Naruto adalah salah satu seri manga dan anime yang paling populer yang berkisah tentang perjalanan hidup dari seorang Uzumaki Naruto. Naruto bermimpi untuk menjadi seorang shinobi terkuat dan menjadi Hokage. Tujuannya adalah agar semua orang bisa memperhatikannya dan mengakui keberadaanya. Naruto sendiri saat ini sudah berhasil mewujudkan mimpinya untuk menjadi Hokage.

Naruto merupakan Hokage ketujuh di Konoha. Dan berbicara mengenai Hokage, terdapat satu Hokage yang popularitasnya cukup tinggi yaitu Hashirama Senju. Hashirama merupakan Hokage pertama Konoha, sekaligus juga termasuk salah satu shinobi terkuat di dunia. Meskipun begitu, kematiannya masih menjadi teka-teki sampai saat ini karena tidak ada yang tahu pasti bagaimana Hashirama tewas.

Asal-usulnya

Hashirama Senju merupakan pemimpin dari klan Senju di era peperangan antar desa. Setelah bertarung beberapa kali menghadapi Madara Uchiha, keduanya memutuskan untuk berdamai dan membangun sebuah desa ninja. Banyak klan yang kemudian mengikuti atau bergabung dengan desa yang dibangun Hashirama dan Madara ini, yang mana membuat Konoha menjadi salah satu desa ninja terkuat.

Hashirama ingin Madara untuk menjadi Hokage, tetapi banyak orang menentang hal tersebut. Pada akhirnya, Hashirama yang kemudian menjadi Hokage dan hal tersebut membuat Madara akhirnya memutuskan pergi dari Konoha. Hashirama dan Madara akhirnya kembali bertarung untuk terakhir kalinya di Lembah Akhir. Pemenangnya sendiri adalah Hashirama Senju.

Kekuatan Hashirama Senju

Dengan kekuatannya yang sangat luar biasa, Hashirama dijuluki sebagai “Dewa Shinobi.” Kekuatan dari Hashirama dikenal di seluruh dunia. Salah satu kemampuan yang Hashirama miliki adalah teknik pelepasan kayu alias Wood Release Kekkei Genkai. Teknik ini pun sempat digunakan untuk menangkap para Bijuu yang kemudian diserahkan ke berbagai desa ninja lainnya.

Teknik tersebut juga membantu Hashirama dalam membangun desa Konoha. Teknik perilisan Kayu milik Hashirama ini alami, yang mana membuatnya menjadi satu-satunya shinobi yang memang terlahir dengan kemampuan Kekkei Genkai tersebut. Sebagian besar orang-orang yang menguasai teknik pelepasan kayu merupakan hasil eksperimen. Inilah yang membuat skala kekuatan Hashirama jauh lebih besar

Semua kekuatan yang Hashirama miliki sebenarnya wajar, karena Hashirama merupakan reinkarnasi dari Asura Otsutsuki. Karena itulah cadangan chakra yang dia miliki sangat besar. Hashirama juga mampu mengakses sebuah transformasi dahsyat yang disebut Sage Mode, yang membuatnya bisa menggunakan energi alam. Hashirama juga menjadi salah satu dari sedikit shinobi yang mampu menggunakan lima pelepasan alam.

Siapa yang Membunuhnya?

Hashirama Senju diketahui meninggal pada suatu waktu sebelum perang besar ninja pertama dimulai. Namun, sampai saat ini tidak pernah diketahui apa yang membuat Hashirama tewas. Saat Hashirama Senju masih hidup, satu-satunya shinobi yang berada di level yang sama dengannya adalah Madara Uchiha.

Namun, Madara sendiri tidak sanggup mengalahkan Hashirama apalagi jika harus membunuhnya. Ada juga ninja dari desa lainnya yang tidak kalah kuat, seperti Mu, yang memiliki teknik pelepasan debu. Tetapi, Mu bukanlah shinobi yang berada di level Hashirama karena dia bisa dikalahkan dengan mudah oleh Madara Uchiha.

Hashirama tidak diragukan lagi adalah Kage paling kuat pada masa itu, dan tidak mungkin ada seseorang yang mampu membunuhnya. Kakuzu sempat dikirim oleh Takigakure untuk membunuh Hashirama Senju. Namun, misinya tersebut gagal dan bahkan Kakuzu hampir saja tidak bisa kembali dengan selamat. Pada intinya, tidak ada catatan yang mengatakan bahwa Hashirama tewas akibat serangan shinobi.

Satu hal yang perlu diingat adalah saat Orochimaru membangkitkan Hashirama dengan Edo Tensei, dia kembali saat dia berada di masa keemasannya. Artinya, kemungkinan besar Hashirama tewas di usianya yang relatif masih muda. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian apa yang membuat Hashirama Senju tewas?

Alasan Hashirama Tewas

Hashirama Senju dikenal sebagai shinobi yang memiliki kemampuan unik di mana dia bisa sembuh dari berbagai luka dengan sangat cepat. Hal ini pun dikonfirmasi oleh Madara Uchiha saat dia bertarung melawan Tsunade. Madara membandingkan kemampuan regenerasi antara Tsunade dan Hashirama. Kemampuan regenerasi ini pun bisa jadi adalah alasan dari kematian Hashirama.

Teknik pembelahan sel yang dilakukan oleh Tsunade memiliki resiko yang sangat besar, dan melihat dari komentar yang dikeluarkan Madara, teknik mereka kemungkinan sama. Sel dalam diri seseorang hanya bisa dibelah beberapa kali saja. Namun, dengan teknik khusus seperti Creation Rebirth, pembelahan sel terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

Alasan mengapa Creation Rebirth menjadi Jutsu yang terlarang karena teknik ini mampu mengurangi jatah hidup seseorang. Karena Hashirama memiliki teknik yang sama, dan tekniknya selalu aktif sepanjang waktu, rasanya memang msuk akal jika kemudian hal inilah yang membuat jatah hidup Hashirama berkurang drastis – disadari atau tidak – dan akhirnya membuat Hashirama tewas.

Teknik Creation Rebirth bisa dihentikan, tetapi tidak ada catatan yang mengonfirmasi bahwa kemampuan regenerasi Hashirama bisa dihentikan. Hashirama bukanlah sosok ninja yang paling cerdas, sehingga dia mungkin tidak tahu bagaimana caranya dia bisa mendapatkan kemampuan regenerasi yang harus dibayar dengan nyawanya. Bagaimana Geeks apakah kalian setuju jika Hashirama tewas oleh kekuatannya sendiri?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.