Sosok Uzumaki Boruto sepertinya sudah bukan lagi manusia seperti yang kita ketahui saat ini. Boruto sudah sepenuhnya berubah menjadi salah satu Otsutsuki, yang merupakan klan berasal dari planet lain. Bagaimana Boruto kemudian bisa berubah menjadi Otsutsuki? Hal ini diketahui dengan proses Otsutsukifikasi Boruto yang sudah mencapai di atas 80%.

Seperti yang kita ketahui, di awal seri Boruto: Naruto Next Generation sosok Boruto diperlihatkan ikut mengalahkan Momoshiki Otsutsuki, bersama sang ayah, Naruto Uzumaki, dan juga gurunya, Uchiha Sasuke. Kemunculan dari sosok Momoshiki sendiri adalah untuk membunuh Naruto, dan kemudian mengorbankannya kepada monster ekor sepuluh dengan tujuan untuk memanen buah chakra dari pohon suci.

Meskipun pada akhirnya Boruto berhasil mengalahkan Momoshiki, sebelum Momoshiki “tewas” dia sempat menanamkan segel Karma ke tubuh Boruto. Berdasarkan informasi yang ada sejauh ini, Karma merupakan cara bagi klan Otsutsuki untuk bisa tetap hidup “abadi.” Karma sendiri merupakan data-data pribadi dalam diri Otsutsuki yang kemudian dipindahkan atau dicadangkan ke tubuh lainnya.

Setelah seseorang ditanami segel Karma, maka proses Otsutsukifikasi atau proses perubahan seseorang menjadi Otsutsuki pun dimulai. Meskipun penggunanya bisa memanfaatkan kekuatan dan kemampuan dari sang Otsutsuki yang menanamkan segel Karmanya, namun satu hal yang pasti adalah Otsutsuki tersebut akan mengambil alih tubuhnya setelah proses Otsutsukifikasi selesai.

Dalam hal ini, setelah proses Otsutsukifikasi selesai, tubuh Boruto akan menjadi milik Momoshiki dan Boruto pun akhirnya akan tewas. Sampai sejauh ini memang belum ada cara efektif untuk bisa menghentikan proses Otsutsukifikasi. Amado sendiri pun tidak tahu bagaimana caranya untuk mencegah atau bahkan menghentikan proses tersebut. Satu-satunya cara yang bisa digunakan, seperti diungkapkan oleh Kawaki, adalah mempersiapkan diri dan mencari tubuh pengganti.

Boruto sendiri sempat meminum obat yang diberikan oleh Amado untuk memperlambat proses Otsutsukifikasi. Namun, seperti yang pernah diucapkan oleh Momoshiki saat pertarungan melawan Isshiki, proses Otsutsukifikasi di tubuh Boruto sudah berjalan di atas 82%. Menyadari bahwa dirinya mungkin tidak akan selamat, akhirnya Boruto meminta Kawaki membunuhnya, seperti diperlihatkan pada chapter 66.

Meskipun hal tersebut menjadi sesuatu yang mengejutkan para fans, namun muncul fakta baru. Dengan membunuh Boruto, sepertinya cara tersebut efektif untuk menghentikan proses Otsutsukifkasi. Bagaimana caranya? Seperti yang diungkapkan oleh Momoshiki, proses perubahan Boruto sudah berjalan 82% yang mana Momoshiki terpaksa menggunakan 18% sisanya untuk mengembalikan nyawa Boruto.

Menurut Momoshiki, jika hal tersebut tidak dilakukan maka dia pun akan ikut tewas bersama wadahnya. Meskipun begitu, Momoshiki pun kemudian menegaskan bahwa meskipun proses Otsutsukifikasi di tubuh Boruto terhenti di angka 82% setelah Momoshiki menggunakan sisa datanya, dengan proses yang sudah di atas 80% artinya Boruto sudah sepenuhnya menjadi sosok Otsutsuki baru.

Berdasarkan penjelasan Momoshiki tersebut, dengan data dari Momoshiki yang sudah berhasil diekstraksi lebih dari 80% maka bisa disimpulkan bahwa saat ini Boruto sudah bukan lagi manusia, melainkan seorang Otsutsuki. Namun, di sisi lain, Momoshiki bisa dipastikan tidak akan bisa kembali bangkit karena prosesnya sendiri tidak berjalan sempurna dan harus terhenti di angka tersebut.

Implikasi dari hal ini tentunya akan memengaruhi secara penuh jalan cerita dari serinya. Menarik juga untuk melihat apa yang akan dilakukan oleh Naruto saat dia mengetahui hal tersebut, meskipun bisa dipastikan bahwa Naruto masih akan tetap menganggap Boruto sebagai anaknya. Dan hal ini juga sepertinya berkaitan dengan apa yang terjadi pada masa yang akan datang.

Seperti yang diketahui, chapter pertama serinya kita diperlihatkan kondisi yang terjadi pada masa yang akan datang di mana Kawaki dan Boruto saling bertarung. Mereka terlihat menggunakan Karma, dan keduanya juga sama-sama sudah berhasil mengendalikan Karma tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan dilakukan oleh Boruto kedepannya setelah dia mengetahui fakta luar biasa tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.