Kemunculan sosok Kashin Koji dalam seri Boruto: Naruto Next Generation berhasil mencuri banyak perhatian dari para penggemar serinya. Hal ini bukan tanpa sebab. Kashin Koji memiliki penampilan yang menarik dan unik, di mana dia penampilannya sangat mirip dengan salah satu legenda Sannin Konoha, Jiraiya. Hal ini pun tidak pelak membuat banyak teori bermunculan di kalangan fans.

Sebagian fans menganggap bahwa Kashin Koji adalah sosok Jiraiya yang menyamar. Teori lainnya menganggap Kashin Koji adalah anak dari Jiraiya atau sosok Jiraiya yang melakukan perjalanan waktu ke masa depan. Bahkan, ada juga teori yang menyebutkan bahwa Kashin Koji merupakan “reinkarnasi” dari sosok Jiraiya.

Namun, dalam chapter 47 kita diberi tahu bahwa Kashin Koji bukanlah Jiraiya yang menyamar atau pun reinkarnasi dari Jiraiya. Kashin Koji ternyata merupakan kloning dari sosok legendaris tersebut, di mana Amado yang menciptakan Kashin Koji dengan memanfaatkan DNA dari Jiraiya. Sayangnya, sampai saat ini masih belum diketahui dari mana Amado mendapatkan DNA Jiraiya.

“Kematian” Sosok Kashin Koji

Dalam chapter 47 tersebut pun selain kita mendapatkan fakta bahwa Kashin Koji merupakan kloning dari Jiraiya, kita diperlihatkan sesuatu yang sangat mengerikan. Di chapter itu kita diperlihatkan bagaimana Jigen bertarung melawan Kashin Koji. Pertarungan ini memang menjadi salah satu pusat perhatian para fans.

Pasalnya, pertarungan tersebut bukan hanya sekedar pertarungan antara Jigen dan Kashin Koji, melainkan juga pertarungan Kashin Koji melawan Isshiki Otsutsuki. Dan juga yang menjadi ironis adalah pertarungan tersebut sudah disepakati sebagai bagian dari rencana pengkhianatan Amado dan Kashin Koji. Kashin Koji pun dianggap memahami tugasnya, untuk membunuh Isshiki. Dan ia pun paham bahwa pertarungan melawan Isshiki bisa menjadi pertarungan terakhirnya.

Sebenarnya, Kashin Koji berhasil menang melawan Jigen berkat teknik Fire of Samadhi yang dia praktikan membuat tubuh Jigen akhirnya terbakar. Selain itu, tubuh Jigen juga hancur karena sudah tidak kuat lagi menahan serangan yang dilakukan oleh Kashin Koji. Ketika situasi dianggap sudah selesai dan menganggap Isshiki sudah mati, tetapi nyatanya Isshiki masih hidup dan berhasil melakukan reinkarnasi.

Isshiki memanfaatkan Karma di tubuh Kawaki untuk kembali bangkit. Yang menarik adalah ketika kembali hidup meskipun wajahnya mirip dengan Jigen, tetapi sosok asli Isshiki yang kemudian muncul. Pertarungan Isshiki melawan Kashin Koji bisa dibilang tidak seimbang, karena kekuatan Isshiki jauh di atas Kashin Koji.

Efeknya, Kashin Koji pun mampu dikalahkan dengan mudah oleh Isshiki setelah dia menggunakan teknik Sukunahikona dan Daikokuten. Tubuh Kashin Koji sendiri tidak bisa bergerak setelah terkena kotak-kotak besar yang menimpa tubuhnya. Itu adalah momen terakhir dari Kashin Koji sebelum dia menggunakan teknik Kuchiyose untuk menyelamatkan diri.

Kashin Koji Akan Kembali?

Masih belum diketahui bagaimana nasib Kashin Koji saat ini, mengingat luka parah yang dia derita sebelum dibawa pergi oleh salah satu katak gunung Myoboku. Namun, kemungkinan besar Kashin Koji masih hidup saat ini. Mungkin, Kashin Koji sedang dalam masa pemulihan di gunung Myoboku.

Jika Kashin Koji berhasil bertahan hidup, dia bisa menjadi sosok terdepan yang menghadang langkah Code. Kashin Koji bisa menjadi tambahan kekuatan untuk menghadapi Code, yang kemungkinan limiter dalam dirinya akan berhasil dibuka sehingga kekuatan asli dari Code akan terungkap. Jika hal itu terjadi, dengan Code yang dianggap lebih kuat dari Jigen, maka perlu ada tambahan kekuatan untuk mengalahkannya.

Rasanya memang masuk akal jika Kashin Koji kemudian menjadi lawan bagi Code. Kashin Koji mungkin bisa menjadi sekutu yang sebenarnya bagi Konoha, dan merubah Kara menjadi “organisasi hitam” Konoha yang akan melakukan “pekerjaan kotor” Konoha setelah organisasi ini diambil alih oleh Amado atau Kashin Koji. Sistem kerjanya mirip seperti ANBU, hanya saja Kara merupakan organisasi di luar Konoha.

Kemunculan kembali dari Kashin Koji tentunya sangat dinantikan oleh para fans, dan tentunya ada alasan kuat mengapa kemudian Masashi Kishimoto masih belum memperlihatkan kematian dari Kashin Koji. Mungkin dia akan memiliki peran penting dalam cerita yang akan datang. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.