Sosok Daemon masih menjadi sebuah teka-teki besar dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Daemon diperkenalkan sebagai adik dari Eida, yang mana diketahui Daemon juga tidak kalah kuat dari sang kakak. Seperti halnya Eida dan juga Code, Daemon pun merupakan salah satu cyborg yang diciptakan oleh Amado dan memiliki sebuah teknik rahasia.

Sampai sejauh ini, Daemon masih belum diperlihatkan aktif dalam pertarungan atau aktif dalam sebuah cerita. Bahkan, saat Eida dan Code diperlihatkan bertarung melawan Kawaki dan Boruto, Daemon diperlihatkan tertidur di pangkuan Eida. Namun, di chapter 67 kemarin, kita melihat bagaimana Daemon kemudian ditarik oleh Code untuk melindunginya dari serangan Kawaki.

Hal tersebut membuat Daemon tersadar dan Daemon pun menawarkan bantuan kepada Code untuk menghadapi musuhnya. Namun, Code sendiri kemudian mengembalikan Daemon kembali ke pangkuan Eida. Apa yang terjadi pada momen tersebut merupakan bagian dari kemampuan Daemon, yang disebut sebagai “Reflection.” Secara teknis, kemampuan tersebut mampu membalikan serangan yang mengarah kepada Daemon kepada mereka yang melakukannya.

Simpelnya, ketika ada seseorang yang mencoba untuk menyerang atau menyakiti Daemon, maka selama pelakunya terus memikirkan hal tersebut, maka hal itu justru akan berbalik kepada sang penyerang. Selain apa yang diperlihatkan pada Kawaki di chapter 67 kemarin, Daemon juga sempat memperlihatkan kemampuannya ini ketika Code berada di fasilitas milik Boro untuk membangkitkan Eida.

Masashi Kishimoto sendiri masih belum memberikan penjelasan rinci mengenai kekuatan dari Daemon tersebut. Dan yang perlu dicatat adalah teknik “Reflection” hanya merupakan salah satu dari kemampuan mengerikan yang dimiliki Daemon. Kita masih belum mengetahui sekuat apa sosok Daemon, dan apa lagi kemampuan yang dimiliki olehnya selain teknik “Reflection.

Dengan kekuatannya yang dahsyat tersebut, banyak dari fans Boruto kemudian beranggapan bahwa Daemon merupakan karakter terkuat saat ini. Dan faktanya memang begitu. Untuk saat ini, kita masih belum mengetahui apa yang bisa membuat kemampuan Daemon menjadi lemah, atau kemampuan apa yang mampu menandingi kemampuan ‘Reflection’ milik Daemon.

Seperti yang ditulis dalam artikel sebelumnya, salah satu cara yang mungkin bisa digunakan untuk menandingi kemampuan Daemon adalah dengan memanfaatkan Jutsu atau teknik ninja lainnya, seperti Taijutsu. Dengan memanfaatkan teknik Taijutsu, penggunanya mungkin bisa menyerang atau mendekati Daemon dengan syarat bahwa niat dari sosok tersebut bukanlah untuk membunuh, melainkan hanya sekedar melumpuhkan Daemon.

Dengan melukainya, Daemon tentu tidak akan tewas dan ini bisa digunakan untuk menangkap atau mendekati Daemon. Selain Taijutsu, beberapa cara lainnya yang juga banyak dispekulasikan bisa menandingi kekuatan Daemon adalah Genjutsu. Teknik ini menjadi salah satu teknik yang cukup banyak dispekulasikan bisa menandingi kekuatan Daemon, karena dengan menciptakan ilusi mungkin kemampuan Daemon bisa dimanipulasi.

Dengan semua asumsi tentang Daemon dan kemampuan Reflection yang dia miliki, apakah artinya Daemon menjadi musuh yang tidak bisa dikalahkan? Untuk sementara, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ya. Berdasarkan semua informasi yang ada, rasanya masuk akal jika kemudian ada asumsi bahwa Daemon menjadi musuh yang sulit dikalahkan. Karena kita belum mengetahui bagaimana caranya menyerang Daemon.

Yang perlu dilakukan saat ini adalah mencari tahu apa yang menjadi kelemahan dari teknik Reflection tersebut. Selain menggunakan berbagai teknik di atas, mungkin harus ada keturunan Otsutsuki yang terlibat untuk menghentikan Daemon. Seperti yang kita ketahui, Eida memiliki kemampuan untuk membuat semua orang jatuh cinta kepadanya dan mau menuruti kata-katanya. Tetapi, hal itu tidak berlaku kepada klan Otsutsuki.

Artinya ada kemungkinan jika kemampuan dahsyat yang dimiliki oleh Daemon juga tidak berlaku kepada klan Otsutsuki. Jika kemudian Kawaki tidak bisa menggunakan kemampuannya untuk menghabisi Daemon, mungkin Boruto bisa memanfaatkan Momoshiki untuk mengalahkannya. Apakah Boruto dan Kawaki mampu menghadapi Daemon? Apakah rahasia kelemahan Daemon akan terungkap? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.