Dalam seri One-Punch Man, sosok misterius yang dikenal sebagai “God” perlahan sudah mulai diperkenalkan sebagai antagonis utama di serinya. Kekuatannya yang sebenarnya dan apa tujuan dari sosok God masih belum diketahui secara jelas, namun dari apa yang sudah diperlihatkan sejauh ini sosok God bisa dianggap sebagai musuh yang sepadan untuk sang protagonis utama, Saitama.

God pertama kali muncul di manganya pada chapter 109, dalam momen kilas balik yang menjelaskan tentang sosok Homeless Emperor, salah satu eksekutif atau monster level tinggi di asosiasi monster. God merupakan makhluk yang memberikan Homeless Emperor kekuatan dahsyat, dan kemudian kekuatan tersebut merubahnya menjadi monster dengan ancaman level naga.

Kemudian, God kembali muncul dalam penglihatan yang dimiliki oleh Psykos saat dia berusaha untuk menyatu dengan sang raja monster, Orochi. God muncul dihadapan Psykos dalam bentuk yang aneh, di mana bentuk wajahnya mirip seperti bentuk dari sel otak dan memberikan Psykos kekuatan yang jauh lebih dahsyat lagi.

God pun kemudian muncul dihadapan Saitama dan Flashy Flash saat mereka terjebak di bawah tanah. Saat itu, mereka melihat sebuah objek berupa kotak berwarna hitam, dan mereka pun mendengar suara dari God. God menawarkan mereka kekuatan dahsyat. Namun, sebelumnya God meminta mereka untuk menyentuh kotak tersebut untuk melihat apakah keduanya memang pantas untuk menerima kekuatan.

Berdasarkan hal tersebut, bisa diasumsikan bahwa God merupakan makhluk yang bisa memberikan kekuatan kepada siapa pun dengan cara memberikan langsung kepada targetnya atau melalui kontak dengan salah satu kotak hitam, yang digambarkan oleh sosok Blast sebagai sebuah transmiter yang mendistorsi ruang dan waktu. Selain itu, kotak hitam tersebut digunakan sebagai “alat komunikasi” dengan God.

Meskipun God bisa memberikan kekuatan kepada siapa pun yang dia inginkan, tetapi ada “harga” yang harus dibayarkan. Hal tersebut diperlihatkan pada chapter 153, di mana God mengambil kekuatan dan juga nyawa dari Homeless Emperor. Di chapter tersebut juga God muncul untuk pertama kalinya secara penuh atau secara fisik.

Masih belum diketahui apa yang menjadi tujuan utama dari God. Meskipun begitu, diyakini bahwa God memiliki sebuah agenda penting dengan memberikan orang-orang kekuatan dahsyat. Dalam chapter 156 kemarin, God diperlihatkan coba untuk memanipulasi Tatsumaki yang tidak sadarkan diri, di mana dia muncul dengan menyamar sebagai Blast.

Berbicara mengenai Blast, diyakini bahwa Blast kemungkinan memiliki koneksi dengan sang makhluk misterius tersebut. Blast diketahui sejauh ini melakukan perjalanan ke berbagai dimensi untuk mengumpulkan kotak-kotak hitam yang menjadi jalan untuk berkomunikasi dengan God. Blast mencegah orang-orang untuk menyentuh kotak hitam tersebut. Bisa jadi Blast sebenarnya sedang berperang atau bertarung melawan God.

Detail lebih lanjut mengenai tujuan dari God sempat juga diungkapkan oleh Orochi. Saat itu, Orochi menemukan sebuah mural di sebuah altar kuno bawah tanah, di mana terdapat gambar yang mirip seperti Orochi. Tulisannya sendiri menyebutkan bahwa butuh pengorbanan yang khusus untuk bisa membangkitkan kembali sosok God, yang mana sang raja monster tersebut berpendapat bahwa pengorbanan khusus tersebut adalah dirinya.

Ketika Saitama berhasil mengalahkan Orochi, gua kuno di mana Orochi dan altar tersebut berada kemudian runtuh. Dan terdapat gambar dari sosok God yang tersembunyi di mural tersebut. Jika tulisan dan gambar di altar kuno tersebut memang bisa dipercaya, artinya tujuan utama dari God adalah dibangkitkan kembali, jika memang ada tumbal atau pengorbanan atau wadah yang tepat.

Dalam teka-teki mengenai sosok God, Blast adalah kuncinya. Dia tentu lebih tahu banyak mengenai sosok God, siapa dia sebenarnya, mengapa dia melakukan apa yang dia lakukan, dan apa sebenarnya tujuannya. Sayangnya, sepertinya Blast masih belum akan menjelaskan apa pun tentang God karena dia sudah pergi ke dimensi lain untuk membantu para pahlawan lainnya. Apakah Blast akan kembali dan menjelaskan tentang God? Apakah God akan menjadi lawan sepadan bagi Saitama? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.