Setelah sempat muncul sekilas, akhirnya sosok God pun mulai muncul secara fisik dalam seri manga One-Punch Man. Awalnya, God muncul dalam bentuk bayangan saja di chapter 109, dalam kilas balik yang menceritakan momen di mana Homeless Emperor mendapatkan kekuatan dari God. God pun kemudian kembali muncul dalam arc Monster Association.

Kemunculan God tidak pelak menjadi perbincangan hangat para fans. Hal ini dikarenakan ada banyak tanda tanya besar terkait dengan sosok God. Baik Yusuke Murata maupun ONE masih belum memberikan penjelasan yang lengkap mengenai siapa sosok God yang sebenarnya. Apakah dia benar-benar merupakan “tuhan”? Atau justru dia merupakan makhluk dari planet lain?

Sosok God kembali menjadi perbincangan para fans, setelah sosoknya muncul secara fisik dalam chapter 153 kemarin. Pada chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Zombie Man hendak bertanya mengenai asal-usul kekuatannya kepada Homeless Emperor. Namun, saat Homeless Emperor hendak menjawabnya, dia melihat sosok yang mengerikan muncul dari balik kegelapan bulan.

Sosok tersebut ternyata God. God merupakan sosok misterius yang memberikan kekuatan kepada beberapa karakter, seperti salah satunya adalah Homess Emperor. Petunjuk tentang sosok God sempat muncul dalam chapter 115.5 (chapter 115 yang digambar ulang oleh Yusuke Murata), di mana pada chapter tersebut diperlihatkan terdapat sebuah altar kuno di bawah markas asosiasi monster.

Altar kuno yang berada di bawah tanah tersebut pertama kali ditemukan oleh Gyoro Gyoro. Pada altar tersebut terdapat sebuah mural atau gambaran yang memperlihatkan sosok purbakala, yang mirip dengan Gyoro Gyoro. Pada mural tersebut juga terdapat sebuah tulisan kuno yang berbunyi “dengan melewati berbagai waktu, tuhan/dewa kami akan kembali bangkit di bumi ini. Ketika terdapat persembahan yang luar biasa dihadirkan pada altar tersebut.”

Berdasarkan hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa sosok God memang ditakdirkan untuk kembali lahir jika ada yang memberikan persembahan atau ada wadah yang dianggap layak. Lalu, bagaimana kemudian God tahu bahwa seseorang dianggap layak untuk menjadi wadah bagi kemunculan God atau sebagai persembahan?

Hal ini diketahui saat suara God muncul di dalam gua, tempat Flashy Flash dan Saitama terkurung. God meminta keduanya untuk memegang kotak hitam yang muncul dan ada di tanah. Setelah itu, God akan menilai apakah mereka adalah wadah atau tumbal yang cocok atau tidak. Jika mereka wadah yang cocok, maka mereka akan diberikan kekuatan oleh God.

Namun, jika hal sebaliknya terjadi, mereka justru akan mendapatkan hukuman. Mungkin hal inilah yang menjadi alasan mengapa kemudian God menyamar menjadi Blast dan berusaha untuk membuat Tatsumaki mendapatkan kekuatannya. Tastumaki adalah sosok yang kuat, sehingga dia bisa menjadi wadah yang dahsyat untuk God dan menjadi persembahan yang luar biasa.

Namun, nasib buruk harus dialami beberapa karakter seperti Vaccine Man, Psykos-Orochi, dan Homeless Emperor. Kekuatan yang mereka dapatkan dari God dianggap masih belum cukup untuk membuktikan diri mereka layak untuk menjadi wadah atau persembahan untuk kemunculannya. Akibatnya, bukan hanya kekuatan mereka yang ditarik kembali. Nyawa mereka pun harus melayang, seperti yang diperlihatkan oleh Homeless Emperor dalam chapter 153 kemarin.

Ini juga mungkin menjadi alasan mengapa tidak semua orang bisa melihat God. Sejauh ini, hanya mereka yang sudah mendapatkan kekuatan God atau mereka yang sudah menjadi persembahan untuk God yang bisa melihat dan berkomunikasi dengan God. Lagi-lagi Homeless Emperor menjadi contoh untuk hal ini.

Dalam chapter 153, hanya dia yang melihat sosok God di bulan dan juga hanya dia yang diajak menuju “taman” di mana God dan Homeless Emperor saling berhadapan. Pertanyaan besar yang kemudian muncul dari hal ini adalah apa yang menjadi tujuan utama kemunculan kembali dari sosok God di bumi?

God sepertinya memang sudah ditakdirkan untuk kembali lahir di bumi, namun untuk apa? Hal inilah yang masih menjadi misteri sampai saat ini. Apakah God ingin menghancurkan bumi? Apakah God ingin menciptakan kekacauan di bumi. Untuk saat ini, para fans hanya bisa berspekulasi terkait hal tersebut. Mudah-mudahan saja Yusuke Murata dan ONE akan memberikan kejelasan juga terkait sosok God dalam waktu dekat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.