Para fans dari seri One Piece senang karena kru Topi Jerami merekrut sosok Jinbe yang akhirnya mau menerima tawaran dari Luffy untuk bisa bergabung dengan mereka. Jinbe pertama kali bertemu dengan Luffy saat dia mencoba membebaskan Ace. Luffy pun kemudian mengalami petualangan bersama dengan Jinbe sampai akhirnya di arc Whole Cake Island, Luffy memintanya untuk bergabung.

Namun, Jinbe tidak langsung menerima tawaran dari Luffy tersebut. Jinbe sempat meminta waktu kepada Luffy untuk memikirkn hal tersebut. Dan kejutan kemudian terjadi saat Luffy dan yang lain hendak menyerang Onigashima, di mana Jinbe muncul dan kemudian resmi menjadi bagian dari kru Topi Jerami. Tetapi, pengalaman Jinbe sebagai bajak laut sangatlah panjang. Berikut adalah perjalanan Jinbe menjadi bajak laut.

Menjadi Anggota Bajak Laut Matahari

Perjalanan Jinbe menjadi bajak laut sudah dimulai jauh sebelum Luffy memulai perjalanan miliknya. Jinbe diketahui sangat ahli dalam hal bela diri, terutama Fish-Man Karate. Jinbe diketahui merupakan pemilik sabuk hitam, dan dia mendapatkannya saat masih kecil. Jinbe sempat menjadi pasukan dari Neptune.

Jinbe memutuskan untuk menjadi bajak laut ketika Fisher Tiger menyerang Mary Geoise dan membebaskan berbagai budak yang ada di sana. Setelah Fisher Tiger tersadar, dia kemudian membentuk sebuah kelompok bajak laut yang disebut kelompok bajak laut Matahari bersama Jinbe dan para manusia ikan lainnya.

Setelah mengetahui tentang manusia, terutama angkatan laut  terhadap para budak, Jinbei pun berubah menjadi brutal terhadap musuhnya. Namun, Fisher Tiger menginstruksikan kepada para krunya untuk tidak membunuh manusia, karena hal tersebut justru akan semakin memperburuk citra mereka. Dan Jinbe pun benar-benar mendengarkan kata-kata dari sang kapten sampai ke lubuk hati.  Fisher Tiger sendiri kemudian diceritakan tewas karena kehabisan darah, dan tidak ada manusia yang mau menyumbangkan darahnya.

Menjadi Shichibukai

Setelah mengisi posisi Fisher Tiger sebagai kapten dari kelompok bajak laut Matahari, Jinbe kemudian melanjutkan kehidupannya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh sang mantan kapten. Jinbe sendiri tumbuh dan berhasil meraih popularitasnya sendiri sebagai bajak laut, dan akhirnya mendapatkan nilai buruan yang besar.

Karena popularitasnya tersebut diakui oleh Pemerintah Dunia, mereka pun kemudian menawarkan Jinbe untuk bekerja sama dengan pihak pemeritah. Jinbe pun kemudian menerima hal tersebut dan akhirnya menjadi salah satu dari Shichibukai, bajak laut yang bekerja untuk pihak Pemerintah Dunia. Koneksi Jinbei dengan angkatan laut berhasil membuat Arlong dibebaskan.

Tetapi, Arlong sendiri tidak senang dan marah dengan kepemimpinan Jinbei dan memutuskan untuk membuat Arlong keluar dari kelompok bajak laut tersebut dan membuat kelompok bajak lautnya sendiri. Ketika Ace ditangkap oleh pihak angkatan laut dan kelompok Whitebeard hendak berperang menghadapi mereka, Jinbei menjadi satu-satunya Shichibukai yang menolak untuk bergabung dalam perang di Marineford.

Hal ini dikarenakan Whitebeard memiliki jasa besar terhadap para kaum manusia ikan dan juga pulau manusia ikan, di mana pulau tersebut menjadi salah satu wilayah yang menjadi kekuasaan Whitebeard, yang artinya Whitebeard melindungi pulau tersebut. Jinbe kemudian ditangkap dan dipenjara di Impel Down, serta posisinya di Shichibukai pun dicopot.

Menjadi Bagian Dari Kelompok Big Mom

Saat Whitebeard tewas di pertempuran Marineford, pulau manusia ikan pun harus kehilangan sosok penjaganya. Jinbei pun akhirnya mau tidak mau menjalin aliansi dengan kelompok bajak laut Big Mom dengan cara menikahkan Aladdin dengan Praline, salah satu anak dari Big Mom. Akhirnya, pulau manusia ikan pun berada di bawah kekuasaan Big Mom.

Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama setelah Jinbe kemudian membatalkan keputusannya tersebut. Seluruh krunya mendukung keputusan Jinbei, dan dia pun kemudian bertarung melawan Big Mom. Meskipun hampir tewas, Jinbei pada akhirnya berhasil kabur dari sosok Big Mom.

Jinbei kemudian membantu kelompok Topi Jerami untuk menyelamatkan Sanji dan kembali ikut bertarung melawan kelompok bajak laut Big Mom. Yang paling epik juga adalah Jinbei berhasil membuat Thousand Sunny menghindari kehancurannya, berkat kemampuan mengemudi kapal yang luar biasa.

Saat Luffy menawarkan Jinbei untuk bergabung dengan krunya, dia tidak langsung menerima hal tersebut. Jinbei melihat bahwa kelompok bajak laut Matahari tidak bisa dibiarkan begitu saja hancur. Dia pun memutuskan untuk membantu mereka dan berjanji untuk kembali bertemu di Wano, yang mana akhirnya janji tersebut terwujud.

Jinbei mungkin adalah anggota yang paling terakhir untuk bergabung dengan kelompok Topi Jerami, tetapi hal tersebut bukan berarti dia tidak memiliki pengalaman apa pun. Justru, Jinbei yang paling berpengalaman dibandingkan semua kru Topi Jerami. Dia pernah mengalami berhadapan dengan Pemerintah Dunia, sambil tetap menjaga moral dan keyakinannya. Dengan sekarang Jinbei resmi menjadi kru Topi Jerami, menarik untuk melihat apa yang akan disuguhkan selanjutnya bagi Jinbei.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.