Sosok God dalam seri One-Punch Man sempat menjadi bahan perbincangan para fans karena sosoknya yang misterius. Namun, puncak perbincangan para fans terhadap sosok God adalah saat God muncul dalam bentuk suara ketika Flashy Flash, Saitama, dan Monaka terjebak di bawah reruntuhan markas asosiasi monster. Kemudian, saat God akhirnya muncul secara fisik pada chapter 153.

Dalam chapter 153, diperlihatkan bagaimana sosok God muncul dari balik bulan. Dia memiliki wujud yang sangat besar, serta wajah yang menyeramkan, di mana bentuknya mirip seperti sel otak. Namun, fakta yang menarik adalah bagaimana peran God dalam seri ini. Diketahui, bahwa sudah ada beberapa orang yang sempat diberikan kekuatan oleh God. Siapa saja?

Pyskos-Orochi

Pertarungan antara Tatsumaki melawan Psykos menjadi salah satu pertarungan yang paling epik dari arc Monster Association dan juga dari seluruh seri yang ada. Tatsumaki untuk pertama kalinya benar-benar harus mengerahkan semua kekuatannya untuk melawan Psykos. Psykos sendiri diketahui merupakan salah satu esper atau ahli telekinsesis terkuat di serinya.

Dia bahkan yang dianggap menggerakkan seluruh asosiasi monster dari balik layar. Saat pertarungan melawan Tatsumaki, Psykos hampir saja kalah. Namun, dia kemudian memutuskan untuk menyatu dengan sang raja monster, Orochi. Saat momen menyatu tersebut terjadi, seperti yang diperlihatkan dalam chapter 132, Psykos kemudian mendapatkan tambahan tenaga baru.

Tambahan kekuatan dan tenaga baru tersebut sempat membuat Tatsumaki terkejut, karena dia tahu bahwa dengan menyerap kekuatan monster tidak akan mampu membuat Psykos mendapatkan kekuatan yang sangat dahsyat. Ternyata sumber kekuatan Psykos-Orochi berasal dari God. Menurut penuturan Psykos, kekuatan yang mengalir dalam dirinya benar-benar sangat dahsyat, bahkan mungkin dia bisa saja berubah menjadi bumi.

Homeless Emperor

Saat pertama kali muncul di chapter 109, God diperkenalkan sebagai sekumpulan angin yang kemudian membentuk tubuh manusia. Saat itu, God memberikan kekuatan dahsyat kepada Homeless Emperor. Masih belum diketahui apa yang menjadi alasan dibalik God memberikan kekuatan kepada Psykos-Orochi dan juga Homeless Emperor. Namun, God nampaknya setuju dengan apa yang dipikirkan oleh Homeless Emperor.

Dalam kilas baliknya, Homeless Emperor merupakan seorang pria biasa yang harus menerima banyak cobaan. Mulai dari perundungan sampai disingkirkan dari masyarakat. Karena itulah, dia sudah sangat muak dengan tingkah manusia yang menurutnya adalah makhluk rendah. Homeless Emperor pun kemudian hendak mengakhiri nyawanya sendiri.

Namun, kemudian God muncul dan menyatakan bahwa dia setuju apa yang dipikirkan oleh Homeless Emperor terkait dengan umat manusia, bahwa mereka sangat rendah dan menjijikan. Karena itulah, God kemudian memberikan kekuatan dahsyat kepada Homeless Emperor dengan tujuan untuk membalas dendam apa yang sudah mereka lakukan. Menurut God, bumi berhak mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

Ada Karakter Lainnya?

Sepertinya, God berusaha mencari orang-orang yang menurutnya pantas untuk diberikan kekuatan. Dan cara yang dia lakukan untuk melakukan hal tersebut adalah mengirimkan sebuah benda berbentuk kotak hitam, mirip yang ditemukan oleh Saitama, Flashy Flash, dan Monaka saat mereka terjebak di bawah tanah.

God akan meminta seseorang untuk menyentuh kotak hitam tersebut untuk melihat apakah mereka pantas mendapatkan kekuatannya, namun jika sebaliknya, maka nyawa mereka yang akan melayang. Sejauh ini, selain Psykos-Orochi dan Homeless Emperor, masih belum diketahui siapa lagi karakter yang menerima kekuatan dari God. Meskipun begitu, ada kemungkinan jika God mungkin sudah memberikan kekuatannya kepada orang lain.

Misalnya kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Ugly Fuhrer. Ugly Fuhrer diketahui memiliki kemampuan untuk bisa menghancurkan karakter kuat, seperti pahlawan kelas S, Sweet Mask. Selain itu, karakter yang juga mungkin sudah mendapatkan kekuatan dahsyat dari God Adalah Black Sperm. Diketahui Black Sperm bahkan mampu membuat Atomic Samurai kewalahan.

Kemampuan Black Sperm adalah dia tidak akan tewas setelah tubuhnya dibelah atau dipotong. Justru jumlahnya akan bertambah banyak. Dan ketika mereka semua menyatu menjadi satu tubuh yang kuat, maka kekuatannya akan sangat luar biasa. Contohnya saat Black Sperm menghajar Atomic Samurai. Black Sperm juga diketahui mampu berevolusi menjadi Platinum Sperm.

Dan level kekuatan Platinum Sperm bahkan hanya bisa kalah oleh Awakening Garou, seperti diperlihatkan dalam chapter sebelumnya. Bukan tidak mungkin beberapa karakter kuat seperti Orochi dan Gyoro Gyoro juga mendapatkan kekuatan dari God sehingga mereka memiliki kekuatan yang dahsyat. Dan God sepertinya tidak akan berhenti untuk terus mencari orang yang akan menjadi “korbannya.”

Dalam chapter 156, God sempat menyamar menjadi sosok Blast untuk merayu Tatsumaki agar dia mau menyentuh tangannya dan menerima kekuatan darinya. Namun, beruntung bahwa Tatsumaki masih mengingat apa yang diucapkan oleh Blast sehingga dia tidak tertipu oleh trik yang dilakukan oleh God tersebut.

Dengan apa yang dihadirkan dalam ceritanya sampai sejauh ini, memang rasanya wajar jika God menjadi sosok yang kuat. Dan seperti yang banyak diprediksi atau banyak dispekulasikan oleh para fans, dengan kekuatan dahsyat yang dimiliki God mungkin dialah yang sedang dihadapi oleh Blast dan para pahlawan dari dimensi lain. Selain itu, God mungkin akan menjadi lawan yang sepadan bagi Saitama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.