Kemunculan Yamato dalam arc Wano ini berhasil mendapatkan perhatian dan juga hati dari para fans One Piece. Mereka senang dengan sosok Yamato, karena Yamato dianggap memberikan sebuah warna baru bagi cerita di serinya. Bahkan, sebagian dari para fans juga menginginkan Yamato untuk bisa bergabung dengan kru Topi Jerami.

Tidak ada karakter yang menarik, seperti halnya Yamato, yang tidak memiliki sebuah impian, dan One Piece sendiri merupakan series yang hampir setiap karakter yang muncul memiliki motivasi tertentu yang membuat mereka terus bersemangat menjalani petualangannya. Dan sejak pertemuannya dengan Luffy di istana Kaido, Yamato sudah memberi tahu semua informasi termasuk mimpinya.

Selain dia memiliki mimpi untuk bisa menghabisi nyawa ayahnya sendiri, yang sudah sering berbuat jahat dan kasar kepadanya, Yamato memiliki impian untuk bisa keluar dari Onigashima dan Wano. Yamato ingin mengarungi lautan berpetualang di dunia luar seperti sosok idolanya yaitu Kozuki Oden. Seperti yang kita ketahui, Oden berhasil keluar dari Wano dan bergabung dengan kelompok Whitebeard dan Roger.

Hal inilah yang membuat sebagian para fans berasumsi bahwa Yamato mungkin akan bergabung dengan kelompok Topi Jerami, pasca semuanya selesai. Yamato akan mewujudkan impiannya untuk bisa seperti Oden dengan bergabung bersama Luffy. Dan apa yang terjadi pada chapter 1041 mungkin akan semakin memperkuat asumsi tersebut.

Dalam chapter 1041, Momonosuke mengungkapkan kepada Yamato bahwa sang ayah, Kozuki Oden, merobek halaman dari buku catatan miliknya yang mana pada halaman tersebut terdapat sebuah informasi penting tentang apa yang ditemukan Oden di Laugh Tale. Alasan mengapa Oden merobek halaman tersebut pun masih belum diketahui. Karena hal ini Momonosuke akhirnya ragu untuk membuka perbatasan Wano.

Dia tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, dan dia khawatir bahwa dengan membuka perbatasan Wano maka hal tersebut justru akan menghadirkan potensi bahaya besar bagi para penduduk. Salah satu kemungkinan mengapa Oden merobek kertas pada halaman tersebut adalah dia ingin memberikannya kepada sang istri, Toki.

Oden ingin mempercayakan kertas tersebut kepada Toki sehingga dia bisa paham mengapa Toki perlu mengirimkan Kinemon dan yang lain ke masa yang akan datang. Kemungkinan kertas yang dipegang oleh Oden pada chapter 972, merupakan robekan halaman dari buku catatan miliknya yang juga disatukan dengan surat yang ditujukan untuk Toki.

Setelah semuanya selesai dibaca, dan Toki memahami pesan dan keinginan dari sang suami, akhirnya Toki menghancurkan kertas-kertas tersebut demi melindungi informasi penting yang ada di dalamnya. Kemungkinan lainnya adalah bukan Oden yang merobek halaman tersebut melainkan Kozuki Toki sendiri. Toki sengaja meninggalkan buku catatan Oden agar bisa ditemukan oleh Yamato.

Mengapa kemudian dia melakukan hal tersebut? Kepergiannya menuju Wano  pada 20 tahun yang lalu, merupakan sebuah misi besar yang sedang dia jalani. Karena itulah dia rela pergi ke 800 tahun yang akan datang untuk membantu orang-orang menghadapi ancaman yang ada. Toki sendiri kemungkinan tidak menginginkan Oden kembali atau tetap berada di Wano saat Orochi dan Kaido berkuasa.

Toki menyadari sesuatu tentang misinya yang membuat dia menjadi sosok kunci untuk situasi di Wano agar sesuai dengan yang dia inginkan. Toki pun akhirnya memanipulasi segala hal tanpa disadari banyak orang, termasuk merobek halaman penting pada buku catatan Oden. Apa tujuannya? Toki ingin memandu seseorang – yang tidak lain adalah Yamato – untuk berpetualang dan melihat apa yang Roger dan Oden lihat.

Berdasarkan semua penjelasan di atas, asumsi bahwa Yamato akan bergabung dengan kelompok Topi Jerami memang memiliki peluang yang sangat besar. Dan berbagai petunjuk pun sepertinya sudah dihadirkan oleh Oda Sensei. Oda Sensei tentu tidak akan serta merta menghadirkan sosok Yamato seperti sekarang.

Sudah sangat jelas bahwa Oda Sensei ingin para fans terus melihat pertualangan dan perkembangan karakter dari Yamato. Keinginannya untuk bisa melihat lautan dan berpetualangan secara bebas kemungkinan akan terwujud. Jika Yamato tetap berada di Wano rasanya akan sangat disayangkan dengan semua impian yang sudah dia ungkapkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.