Seri Dragon Ball Super memberikan petunjuk tentang kembalinya Ultimate Gohan dengan dirilisnya film layar lebar Dragon Ball Super: Super Hero. Sosok Gohan mungkin berbeda dengan sang ayah yang dianggap sebagai salah satu karakter penting dalam franchisenya. Namun, Gohan masih belum bisa sebesar dan sepenting sang ayah dalam ceritanya.

Semua hal itu dimulai saat arc Buu Saga Namun, dengan Gohan dan Piccolo yang menjadi karakter penting dalam cerita di filmnya nanti, sepertinya Gohan akan memiliki beban yang sangat besar dan berat di pundaknya dan Gohan juga tentu akan memerlukan kekuatan yang sangat besar untuk bisa menyelesaikan semua misi tersebut.

Hal ini juga yang dianggap menjadi salah satu hal menarik dari film Dragon Ball Super: Super Hero. Gohan dipaksa harus meningkatkan level kekuatannya, dan hal ini pun sudah dihadirkan dalam berbagai materi promosi bagaimana Gohan dan Piccolo akan menjadi “pemeran utama” dalam menghadapi ancaman dari android baru yang dibuat oleh Red Ribbon Army.

Petunjuk Kembalinya Ultimate Form Gohan

Seperti biasa, petunjuk mengenai peningkatan level kekuatan Gohan sudah muncul dalam bocoran yang beredar di jagat media sosial. Dalam bocoran yang berupa gambar pernak-pernik untuk filmnya, salah satu pernak-pernik yang diunggah adalah desain karakter Gohan tanpa kacamata yang biasa dia gunakan.

Desain karakter Gohan tanpa kacamata tersebut kemudian disebut sebagai “Ultimate Gohan,” yang mana ini bisa menjadi teaser bagi kembalinya transformasi paling hebat dari Gohan. Selain desain karakter, bocoran yang paling baru memperlihatkan pernak-pernik berupa desain action figure nendroid dari para karakter yang muncul di film Super Hero, termasuk Gohan.

Dalam deskripsi karakternya tertulis, “Pertama kita melihat Ultimate Gohan, yang sebelumnya diperlihatkan dalam key visual untuk film terbarunya! Lalu, musuh seperti apa yang akan dia hadapi dalam form paling kuatnya ini?!”

Apa Sebenarnya Ultimate Form Gohan?

Sekedar informasi, transformasi Ultimate Gohan sendiri pertama kali muncul dalam cerita Buu Saga dalam seri Dragon Ball Z. Saat itu, Kaioshin yang berhasil membuka potensi kekuatan dahsyat Gohan tersebut. Ultimate Form sendiri, sesuai namanya, adalah transformasi terkuat Gohan setelah dia berhasil menggunakan Super Saiyan dan Super Saiyan 2.

Sehingga, bisa dibilang dibilang bahwa Ultimate Form Gohan mirip seperti Super Saiyan 3 dari Goku dan Vegeta. Dalam seri Dragon Ball Super, kemudian kita melihat bagaimana form Ultimate dari Gohan ini mendapatkan peningkatan kekuatan dari Akira Toriyama. Tujuannya adalah agar Gohan bisa bergabung dengan para petarung lainnya dan mempertahankan Universe 7 dalam Tournament of Power.

Kekuatan baru dari Gohan tersebut berbeda dengan apa yang dihadirkan dalam versi anime dan manga sebelumnya. Dengan peningkatan tersebut, wajar jika kemudian Gohan menjadi bagian dari tim Universe 7. Meskipun begitu, Ultimate Gohan versi terbaru ini dianggap, untuk saat ini, sebagai transformasi yang sangat kuat dan sama kuatnya dengan transformasi dari Super Saiyan Blue atau Super Saiyan Kefla.

Namun, tentunya pasca turnamen tersebut selesai, baik Goku dan Vegeta sama-sama sudah mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal kekuatan. Goku sudah menguasai teknik yang dikuasai para dewa yaitu, Ultra Instinct. Teknik ini membuat Goku bisa begrerak secara mandiri tanpa perlu berpikir. Vegeta juga pergi ke planet Yardrat untuk mempelajari Spirit Fission, dan yang paling baru tentunya adalah bagaimana Vegeta mengembangkan sendiri teknik miliknya yang kemudian diberi nama Ultra Ego.

Gohan sendiri sebenarnya sempat diperlihatkan kembali mengalami peningkatan kekuatan dalam form Ultimate miliknya, saat Moro menyerang bumi. Namun, tidak ada yang spesial dari hal tersebut. Film Dragon Ball Super: Super Hero bisa menjadi kesempatan besar bagi franchisenya untuk membuat Gohan bisa semakin kuat – bahkan bisa saja membuat dia hampir setara dengan Goku dan Vegeta.

Perbedaan kekuatan antara Goku dan Gohan sudah sejak lama menjadi perbincangan hangat dan protes yang dilayangkan oleh para fans kepada Akira Toriyama. Apalagi, Gohan dianggap sebagai “sosok terpilih” seperti yang diperlihatkan dalam cerita di seri Dragon Ball Z, di mana Gohan ditakdirkan untuk melampaui kemampuan  ayahnya.

Sayangnya, dalam Dragon Ball Super yang pertama, misi tersebut akhirnya harus berubah, di mana Akira Toriyama kembali berfokus pada sosok Vegeta dan Goku. Film Super Hero bisa menjadi jawaban atas kekecewaan para fans terkait dengan kekuatan dari Gohan. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana peningkatan level kekuatan Gohan akan berhasil menyelamatkan bumi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.