Sebagai protagonis utama di seri Naruto, Uzumaki Naruto memiliki mimpi untuk menjadi Hokage dari desanya demi mendapatkan pengakuan dari orang-orang di desa tersebut. Meskipun kehidupan awal Naruto sebagai seorang ninja tidaklah mudah, seiring berjalannya waktu, Naruto pun berubah menjadi sosok ninja yang kuat. Bahkan, Naruto sekarang dianggap sebagai shinobi paling kuat di dunia.

Salah satu hal yang membuat Naruto kuat dan dianggap ninja paling hebat adalah dia memiliki kemampuan yang disebut sebagai Sage Mode. Sage Mode menjadi kekuatan terbesar Naruto saat ini, apalagi setelah dia harus kehilangan Kurama. Namun, mungkin sebagian dari Geeks masih belum ada yang mengenal Sage Mode.

Apa Itu Six Paths Sage Mode

Six Paths Sage Mode pertama kali diperlihatkan setelah dia kalah dari tangan Madara Uchiha saat perang besar ninja keempat terjadi. Dengan Kurama yang berhasil dikeluarkan dari tubuhnya, Naruto benar-benar diambang kematian, meskipun rekan-rekannya yang lain – termasuk Minato – mencoba menyelamatkannya. Naruto pun kemudian bertemu dengan Hagoromo Otsutsuki di alam bawah sadarnya.

Sebagai reinkarnasi dari Asura Otsutsuki, Naruto pun kemudian diberikan separuh dari kekuatan sang Rikkuno Sennin. Sementara itu, Sasuke diberikan separuhnya lagi. Saat kembali tersadar, Naruto pun kemudian mulai menggunakan kemampuan dari Six Paths Sage Mode. Lalu, apa sebenarnya Six Paths Sage Mode?

Singkatnya, Six Paths Sage Mode adalah kekuatan yang diberikan oleh Hagoromo Otsutsuki kepada Naruto karena memiliki tekad yang sangat kuat dan tidak pernah mau menyerah. Kekuatan ini bisa dibilang sangat mirip dengan Sage Mode, di mana penggunanya akan memanfaatkan energi alam atau chakra Senjutsu. Yang membedakan adalah dengan skala kekuatan yang lebih besar maka kekuatan yang dihasilkan pun jauh lebih besar.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah Naruto sedang menggunakan kekuatan tersebut, bisa dilihat dari bola matanya. Terdapat logo “plus” pada bagian tengah matanya. Sementara, warna yang biasanya muncul di sekitar mata saat Naruto menggunakan Sage Mode biasa – yang berwarna jingga – tidak ada.

Saat pertama kali Naruto menggunakan kekuatan dari form ini, dia mampu menghancurkan Truth-Seeking Ball yang dibuat Madara dengan mudah. Tanpa kekuatan dari Six Path, hal tersebut mustahil untuk dilakukan Naruto. Teknik ini semakin kuat dengan Naruto menggabungannya bersama chakra Kurama, dan biasanya ketika hal ini terjadi akan ada aura berwarna kuning menyelimuti tubuh Naruto.

Karena Six Paths Sage Mode menggunakan Six Paths Senjutsu dan juga kekuatan dari Six Paths Yang, Uzumaki Naruto pun mampu mengakses kekuatan Truth-Seeking Balls yang terbuat dari seluruh transformasi alam dan digabungkan bersama teknik pelepasan Yin dan Yang. Berkat kekuatan dahsyat tersebut, Naruto pun mampu menetralkan semua ninjutsu yang mengarah kepadanya, kecuali serangan Senjutsu.

Ini menjadi pertahanan yang luar biasa, dan di waktu yang bersamaan, Truth-Seeking Balls juga bisa menjadi senjata mematikan untuk mengalahkan musuh. Saking dahsyatnya kekuatan dari Truth-Seeking Balls ini, mereka yang tersentuh oleh kekuatan tersebut bisa berubah menjadi debu.

Seberapa Kuat Six Paths Sage Mode Naruto?

Sebelum Naruto mendapatkan kekuatan Baryon Mode, Six Paths Sage Mode adalah kekuatan terbesar yang dimiliki oleh Naruto. Bahkan, level kekuatannya jauh melebihi Mode Chakra Kurama. Sebagai perbandingan, saat Naruto menggunakan seluruh chakra Tailed Beast – termasuk Kurama – Naruto mampu dikalahkan dengan mudah oleh Madara Uchiha.

Tetapi, sebaliknya, saat Naruto mengaktifkan Six Paths Sage Mode justru Madara Uchiha yang tidak mampu menandingi kemampuan Naruto, yang mana membuat Madara pun kewalahan menghadapinya. Naruto juga menghadapi Kaguya Otsutsuki dengan menggunakan kekuatan ini. Seperti yang diketahui, Kaguya Otsutsuki jauh lebih kuat dari Madara Uchiha. Dan pertarungan melawan Kaguya pun berhasil Naruto menangkan.

Meskipun tidak bisa mengendalikan semua kekuatannya, Naruto masih tetap mampu menandingi kekuatan dari Kaguya. Meskipun setelah pertarungan panjang dan melelahkan melawan Madara Uchiha dan Kaguya, Naruto masih sempat bertarung menghadapi Uchiha Sasuke, yang memiliki chakra seluruh Tailed Beast, yang menambah kekuatannya.

Terlepas dari itu semua, Naruto mampu menandingi Sasuke. Meskipun Sasuke berniat untuk membunuhnya, tetapi Naruto menolak untuk membalas kebencian tersebut dan di sepanjang pertarungan tersebut Naruto lebih banyak menahan dirinya. Selama beberapa tahun ke belakang, pengendalian Naruto terhadap kekuatannya meningkat dengan pesat. Sehingga dia mampu menghadapi anggota klan Otsutsuki sekalipun.

Meskipun Six Paths Sage Mode merupakakan teknik yang simpel, ini merupakan kekuatan dahsyat yang efektif yang membuat naruto mampu melakukan sesuatu yang mungkin dianggap mustahil untuk dilakukan. Kekuatan Six Paths Sage Mode kemudian kembali digunakan di seri Boruto, setelah Naruto menggunakan Baryon Mode dan harus kehilangan Kurama.

Dan berdasarkan chapter sebelumnya, Naruto mengatakan bahwa dia sudah mengalami peningkatan efektivitas dalam penggunakan Sage Mode yang diakibatkan oleh usianya. Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan Naruto lakukan setelah dia menyaksikan sendiri anaknya “tewas” di tangan Kawaki. Apakah Naruto akan menggunakan Six Paths Sage Mode untuk menghadapi Kawaki? Atau justru Code? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.