Seri Naruto berkisah tentang sosok Uzumaki Naruto, seorang anak yang memiliki cita-cita besar untuk menjadi Hokage dan membuat semua orang memperhatikannya dan juga menghormatinya. Menjadi serbuah seri yang ceritanya berfokus pada pertarungan ninja, tidak heran jika seri Naruto banyak menghadirkan jenis senjata. Mulai dari yang berbahaya sampai yang mematikan.

Meskipun kebanyakan para shinobi dalam ceritanya menggunakan Kunai dan Shuriken sebagai “senjata utama” mereka, namun senjata tersebut tidak terlalu spesial dan biasa saja. Biasanya kedua senjata tersebut hanya digunakan untuk mengalihkan perhatian musuh. Namun, salah satu senjata yang juga banyak digunakan adalah pedang. Ada beberapa pedang yang dianggap spesial dalam serinya. Apa saja?

Kubikiribocho

Kubikiribocho atau yang dikenal sebagai Executioner’s Blade atau Pedang Eksekusi, merupakan salah satu pedang terkuat yang ada di desa Kirigakure. Pedang ini merupakan pedang yang digunakan oleh Zabuza Momochi, sang iblis dari desa kabut (Demon of the Mist). Bukan hanya Zabuza, dalam ceritanya kemudian diperlihatkan bahwa ada beberapa orang lainnya yang juga menggunakan pedang tersebut.

Mulai dari Suigetsu, Killer Bee, dan bahkan Kakashi Hatake pun pernah menggunakannya. Pedang ini diyakini memiliki ketajaman yang luar biasa dan yang paling penting, pedang ini akan semakin kuat setelah terkena darah dari musuh. Jika pedangnya rusak, pedang ini bisa membetulkan dirinya sendiri dengan menyerap unsur besi yang ada di darah orang-orang yang dibunuh.

Hiramekarei

Pedang kuat lainnya selain Kubikiribocho. Hiramekarei adalah pedang yang digunakan oleh Mizukage keenam dari desa Kirigakure, Chojuro. Tetapi, bukan Chojuro yang membuat pedang ini populer. Sebelumnya, Mangetsu Hozuki, salah satu ninja terhebat dari desa tersebut, adalah pemilik dari pedang tersebut dan dialah yang membuat pedangnya populer.

Meskipun Mangetsu memiliki keahlian dalam berbagai pedang, namun pedang pilihannya selalu jatuh kepada Hiramekarei. Pedang ini memiliki kemampuan epik di mana pedangnya mampu menyerap chakra penggunanya dan kemudian membentuk berbagai senjata yang sesuai yang diinginkan penggunanya.

Kusanagi

Dipakai oleh Orochimaru, pedang Kusanagi dikenal sebagai salah satu senjata dan pedang legendaris di dunia Naruto. Selain itu, pedang ini juga cukup populer di kalangan fans. Orochimaru pernah menggunakan pedang Kusanagi saat dia bertarung melawan Hiruzen Sarutobi. Dan Orochimaru mampu menggerakannya dari jauh atau secara telekinesis.

Saat bertarung menghadapi Naruto, Orochimaru memperlihatkan bagaimana kedahsyatan dari pedang Kusanagi tersebut, di mana dia bisa mengatur panjang dan besar dari pedang Kusanagi. Inilah yang membuat pedang Kusanagi yang dimiliki Orochimaru ini unik. Sebenarnya, Sasuke pun memiliki pedang Kusanagi. Namun, tidak diketahui apa yang menjadi kekuatan dahsyatnya.

Totsuka

Pedang Titsuka merupakan salah satu pedang legendaris yang pernah digunakan oleh Itachi Uchiha. Pedang Totsuka pernah diperlihatkan ketika Itachi mengaktifkan Susano’o miliknya, dan Susano’o tersebut menggunakan pedangnya. Disebut-sebut pedang Totsuka adalah senjata terkuat untuk menyegel musuh. Mereka yang terjebak dalam pedang Totsuka akan terkurung di dunia Genjutsu untuk selamanya.

Menurut Zetsu, kekuatan dari pedang Totsuka yang dipadukan dengan Yata Mirror, membuat Susano’o milik Itachi menjadi sulit dikalahkan. Itachi sendiri pernah dua kali diperlihatkan menggunakan senjata ini. Pertama, ketika dia bertarung melawan Orochimaru. Kedua, saat dia bertarung melawan Nagato.

Sword of Nunoboko

Pedang Nunoboko atau Sword of Nunoboko merupakan pedang yang pernah digunakan oleh Hagoromo Otsutsuki. Sehingga wajar jika kemudian pedang ini dianggap sebagai salah satu pedang dan senjata terkuat. Pedangnya sendiri terbuat dari Truth-Seeking orbs. Saking dahsyatnya pedang Nunoboko, diketahui bahwa pedang ini bisa menghancurkan dunia ini jika memang penggunanya mau.

Selain Hagoromo, Obito Uchiha juga diperlihatkan pernah menggunakan pedang ini saat menghadapi Naruto dan Sasuke di perang besar ninja keempat. Tetapi, meskipun sudah menggunakan pedang ini, Obito masih tetap kalah. Diyakini jika pedangnya berada di tangan Hagoromo, mungkin kita akan melihat kekuatan yang sebenarnya.

Pedang menjadi salah satu senjata yang banyak digunakan oleh para shinobi di dunia Naruto, dan hal ini terbukti dengan ada beberapa senjata terkuat di serinya yang merupakan pedang. Dengan kedahsyatan dari pedang-pedang di atas, wajar jika kemudian banyak musuh yang berhasil dikalahkan dengan mudah.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.