk kategori yang sama seperti Ope Ope no Mi atau Yomi Yomi no Mi, di mana kemampuan dari pengguna sebelumnya akan mempengaruhi kemampuan orang yang menguasai buah iblis tersebut selanjutnya? Jika Ope Ope no Mi akan lebih baik digunakan oleh dokter, dan Yomi Yomi no Mi berhasil ditingkatkan kemampuannya oleh kemampuan musik Brook, bukankah akan lebih baik jika Gura Gura no Mi ada di tangan ahli geologi atau ahli seismologi?

Berbicara mengenai Gura Gura no Mi, terdapat sebuah spekulasi menarik di kalangan fans yang berkaitan dengan kemunculan Red Line. Dalam teorinya, Red Line – tembok besar yang menjadi pemisah empat lautan besar – merupakan sisa kehancuran dari Reverse Mountain. Bagaimana jika Red Line sebenarnya diciptakan oleh Pemerintah Dunia dengan menggunakan kekuatan dari Gura Gura no Mi? Sehingga, rasanya masuk akal jika kemudian mereka takut saat Whitebeard yang menguasai buah iblis tersebut karena mereka tahu seperti apa kekuatan dari buah iblisnya.

Sejauh ini, Blackbeard masih belum menggunakan buah iblis Gura Gura dalam ceritanya selain saat mencobanya di Marineford. Mungkin, kita akan kembali melihat bagaimana Blackbeard menggunakan kekuatan dari Gura Gura no Mi saat pertarungan final melawan Luffy di akhir ceritanya yang mana pertarungan tersebut akan menjadi pertarungan yang epik di serinya. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya dan juga perkembangan dari buah iblis Gura Gura.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.