Kekuatan dari buah iblis memang menjadi salah satu sumber kekuatan yang ada di seri One Piece. Ada banyak karakter dalam ceritanya yang memiliki kekuatan buah iblis, seperti sosok Monkey D. Luffy yang merupakan protagonis utama dalam serinya. Luffy selalu diperlihatkan memiliki cita-cita untuk menjadi seorang bajak laut, dan pergi ke pulau terakhir untuk menemukan One Piece.

Namun, untuk bisa mewujudkan mimpinya tersebut Luffy harus menghadapi berbagai rintangan. Seperti melawan bajak laut lain, angkatan laut, bahkan Yonko. Beruntung Luffy memiliki kekuatan yang tangguh serta kemampuan buah iblis Gomu Gomu, di mana berkat buah iblis tersebut Luffy bisa memiliki badan dan anggota tubuh lainnya yang lentur seperti karet.

Meskipun begitu, para fans sendiri berharap bahwa ada beberapa karakter lainnya yang juga memiliki kekuatan buah iblis. Dalam kru bajak laut Topi Jerami sendiri diketahui baru empat orang yang memiliki kekuatan buah iblis. Mereka adalah Luffy, Brook, Chopper, dan Robin. Bagaimana jika kemudian kru Topi Jerami lainnya memiliki kemampuan buah iblis?

Hal ini pun dijawab oleh Oda Sensei dalam kolom SBS Volume 98 kemarin. Dalam kolom SBS tersebut, seorang fan bertanya kepada Oda Sensei apa buah iblis yang cocok untuk dimakan oleh para kru Topi Jerami lainnya yang belum memiliki kekuatan buah iblis. Oda Sensei kemudian menjawab bahwa pertanyaan tersebut menarik dan kemudian menegaskan jawabannya.

Menurut Oda, Roronoa Zoro cocok untuk mengonsumsi buah iblis Uo Uo no Mi, Model: Seiryu. Di sisi lain, Nami dirasa cocok untuk mengonsumsi Goro Goro no Mi. Usopp sendiri dirasa cocok untuk mengonsumsi Poke Poke no Mi, sedangkan Sanji mengonsumsi Sui Sui no Mi.

Terakhir adalah Franky yang dirasa cocok untuk mengonsumsi Buki Buki no Mi. Usopp mendapatkan buah iblis Poke Poke no Mi memang dirasa cocok karena dengan kekuatan buah iblisnya yang membuat penggunanya bisa menaruh apa pun dalam sebuah kantung yang tidak memiliki batas, Usopp bisa menaruh apa pun yang dia butuhkan, seperti peluru Pop Greens.

Selain itu, mengingat Usopp adalah sosok kreatif yang sering menciptakan sesuatu, dengan adanya buah iblis ini Usopp bisa lebih banyak menaruh atau menyimpan benda-benda yang digunakan dalam pertempuran. Dan ini tentunya bisa membantu Usopp atau pun kru lainnya.

Franky menerima buah iblis Buki Buki no Mi milik Baby 5 juga dianggap memang cukup masuk akal. Dengan tubuh cyborg yang dia miliki, serta persenjataan yang melimpah, tidak perlu banyak penjelasan lagi mengapa kemudian Franky memang dianggap pas untuk menerima buah iblis tersebut. Kemudian buah iblis dari Nami adalah Goro Goro no Mi, yang membuat penggunanya bisa mengendalikan kekuatan petir.

Hal ini tentu dianggap sesuai dengan gaya bertarungnya, karena saat ini pun Nami memiliki Clima-Tact yang membuat dia bisa mengendalikan cuaca dan membuat petir. Dengan adanya buah iblis tersebut efek kekuatan dari Nami tentu akan bertambah. Berbeda dengan kru lainnya, bagaimana buah iblis untuk Sanji dan Zoro yang dianggap kurang pas dengan kepribadian mereka bisa dibilang menarik.

Kemungkinan alasan mengapa buah iblis untuk Sanji dan Zoro tidak sesuai dengan kepribadian mereka ada kaitannya dengan level kekuatan dari keduanya. Baik Sanji atau pun Zoro memang sudah diketahui memiliki level kekuatan yang sangat dahsyat. Mereka adalah dua petarung handal selain Luffy di kelompok Topi Jerami dan juga di seluruh serinya.

Berdasarkan hal tersebut, mungkin Oda beranggapan bahwa keduanya tidak perlu lagi tambahan kekuatan yang terlalu besar. Bahkan, jika diperhatikan, Oda mengatakan bahwa buah iblis Uo Uo tersebut bukan diberikan kepada Zoro melainkan kepada pedangnya. Oda beralasan bahwa akan sangat keren ketika sebuah pedang bisa berubah menjadi seekor naga.

Mungkin hal ini juga menjadi alasan mengapa Oda tidak memberikan kemampuan buah iblis kepada Jinbe. Jinbe sudah terbukti sebagai seorang petarung yang penuh pengalaman bertarung, dan tidak lupa juga bahwa gaya bertarungnya yang paling efektif berkaitan dengan air. Kemampuan Jinbe akan semakin meningkat jika dia bertarung di dalam air.

Buah iblis akan mencegah Jinbe untuk bisa bertarung di dalam air, karena seperti yang diketahui bahwa kelemahan dari pengguna buah iblis adalah kemampuan berenang mereka di laut akan menghilang. Namun, meskipun jawaban dari Oda Sensei terkait buah iblis bagi para kru Topi Jerami ini sangat menarik, kecil kemungkinan bahwa hal tersebut akan terjadi.

Oda biasanya senang menghadirkan peningkatan kekuatan dari sebuah karakter dengan peningkatan kekuatan personal mereka atau cerita masa lalu mereka. Misalnya, peningkatan kekuatan dari sosok Nico Robin ada kaitannya dengan kebersamaan dengan Pasukan Revolusi selama dua tahun saat time-skip terjadi.

Karena hal itu, peningkatan kekuatan para karakter tersebut yang tiba-tiba – apalagi peningkatannya berkaitan dengan kekuatan buah iblis – akan dianggap kurang pantas dibandingkan dengan anggota kelompok Topi Jerami lainnya atau karakter lain yang sebelumnya sudah mengalami peningkatan kekuatan secara susah payah.

Meskipun begitu, hal ini tentu tidak mengurangi tingkat kesenangan dalam bermain-main dengan imajinasi bila kemudian para kru seperti Zoro, Nami, dan Sanji serta kru Topi Jerami lainnya medapatkan kekuatan buah iblis. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju bila kru Topi Jerami lainnya mendapatkan kekuatan buah iblis?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.