Haki merupakan salah satu dari dua kekuatan besar yang ada di dunia One Piece. Meskipun buah iblis menjadi sistem kekuatan yang paling utama dan paling pertama diperkenalkan di serinya, namun Haki kemudian menyusul dan sejak saat itulah Haki juga erat kaitannya dengan cerita yang ada. Kemampuan Haki pertama kali diperkenalkan oleh Shanks, di chapter pertama serinya.

Saat itu, Shanks menggunakan Conqueror Haki untuk mengintimdasi salah satu monster laut yang hendak memakan Luffy. Namun, kemampuan Haki baru benar-benar diperkenalkan dan dijelaskan kepada para fans di babak pertama serinya. Ketika Rayleigh memutuskan untuk melatih Luffy, Haki kemudian mulai dijelaskan kepada para fans sebagai sebuah kekuatan baru.

Karena kompleksitas Haki, tidak semua orang mampu membangkitkan kekuatan Haki. Haki dan beragam tipenya sudah menjadi hal yang umum di New World. Namun, dengan Haki yang sudah sering muncul dalam ceritanya memunculkan sebuah pertanyaan. Apakah seseorang perlu mempelajari Haki?

Haki Sebelum Time-Skip

Untuk benar-benar memahami pentingnya Haki dalam cerita, para fans perlu melihat ke belakang ketika tidak ada satu pun kru Topi Jerami yang menguasai kemampuan ini. Dalam beberapa kesempatan, Luffy memang diperlihatkan menggunakan kemampuan Haki, namun Luffy baru benar-benar bisa mengendalikan kemampuannya setelah berlatih bersama Rayleigh.

Kata “Haki” sendiri sering kali disebutkan untuk mengukur sampai sejauh mana kekuatan tekad seseorang. Ketika Shanks menginjakan kaki di kapal milik Whitebeard, “kekuatan tekad” atau Haki dari Shanks sangat disanjung oleh para kru Whitebeard. Sudah sangat jelas bahwa Oda sepertinya sedang membuat Haki menjadi sesuatu yang penting, dengan secara konstan menyebutkan tentang kekuatan tekad dan pentingnya seseorang menguasai Haki untuk membedakan kualitas mereka dengan yang lain.

Ketika kru Topi Jerami tiba di kepulauan Sabaody, pentingnya Haki kemudian mulai benar-benar ditonjolkan dalam cerita. Kelompok Topi Jerami hampir saja hancur lebir di pulau tersebut, saat mereka tidak mampu menghadapi kekuatan Logia dari admiral Kizaru. Atau bagaimana mereka kewalahan dalam menghadapi Pacifista.

Bahkan, Sentomaru yang memiliki kemampuan Armament Haki membuat Luffy tidak bisa berbuat banyak dalam pertarungan. Momen tersebut menjadi pertanda bahwa kru Topi Jerami perlu mengalami peningkatan kekuatan. Sayangnya, mereka justru harus terpisah. Namun, berpisahnya mereka ternyata membawa berkah tersendiri karena pada akhirnya mereka pun berlatih, termasuk melatih kemampuan Haki.

Bagaimana kemudian Silvers Rayleigh pergi untuk menemui Luffy dan berdiskusi tentang melatih kemampuan Haki yang dimiliki Luffy, memberikan petunjuk jelas bahwa Haki dibutuhkan untuk bisa mencapai puncak level bajak laut. Menurut Rayleigh, tanpa adanya kemampuan Haki, Luffy akan mampu dikalahkan dengan mudah.

Haki di New World

Pasca time-skip, beberapa kru Topi Jerami seperti Luffy, Zoro, dan Sanji kembali dari latihan mereka. Dan salah satu hal yang mereka pelajari adalah kekuatan Haki. Tidak butuh waktu lama bagi para fans melihat peningkatan level ketiganya. Pacifista yang sebelumnya menjadi masalah besar, justru dianggap sepele oleh Luffy. Luffy mampu menghancurkan Pacifista hany dengan satu serangan.

Hal tersebut menunjukan perbedaa besar yang dibuat oleh Luffy saat menguasai Haki. Kekuatan Haki juga merupakan modal penting bagi bajak laut yang ingin pergi ke New World. Pasalnya, di wilayah yang penuh dengan bajak laut kuat tersebut kemampuan Haki sudah menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh siapa pun.

Tanpa kemampuan Haki, seseorang tidak akan bertahan lama di New World. Seperti yang disebutkan oleh Don Chinjao, untuk bisa berada di jajaran atas maka seseorang harus bertarung menghadapi berbagai lawan yang juga kuat. Di New World ada banyak pengguna jenis Haki, dan mereka juga menguasa beragam jenis Haki. Contohnya adalah para Yonko.

Eiichiro Oda tentunya tidak serta merta menghadirkan kemampuan Haki hanya untuk membuat seorang bajak laut terlihat kerena dengan kemampuannya. Haki sudah dianggap sebagai sebuah kekuatan yang penting untuk bisa dimiliki seorang bajak laut. Ada beberapa hal yang tidak akan bisa ditandingi tanpa  kekuatan Haki. Misalnya kekuatan buah iblis atau bahkan serangan langsung.

Yang lebih penting, Conqueror Haki menjadi tanda apakah seseorang memang merupakan seorang penakluk, seseorang yang sangat kuat dan penuh dengan potensi. Tanpa kemampuan Conqueror Haki, tidak akan ada orang yang memperhatikan mereka meskipun mereka dengan tegas mengatakan tentang mimpi mereka untuk menjadi seorang raja bajak laut.

Jadi, kesimpulannya, Haki adalah kekuatan yang sangat penting dan tidak bisa diremehkan. Untuk bisa mewujudkan mimpi besar apa pun, seperti menjadi raja bajak laut atau menemukan One Piece, seseorang harus menguasai kemampuan Haki. Tanpa kemampuan Haki, rasanya mereka akan dikalahkan dengan mudah oleh bajak laut yang level kekuatannya jauh lebih kuat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.